Ask QM Planner, Practical Tips

#AskQMPlanner: Kontrak Rumah atau Tinggal dengan Mertua?

Pertanyaan ini selalu jadi dilema bagi pasangan yang baru menikah dan belum memiliki rumah sendiri. Berdasarkan pengalaman saya, rata-rata klien laki-laki akan memilih untuk tinggal dengan mertua, agar tujuan membeli rumah dapat lebih cepat tercapai. Sebaliknya, klien perempuan biasanya akan memilih untuk mengontrak rumah sendiri, dengan alasan kenyamanan dan keharmonisan rumah tangga.

Dalam situasi semacam ini, sebagai QM Planner, saya harus memberikan analisa finansial untuk membantu klien mengambil keputusan secara obyektif. Memang tidak bisa dipaksakan, karena harus diakui, terkadang dalam hubungan mertua-menantu, jarak justru berperan menjaga hubungan baik :)

Kalau hanya sisi finansialnya saja, biasanya, jawaban yang lebih tepat adalah tinggal dengan mertua.

Kenapa?

Karena pada umumnya, dilema ini muncul pada pasangan yang belum memiliki kemampuan untuk membeli rumah sendiri. Membeli rumah adalah salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup, dan kenyataannya, cukup banyak orang yang belum mampu melakukannya di usia muda.

house-245409_1920

Memutuskan untuk mengontrak rumah, berarti akan ada pengeluaran tambahan dalam jumlah cukup signifikan, yang akan mengurangi kemampuan investasi untuk membeli rumah impian. Jangan lupa, keputusan untuk mengontrak rumah bukan hanya tentang biaya sewa, namun juga ada pengeluaran operasional rumah, misalnya kebutuhan listrik, air, iuran kebersihan, belanja harian atau asisten rumah tangga. Sementara, jika tinggal dengan mertua, kemungkinan besar pengeluaran operasional rumah tidak sepenuhnya ditanggung sendiri.

Belum lagi, jika sewa rumah harus dibayar beberapa tahun di muka. Artinya, dana yang sudah disiapkan untuk pembelian rumah akan berkurang secara signifikan dan belum tentu dapat digantikan segera.

Jadi, hitung dengan seksama sebelum memutuskan, ya. Semoga bermanfaat!

Yasmeen Danu, CFP / QM Planner


Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perencanaan keuangan, follow Facebook, Twitter dan website QM Financial, atau konsultasikan bersama QMPlanner. Hubungi: info@qmfinancial.com atau silakan isi laman Kontak.


 

 

 

 

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch