100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Asuransi, Financial Plan, Investasi, Unitlink

Asuransi VS Investasi, manakah yang lebih penting?

Pic courtesy of pixabay

Asuransi VS Investasi adalah dua hal yang berbeda.

Secara umum asuransi adalah proteksi yang tujuannya sebagai perlindungan dari kemungkinan kejadian yang tidak diinginkan, seperti rawat inap, sakit kritis, kecelakaan dan kematian.

related article:  Asuransi Untuk Jaga Diri

Sedangkan investasi bertujuan untuk menumbuhkan uang yang dimiliki untuk tujuan finansial yang ingin dicapai di masa yang akan datang, seperti tujuan dana menikah, tujuan dana pensiun, dana pendidikan anak, tujuan membeli rumah dan tujuan keuangan lainnya.

related article: Kenapa Berinvestasi?

Saat ini, banyak sekali produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi dan kita mengenalnya sebagai unitlink. Walaupun demikian, tetap saja tujuan utama dari produk unitlink adalah sebagai proteksi bukan investasi.

related article: Mengapa Tidak Bisa Unitlink?

Sebenarnya, instrumen investasi di unitlink sama dengan reksadana. Bedanya, return  yang dihasilkan reksadana lebih tinggi dibandingkan unitlink. Hal ini dikarenakan struktur biaya yang dikenakan di unitlink lebih besar dibandingkan pada reksadana.

“Jadi, salah dong selama ini beli unitlink!”

Benar atau salah, bukan itu persoalannya. Jika kita sudah menentukan tujuan keuangan dan mengetahui perbedaan asuransi VS investasi, tentunya akan lebih mudah mengambil keputusan yang berhubungan dengan uang.

Tujuan keuangan merupakan goal sedangkan asuransi dan investasi merupakan kendaraan yang akan mengantar kita menuju tujuan yang ingin dicapai.

related article: What Is Financial Planning?

Singkat nya, berikut perbedaan asuransi vs investasi :

KETERANGAN ASURANSI INVESTASI
Manfaat Proteksi atas jiwa, kesehatan, dan harta benda Untuk mencapai tujuan finansial
Jenis Asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, kebakaran dsb Deposito, Logam Mulia, Reksadana, Saham, Properti
Siapa yang membutuhkan Jiwa: jika memiliki tanggungan, kesehatan: semua orang Semua orang yang memiliki tujuan keuangan dan sudah memiliki KTP

Jika kalian bertanya, Asuransi VS Investasi, manakah yang lebih penting? Jawabannya tentu saja, “Tujuan Lo Apa?”

related article: Gimana Sih Prosesnya Membuat Plan?

Untuk tahu manakah yang lebih penting di antara keduanya, hal pertama yang harus dilakukan adalah financial check up untuk mengetahui kondisi keuangan seseorang terlebih dahulu. Barulah dari hasil financial check up  kita bisa menentukan langkah selanjutnya, apakah membeli asuransi atau investasi.

Bagi kalian yang membutuhkan konsultasi mengenai Tujuan Finansial atau ingin membuat PLAN, untuk periode Desember 2017 – Januari 2018 sedang ada diskon promo 20% dengan menghubungi 08111500688.

Nita Kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch