#QMPlan, CEO BLOG, Practical Tips

Begini 3 Cara Efektif Atur Cash Flow!

Sudah gajian, belum? Terus gimana? 

Lewat doang? Atau saking banyaknya, gaji lo dari bulan lalu belum habis? Hahahahaha! 

Kalau gak mau ribet, ikutin aja TIPS berikut ini yang terbukti efektif atur cash flow!

Ada 3 cara efektif untuk mengatur cash flow:

1. Kartu Kredit? Lunas!

Simpel, kok. Berani gesek, berani bayar. Gak ada gesek-gesek kalau gak punya duit di tabungan buat melunasinya! Jadi lo jangan berani-berani belanjain duit yang gak ada! TIPS yang satu ini, untuk beberapa orang gampang aja. Tapi, masih banyak sekali orang yang kesulitan melunasi tagihan kartu kreditnya, karena punya kebiasaan buruk: gesek aja, pikirin bayarnya belakangan.

Sudah lunas? Lega lho! Plong banget! Paling tidak, untuk yang masih mau punya kartu kredit, borok pertama itu akhirnya beres! Eh cek juga, apa kabar kartu kredit pasangan?

Sstt.. tapi emang ganggu sih, kalau lagi enak-enak nonton TV di rumah, kamu berbisik di telinganya, “Sayang… kartu kredit kamu udah lunas kan?” ;p

2. Nabung 10%

Jangan nunggu sisa! Tentukan saja di depan, berapa persen dari gajimu yang mau kamu simpan. Mulai dari 10% per bulan, ya. Ini gampang untuk yang karyawan, sih. Tapi kalau kerja gak gajian, bisa juga dengan trik yang beda dikit (iya, iya.. nanti gue bikinin artikel terpisah!)

Prinsip penting untuk bisa menabung adalah lakukan di depan, terpisah dan rutin. Lo bisa coba dompet dan amplop terpisah. Mau lebih canggih, bikin rekening terpisah. Autodebit dari rekening gaji ke rekening tabungan terpisah juga bisa bantu. Terakhir, coba deh.. nabung itu ada tujuannya. Percaya deh, semangat nabungnya akan beda!

3. Ke ATM 1x per minggu

Tahu gak, hampir semua orang yang ketemu gue akan bilang begini, “Gue tuh orangnya gak boros! Gue tuh gak doyan belanja, lho. Tapi kenapa yang gue bisa tabungin sedikit ya?”

Nah, itu artinya lo lagi merasakan ‘bocor halus’. Terapi yuk? :p

Salah satu biang kerok bocor halus adalah uang cash yang habis gak jelas ke mana. Coba bikin budget 1 minggu habis berapa. Hati-hati lho, Senin-Jumat beda angka dengan Sabtu-Minggu, kan. Now stick to that budget! Kalau perlu ke ATM 1 x aja seminggu, lo harus bisa survive dengan cash tersebut.

Berani terima tantangan ini? Culun sih.. tapi tetap tantangan!

Udah, nih? Segitu aja.

wallet-908569_1920

Cobain dulu! Colek gue ya di twitter @mrshananto. Laporkan gimana hasilnya dalam 1 bulan ke depan! Paling tidak hasilnya adalah: gak punya utang kartu kredit lagi, saldo tabungan ternyata ada (OMG!) dan akhirnya bocor-bocor halus itu tertambal sukses.

Selamat mencoba!

***

Ligwina Hananto / @mrshananto / Founder / CEO


Bagaimana hasil Anda melaksanakan TIPS di atas? Konsultasikan bersama QMPlanner. Hubungi: info@qmfinancial.com atau silakan isi laman Kontak.


 

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch