Practical Tips

Anggaran Menikah di bawah 100 Juta? Bisa!

Kamu sedang menyiapkan pernikahan? Wah, selamat ya! Pasti kamu excited luar biasa, tapi mungkin juga agak stres di saat yang bersamaan, hehe.. Menyiapkan pesta pernikahan memang menguras banyak waktu, tenaga, emosi, dannn tentunya.. uang!

Solusi praktis kalau kamu nggak mau repot, memang menggunakan jasa Wedding Organizer (WO). Tinggal tahu beres! Tapi, biaya yang dikeluarkan biasanya juga nggak sedikit. Nah, kalau kamu memiliki budget terbatas, simak artikel berikut ini.

Jangan khawatir, di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan, kok!

wedding-688916_1920

Persiapan

Idealnya, dana menikah sudah dipersiapkan 2-3 tahun sebelumnya, dengan menyisihkan sejumlah uang dari penghasilan per bulan. Kalaupun orangtua sudah menyiapkan dana menikah, maka bisa dimanfaatkan sebagai tambahan, atau dialokasikan untuk kebutuhan lain setelah menikah. Ikut berkontribusi dalam dana pernikahan adalah bentuk tanggungjawab, lho!

Terutama di kota-kota besar, misalnya Jakarta, biasanya segalanya dianggap serba mahal. Namun, bukan berarti nggak bisa mengadakan pesta pernikahan dengan budget terjangkau. Yang penting, sesuaikan konsep acara dengan anggaran yang dimiliki.

Beberapa pos pengeluaran utama dalam menyiapkan pernikahan adalah sebagai berikut:

1. Akad Nikah

Untuk menghemat biaya, akad nikah bisa dilakukan di KUA, dengan biaya pengurusan yang relatif murah, bahkan gratis! Tetapi, jika dilakukan di luar KUA, akan dikenakan biaya Rp 600 ribu. Acara akad nikah bisa juga diadakan di rumah, dengan kreasi dekorasi sederhana namun tetap cantik.

2. Lokasi Resepsi

Mungkin sebagian dari kamu bermimpi untuk mengadakan resepsi pernikahan di gedung mewah. Lagi-lagi, ingat budget yang kamu miliki. Cari tahu alternatif tempat menyelenggarakan resepsi yang relatif lebih terjangkau, misalnya aula gedung pertemuan, aula masjid atau gereja. Atau, resepsi bisa juga diadakan di rumah sehingga tidak perlu membayar sewa, namun pertimbangkan juga mengenai kepraktisan penyelenggaraan resepsi dan kenyamanan tetangga di sekitar.

3. Dekorasi dan Tata Rias

Cermat dalam menentukan vendor. Tanyakan secara detil mengenai servis yang mereka tawarkan. Biasanya, ada vendor yang memaketkan dekorasi dengan tata rias, pakaian, MC, hiburan dan dokumentasi. Apabila sesuai dengan budget dan kualitas layanan yang kamu inginkan, paket ini bisa menjadi pilihan.

Namun jika ternyata tidak sesuai, maka alternatif yang lebih terjangkau adalah menggunakan jasa teman atau kerabat yang memang ahli di bidangnya.

Gabungkan prosesi akad nikah dan resepsi dalam satu hari. Dengan cara ini, maka budget dekorasi, tata rias, catering dan sewa lokasi akan bisa dihemat. Selain itu, dari sisi penyelenggaraan pun akan lebih praktis.

4. Katering

Sajian makanan adalah salah satu hal utama dalam penyelenggaraan pesta pernikahan. Hitung ulang jumlah tamu dan perkiraan kehadiran. Kalau memang budgetmu terbatas, batasi jumlah undangan dengan memprioritaskan keluarga dan teman dekat.

Cari informasi sebanyak-banyaknya, misalnya melalui forum diskusi di internet mengenai vendor catering yang menawarkan makanan dengan rasa yang enak dengan biaya terjangkau. Pastikan kamu melakukan test food untuk mengetahui kesesuaian hidangan dengan selera.

Untuk menekan pengeluaran katering, kamu bisa juga menyewa tenaga masak dan memasak semua bahan makanan di rumah sendiri. Sedangkan, alat-alat makan dapat disewa dari vendor penyedia dekorasi.

5. Undangan dan Souvenir

Nggak perlu membuat undangan dari bahan yang mahal, toh kartu tersebut tidak akan digunakan lagi nantinya. Sementara, teman-teman dekat dapat diundang menggunakan email atau telepon, untuk menghemat biaya cetak undangan.

Souvenir yang bermanfaat dengan harga terjangkau bisa ditemukan di pasar penjual souvenir, misalnya Blok M, Jatinegara dan Asemka. Harga souvenir beragam, mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000, tergantung pilihan.

Di bawah ini adalah contoh perhitungan dalam mempersiapkan sebuah pernikahan.

No. Kebutuhan Rincian Perkiraan Biaya (Rp)

1

Biaya Penghulu Di hari Sabtu/Minggu 600.000

2

Cetak Undangan 400 x @3000*

1.200.000

3

Souvenir 500 x @2000

1.000.000

4

Sewa Gedung Pernikahan Gedung Standar

                   16.000.000

5

Belanja Bahan Masakan & Minuman

                   20.000.000

6

Tenaga Masak Untuk 3-4 orang

                     4.000.000

7

Sewa peralatan makan

                     6.000.000

8

Dekorasi Pelaminan dan Gedung

                   20.000.000

9

Dokumentasi Foto & Video

                     5.000.000

10

MC

                     2.500.000

11

Tata Rias dan Busana

                     5.000.000

12

Cincin Pernikahan 1 pasang @5gram

                     5.000.000

13

Seragam Among Tamu & Panitia Sewa 6 pasang

3.000.000

TOTAL

89.300.000   

*Catatan : Untuk 500 undangan, cetak undangan 400, sisanya menggunakan email.

Perhitungan di atas hanyalah perkiraan, yang masih dapat berubah tergantung dari anggaran. Misalkan saja, seragam untuk panitia ditiadakan, dan kamu bisa meminta mereka untuk menggunakan nuansa warna yang senada.

Selamat mempersiapkan pernikahan, ya! Bijaklah dalam merencanakan dan mengeluarkan biaya pesta pernikahan. Yang tak kalah penting adalah persiapkan diri dan pasangan untuk menjalani kehidupan rumah tangga setelah menikah, tentunya banyak hal yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

Semoga bermanfaat!

Risma Prismayani / @rismeh / Sales & Marketing

 

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch