Topik Terkini

Announcements, Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Pemberian Uang Saku Anak

  Juli 22, 2019

Halo planners!

Apakah kamu sudah disibukkan dengan masa di mana anak-anak kembali bersekolah? Setelah liburan sekolah anak yang panjang, saatnya kembali beraktivitas belajar di sekolah selama lebih kurang satu tahun lamanya. Saat anak kembali bersekolah, ada satu pengeluaran yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mengajarkan literasi finansial sejak dini kepada anak yaitu pemberian uang saku.

Read more

Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Menghitung pengeluaran untuk bubble drink, bisa jadi apa?

  Juli 3, 2019

Seberapa sering kamu jajan bubble drink dalam seminggu? Satu kali? Dua kali? Dan berapa besar uang yang kamu keluarkan untuk sekali jajan bubble drink? Apakah kamu pernah menghitung pengeluaran untuk jajan bubble drink selama sebulan? Harga termurah bubble drink yang saya dapatkan adalah seharga Rp25ribu. Kalau kamu jajan bubble drink sekali dalam seminggu saja, kamu sudah mengeluarkan uang Rp100ribu per bulan.

Read more

Articles, Saham, Topik Terkini

5 Hal Berinvestasi Saham

  Juli 1, 2019

Apakah kamu ingin memulai berinvestasi saham? Masih belum punya petunjuk langkah-langkah apa saja yang harus kamu lakukan agar dapat memulainya? Kalau kamu pernah memiliki pertanyaan seperi itu tapi enggak tahu harus bertanya ke mana, artikel ini akan bisa membantumu.

Saham merupakan salah satu instrumen dalam pasar modal dan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak masyarakat yang beropini bahwa saham itu haram, saham itu judi, saham itu menakutkan, dan lain sebagainya. Akhirnya karena ketidaktahuan inilah, banyak orang semakin merasa enggan bahkan takut untuk mulai berinvestasi saham. 

Read more

Articles, Topik Terkini

Keuntungan Tren Gaya Hidup Minimalis

  Juni 26, 2019

Seberapa sering kamu terobsesi untuk memiliki barang terbaru lalu kemudian akan muncul versi lebih baru lagi? Tentunya kamu tidak lagi peduli dengan barang lama yang dimiliki karena sudah terobsesi dengan barang terbaru. Sejujurnya, kamu enggak akan lebih bahagia hanya dengan mengkonsumsi lebih atas barang atau jasa yang kamu bayarkan.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan mengkonsumsi barang atau jasa yang kamu bayarkan. Yang menjadi masalah adalah saat kamu mengkonsumsi barang atau jasa hanya karena harus melakukannya walau ternyata pada akhirnya, barang atau jasa tersebut tidak benar-benar dibutuhkan. Di Jepang, tren gaya hidup minimalis semakin digemari terutama saat Marie Kondo, seorang konsultan dari Jepng, menerbitkan buku: The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing.

Read more

Articles, #finclic, Dana Pendidikan, financial clinic, finclic, Topik Terkini, Tujuan Finansial

#FinClic Tujuan Finansial Uang Pangkal Masuk SD

  Juni 25, 2019

Financial Clinic (FinClic) awalnya merupakan sebuah talkshow radio pada tahun 2006 di salah satu stasiun radio di Jakarta. Kemudian berkembang menjadi FinClic seminar series, FinClic Tweet series di twitter dan sekarang di Instagram live setiap Senin malam jam 19:00. #FinClic pada pertengahan tahun 2018 sampai detik ini berkembang menjadi kelas finansial online melalui aplikasi zoom yang dinamakan Financial Clinic Online Series (FCOS).

Merencanakan Dana Pendidikan anak merupakan topik yang paling sering ditanyakan oleh peserta pelatihan di pelatihan yang diadakan oleh QM Financial. Banyak sekali khususnya orang tua muda ingin mencapai tujuan finansial Dana Pendidikan Anak yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun antara 10% – 20%. Walaupun sekarang sekolah negeri sudah semakin baik dan gratis tapi persaingan untuk masuk ke sekolah negeri unggulan sangat ketat. Sehingga hal ini menyebabkan kamu perlu mempersiapkan Dana pendidikan Anak dengan angka sekolah swasta. Ingat, jangan sampai biaya menghalangi pendidikan anakmu.

Read more

Articles, Topik Terkini

Ide Liburan Sekolah Anak Ramah Kantong

  Juni 21, 2019

Pada dasarnya setiap manusia perlu liburan, tidak terkecuali anak-anak. Liburan dibutuhkan karena tubuh dan pikiran memerlukan penyegaran terutama setelah menjalani aktivitas rutin harian selama beberapa waktu lamanya. Kegiatan liburan yang menyenangkan akan membuat anak terhindar dari kejenuhan dan penurunan semangat pada saat kembali ke sekolah dan melakukan tugas rutinnya nanti. Walau anak juga membutuhkan liburan, jenisnya akan berbeda dari orang dewasa. Sebagai orangtua, kita harus mengatur jenis kegiatan yang mengakomodasi kebutuhan anak dan mengalokasikan waktu secara khusus terutama bagi orangtua yang bekerja.

Read more

Articles, Dana Pendidikan, Practical Tips, Topic of The Month, Topik Terkini, Tujuan Finansial

Sekolah Anak, Makin Mahal Makin Laku?

  Juni 17, 2019

Tiga puluh tahun lalu, saya tahu sudah ada sekolah internasional yang ditujukan untuk menyekolahkan anak warga asing yang tinggal di Indonesia. Namun kini, sejumlah sekolah yang berlabelkan internasional menawarkan pendidikan berkualitas dengan biaya yang mahal dan mencapai ratusan juta Rupiah. Meskipun harganya mahal tapi hal ini tidak menyurutkan niat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Semakin banyak orang tua yang berpikir bahwa semakin mahal biaya sekolah anak maka semakin bagus kualitasnya. Kesan yang telah menyebar luas ini membuat sebagian orang tua rela kerja keras dan mengorbankan gajinya demi membiayai anak di sekolah mahal.

Benarkah sekolah anak, semakin mahal justru semakin laku? Apakah penyebabnya?

Read more

Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Atur Keuangan Paska Lebaran

  Juni 11, 2019

Halo Planners, mohon maaf lahir dan batin ya! Bagaimana Lebaran kemarin? Apakah kamu mendapatkan pengalaman seru dari libur Idul Fitri? Lebaran telah usai namun ada hal yang harus kamu pikirkan setelah kembali dari kampung halaman atau menikmati libur panjang yaitu kondisi keuangan paska Lebaran. Tidak heran kalau keuangan menipis setelah Idul Fitri karena kebanyakan orang menggunakan momen libur panjang untuk mudik atau liburan ke luar negeri.

Read more

Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Atur Gaji Pertama Untuk Kelancaran Cashflow

  Juni 10, 2019

Bagi kamu, terutama first jobber pastinya menanti-nantikan gaji pertama yang merupakan upah selama bekerja dari pagi hingga malam selama sebulan penuh. Setelah sebelumnya masih bergantung pada orang tua, kamu akhirnya memiliki peghasilan sendiri untuk menghidupi kebutuhanmu.

Rasa senang, bangga dan bingung gaji mau digunakan untuk apa mungkin kamu rasakan saat ini. Perasaan bebas ingin membelanjakan semua gaji pertama untuk membeli ini dan itu bermunculan, apalagi uang yang didapatkan adalah hasil keringat sendiri. Menggunakan gaji pertama untuk bersenang-senang boleh saja tapi ada baiknya kamu mulai menggunakan gaji pertama sebagai latihan untuk mengatur cashflow-mu!

Read more

Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Peringati Hari Kebangkitan Nasional dengan Kebangkitan Finansial

  Mei 20, 2019

Organisasi yang didirikan pada tahun 1908 tersebut dinamakan Boedi Oetomo , yang berasal dari kata “budi” yang berarti tabiat/perangai sedangkan “Utomo” berarti baik/luhur. Para pendiri organisasi ini sangat berharap dengan nama yang telah diberikan, Boedi Oetomo menjadi perkumpulan yang didasari dengan keluhuran budi dalam mencapai tujuannya. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional adalah momentum bangkitnya nasionalisme, persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia sebagai sebuah bangsa yang tadinya masih bersifat kedaerahan dalam melawan penjajah.

Read more

1 2 3 10

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch