#QMPlan, CEO BLOG, Practical Tips

5 Tips Ngobrolin Uang dengan Pasangan!

Ini topik yang akan bikin kalian menghela napas panjang.

QM Planner kadang-kadang diminta jadi wasit antara klien pasangan suami istri yang datang ke kantor kami. Sumpah ini gak enak banget. Bingung dan susah!

Pertama, ya gak enak aja ada di tengah perseteruan pasangan suami istri. Kedua, kompetensi kami adalah berhitung. Bukan konsultan pernikahan! Sesulit apa pun, namanya hidup bersama, ya mau gak mau suami istri harus belajar ngobrolin uang tanpa bertengkar, dong!

bed-1158267_1920

Berikut ini tips yang perlu kamu simak tentang ngobrolin uang dengan pasangan.

1. Jangan pake daster!

Perempuan itu kece kalau pergi ke luar rumah. Begitu masuk rumah, ganti pakai daster butut. Ya gimana mau ngobrolin uang kalau penampilan aja bikin males? Ayo dandan yang cakep. Niscaya pasangan kamu akan terlalu terpesona untuk berantem! :)

2. Bahas Pengeluaran Bersama

Nanya gaji. Ini gak semua pasangan mau ngaku, lho. Tapi bahas pengeluaran bersama ya mau gak mau harus dilakukan. Kan namanya hidup bersama. Mulai dari yang gampang dulu seperti kebutuhan pokok. Ngobrol ringan tanpa nyolot tentang pulsa listrik. Atau bahas ongkos weekend bersama ini bocornya di mana.

3. Berbagi Peran

Antara suami dan istri perlu saling berbagi peran. Peran di sini tentu saja tentang peran mengatur keuangan. Ada yang bertugas mengatur uang keluar masuk. Ada yang bertugas mengatur uang yang sudah tersimpan perlu ditempatkan pada produk apa. Ini bukan soal gender, lho. Gak semua perempuan itu jago ngurus uang. Gak semua laki-laki itu ngerti investasi. Jadi, silakan cek dengan pasangan masing-masing.

4. Jangan Mengekang Si Cinta

Para suami itu paling males kalau dijatah! “Sayang, Rp500.000 untuk Senin sampai Jumat ya! Terus kasih tahu aku kamu makan siangnya di kantin kantor itu pake lauk apa aja!” Ada perbedaan tipis antara istri control freak dengan istri jago atur uang, hehehe… Gimana kalau kamu biarkan saja suami punya satu rekening sendiri untuk dia atur sendiri tanpa kamu perlu tahu terlalu detil?

5. Rahasia Berdua

You both are a team against the rest of the world. Iya.. memang gosipan dengan sahabat dari SMP itu asyik. Tapi gosipin keuangan sendiri? Big no no! Dia perlu tahu bahwa kamu orang yang bisa dipercaya dan memang satu tim dengan dirinya. Jadi apa pun kelemahan keuangan kalian berdua, ini bukan untuk diumbar ke seluruh penjuru jagat.

Yak, sekarang tinggal praktekin ya!

Ingat setiap pasangan ada chemistry-nya sendiri. Jangan harap semua TIPS ini bisa langsung pukul rata cocok dipraktekkan untuk semua pasangan. Paling-paling yang absolut cuma tips nomor satu, hahaha…

Ingat! Jangan pake daster ya! *wink*

***

Ligwina Hananto / @mrshananto / Founder / CEO

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

1 Comment on "5 Tips Ngobrolin Uang dengan Pasangan!"

Notify of
avatar

Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] Baca juga 5 TIPS BICARA UANG DENGAN PASANGAN >> klik di sini […]

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch