#QMBisnis, CEO BLOG, Practical Tips

Belum Mau Mengelola Keuangan Usaha Dengan Baik? Sadari Dulu 3 Hal Berikut Ini!

Mengelola keuangan usaha adalah kunci untuk suksesnya sebuah bisnis!

Tapi ternyata banyak lho pemilik bisnis kecil yang terus menerus menunda menyusun laporan keuangan. Banyak pemilik bisnis UKM mengabaikan pentingnya memiliki laporan keuangan. Dalam sebuah pelatihan keuangan untuk UKM Kreatif, hanya 50% peserta menyatakan sudah memiliki laporan keuangan. Sementara, 35% belum memiliki laporan keuangan sama sekali dan 15% sudah melakukan pencatatan sederhana.

Laporan Keuangan

Jika Anda masih saja menunda-nunda mengatur keuangan usaha, coba sadari dulu 3 hal berikut ini.

1. Omset BUKAN Penghasilan!

Stop halusinasi! Tidak perlu berkoar-koar punya omset besar. Bisa jadi uang hasil penjualan ini belum tertagih seluruhnya. Bisa jadi masih banyak pengeluaran yang harus Anda bayarkan. Jadi omset ini baru hasil penjualan, bukan penghasilanmu sebagai pemilik bisnis. Tanpa pengelolaan keuangan usaha yang baik, sulit untuk menyadari ‘besar kecil’ omset usaha kita.

2. Tidak Harus Kerja Sendiri

Bisnis kecil dan menengah biasanya bermodal kecil. Maka kemampuan melakukan rekrutmen sangat terbatas. Walhasil, si pemilik kemungkinan besar masih mengerjakan segala sesuatunya bersama karyawan. Jaga toko, bersih-bersih, hingga menyusun program marketing pun dikerjakan sendiri. Ini semua operasional! Masih ada 2 sisi bisnis lagi yang seharusnya Anda kerjakan sebagai pemilik bisnis: manajerial dan strategi. Tanpa pengelolaan keuangan usaha yang baik, Anda akan terus konsentrasi pada operasional dan gagal mengatur manajerial dan strategi.

3. Mau Yang Mana: Gaji VS Profit?

Yukm membuat target. Anda mau mengutamakan gaji atau profit? Pemilik bisnis kecil dan menengah seringkali menjadi orang paling diandalkan dalam bisnisnya sendiri. Maka ia berhak atas gaji dari kerja kerasnya. Tapi kalau punya bisnis, ya harusnya merasakan nikmatnya terima hasil laba! Tanpa pengelolaan keuangan usaha yang baik, Anda akan kesulitan memilih fokus antara gaji dengan profit.

Bagaimana? Apakah ketiga hal tersebut cukup mengganggu pikiran Anda? Biarkan ketiga hal tersebut mengendap dalam pikiran Anda. Besok coba ingat kembali dan rasakan, memang sudah waktunya kan, Anda mengurusi keuangan bisnis ini dengan benar?

Ligwina Hananto / CEO / Founder/ Konsultan/ @mrshananto


Hubungi QM Financial untuk Konsul Bisnis dan belajar membuat laporan keuangan.

WA: 08111 500688, email: info@qmfinancial.com

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch