Practical Tips

Announcements, Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Pemberian Uang Saku Anak

  Juli 22, 2019

Halo planners!

Apakah kamu sudah disibukkan dengan masa di mana anak-anak kembali bersekolah? Setelah liburan sekolah anak yang panjang, saatnya kembali beraktivitas belajar di sekolah selama lebih kurang satu tahun lamanya. Saat anak kembali bersekolah, ada satu pengeluaran yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mengajarkan literasi finansial sejak dini kepada anak yaitu pemberian uang saku.

Read more

Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Menghitung pengeluaran untuk bubble drink, bisa jadi apa?

  Juli 3, 2019

Seberapa sering kamu jajan bubble drink dalam seminggu? Satu kali? Dua kali? Dan berapa besar uang yang kamu keluarkan untuk sekali jajan bubble drink? Apakah kamu pernah menghitung pengeluaran untuk jajan bubble drink selama sebulan? Harga termurah bubble drink yang saya dapatkan adalah seharga Rp25ribu. Kalau kamu jajan bubble drink sekali dalam seminggu saja, kamu sudah mengeluarkan uang Rp100ribu per bulan.

Read more

Articles, Practical Tips

Daycare VS Preschool, Pilih Yang Mana?

  Juni 28, 2019

Bagi kamu yang memiliki balita dan tinggal di kota besar, tuntutan biaya hidup yang lebih tinggi membuat kamu dan pasangan harus sama-sama bekerja. Walaupun tuntutan biaya hidup bisa diatasi dengan solusi bekerja bersama namun muncul masalah baru yaitu siapa yang akan menjaga balita ketika kedua orangtuanya bekerja? Apakah memilih menitipkan anak di day care atau malah menyekolahkan anak di playgroup?

Read more

Articles, Dana Pendidikan, Practical Tips, Topic of The Month, Topik Terkini, Tujuan Finansial

Sekolah Anak, Makin Mahal Makin Laku?

  Juni 17, 2019

Tiga puluh tahun lalu, saya tahu sudah ada sekolah internasional yang ditujukan untuk menyekolahkan anak warga asing yang tinggal di Indonesia. Namun kini, sejumlah sekolah yang berlabelkan internasional menawarkan pendidikan berkualitas dengan biaya yang mahal dan mencapai ratusan juta Rupiah. Meskipun harganya mahal tapi hal ini tidak menyurutkan niat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Semakin banyak orang tua yang berpikir bahwa semakin mahal biaya sekolah anak maka semakin bagus kualitasnya. Kesan yang telah menyebar luas ini membuat sebagian orang tua rela kerja keras dan mengorbankan gajinya demi membiayai anak di sekolah mahal.

Benarkah sekolah anak, semakin mahal justru semakin laku? Apakah penyebabnya?

Read more

Articles, Dana Rumah, Personal, Practical Tips, Tujuan Finansial

Tinggal di Rumah VS Tinggal di Apartemen

  Juni 12, 2019

Kebutuhan manusia akan tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi agar dapat hidup layak dan nyaman. Pilihan hunian pun semakin beragam. Kamu kini bisa memilih tempat tinggal sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki serta lokasi yang diinginkan. Tapi dengan banyaknya pilihan hunian yang semakin variatif, kamu pasti cukup bingung untuk menentukan mau tinggal di rumah atau tinggal di apartemen. Kedua tipe hunian ini masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang harus kamu perhatikan.

Read more

Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Atur Keuangan Paska Lebaran

  Juni 11, 2019

Halo Planners, mohon maaf lahir dan batin ya! Bagaimana Lebaran kemarin? Apakah kamu mendapatkan pengalaman seru dari libur Idul Fitri? Lebaran telah usai namun ada hal yang harus kamu pikirkan setelah kembali dari kampung halaman atau menikmati libur panjang yaitu kondisi keuangan paska Lebaran. Tidak heran kalau keuangan menipis setelah Idul Fitri karena kebanyakan orang menggunakan momen libur panjang untuk mudik atau liburan ke luar negeri.

Read more

Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Atur Gaji Pertama Untuk Kelancaran Cashflow

  Juni 10, 2019

Bagi kamu, terutama first jobber pastinya menanti-nantikan gaji pertama yang merupakan upah selama bekerja dari pagi hingga malam selama sebulan penuh. Setelah sebelumnya masih bergantung pada orang tua, kamu akhirnya memiliki peghasilan sendiri untuk menghidupi kebutuhanmu.

Rasa senang, bangga dan bingung gaji mau digunakan untuk apa mungkin kamu rasakan saat ini. Perasaan bebas ingin membelanjakan semua gaji pertama untuk membeli ini dan itu bermunculan, apalagi uang yang didapatkan adalah hasil keringat sendiri. Menggunakan gaji pertama untuk bersenang-senang boleh saja tapi ada baiknya kamu mulai menggunakan gaji pertama sebagai latihan untuk mengatur cashflow-mu!

Read more

Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Peringati Hari Kebangkitan Nasional dengan Kebangkitan Finansial

  Mei 20, 2019

Organisasi yang didirikan pada tahun 1908 tersebut dinamakan Boedi Oetomo , yang berasal dari kata “budi” yang berarti tabiat/perangai sedangkan “Utomo” berarti baik/luhur. Para pendiri organisasi ini sangat berharap dengan nama yang telah diberikan, Boedi Oetomo menjadi perkumpulan yang didasari dengan keluhuran budi dalam mencapai tujuannya. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional adalah momentum bangkitnya nasionalisme, persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia sebagai sebuah bangsa yang tadinya masih bersifat kedaerahan dalam melawan penjajah.

Read more

Articles, #finclic, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, financial clinic, finclic, Practical Tips

#FinClic Hindari Tips Ngaco Membeli Reksa Dana

  Mei 14, 2019

Financial Clinic (FinClic) merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu stasiun radio di Jakarta. Kemudian berkembang menjadi FinClic seminar series, FinClic Tweet series di twitter dan sekarang di Instagram.

Apakah Ligwina Hananto, lead financial trainer QM Financial anak reksa dana banget? “Well, enggak juga sih. Jadi kalau masih ada yang beraggapan kalau reksa dana di bawah saham, let me tell you something, saham itu di bawah bisnis. Jadi, kalau mau main “kasta-kastaan”, sebenarnya hierarki tertinggi adalah menjadi pemilik dari berbagai bisnis. Jangan setia pada produk, setialah pada tujuan finansial. Kalau produk cocok dengan tujuan finansial ya dipakai, kalau tidak ditinggalkan,” ujarnya.

Read more

1 2 3 36

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch