Biaya Pernikahan: Rumah vs. Gedung, dan tips lainnya


 

 

 

Pernikahan adalah menyatukan dua manusia menjadi satu keluarga yang nantinya akan menjalani kehidupan bersama dengan saling memahami, saling percaya, dan saling menghargai.

 

Awalnya gak nyangka kalo pacar gw ngelamar secara diem-diem lewat bokap karena mau bikin kejutan untuk gw. Awalnya sebel aja kenapa gak bilang sih kalo emang mau ngelamar gw? Tapi gw seneng juga sih… Hihihi, khan tujuan hidup kita menikah itu untuk bahagia. Alhamdulillah, proses lamaran berjalan lancar… Tapi, nah loh, bokap jadi nanya, emang punya uang untuk siap nikah 4 bulan lagi? Karena bokap belum nyiapin dana untuk gw nikah.

Yah, gw bilang aja “Tenang… saya udah nyiapin dananya kok jauh-jauh hari sebelum ada rencana menikah karena emang kalo pacaran yang ditunggu ya acara pernikahan.” Mau tau pertimbangan gw waktu menyiapkan pernikahan?

Di Rumah atau Sewa Gedung

Gw punya 2 pilihan apakah acara resepsinya akan diadakan di rumah atau di gedung, karena budget yang gw punya terbatas. Maka gw sama pasangan gw menghitung budget yang diperlukan untuk acara pernikahan kita.

Kalau di rumah, dananya bisa hemat meskipun memang repot yah… tapi ada keuntungannya juga mengadakan acara di rumah. Selain hemat biaya, kita juga bisa kumpul cukup lama dengan keluarga dan teman-teman yang datang dari jauh, karena tidak dibatasi dengan waktu. Dana juga bisa diminimalisir karena lebih fleksibel.

Kalau di gedung, memang enak kita tinggal tau beres, tetapi khan harus dipikirkan juga untuk catering, jumlah tamu dan waktu resepsi. Jangan sampai tamu masih berdatangan tetapi waktunya sudah habis atau gedungnya sudah mau dipakai oleh orang lain. Kalo begitu, ya mau gak mau kita jadi harus nambah waktu (jadi tambah biaya) atau terpaksa bergegas. Keuntungannya, kita gak perlu repot-repot untuk menyiapin semuanya karena memang ada yang mengatur dan area gedung tentunya lebih besar daripada rumah.

Manfaat Sistem Paket

Jangan lupa cek dan tanyakan paket-paket pernikahan dari gedung ataupun vendor sesuai dengan budget yang sudah direncanain. Kalo cocok dengan kebutuhan, tanya lebih detil dan hitung berapa harga untuk per orangnya. Biasanya sistem paket lebih murah, jadi kalo harga dan kebutuhan sudah klop, kita bisa ambil paket sesuai dana pernikahan kita.

Jumlah Tamu

Selain itu, hitung bener-bener undangan yang kita sebarkan. Misalnya, kalo kita ngundang 500 undangan, mau gak mau kita harus kali 2. Coba cocokin dengan kapasitas tempat acara, jumlah paket makanan yang dipesan, suvenir, dan lainnya.

Jumlah tamu ini adalah faktor terpenting yang menentukan besar-kecilnya biaya pernikahan yang dibutuhkan.  Jumlah tamu undangan akan mempengaruhi perhitungan biaya yang lainnya, seperti biaya cetak undangan, kapasitas gedung yang harus disewa, catering, dan sebagainya. Oleh karena itu, ada baiknya kita sudah memiliki daftar tamu undangan, baik dari pihak laki-laki maupun perempuan, sebelum memesan gedung dan lainnya.

Lalu, ini beberapa faktor yang gw lakuin untuk mencapai dana pernikahan yang diinginkan:

  1. Siapkan dana pernikahan sejak jauh-jauh hari. Sewaktu gw ada rencana menikah, gw udah punya tabungan sendiri. Kalau lo gimana?
  2. Jangan lupa tuh tentuin budget yang akan digunakan dan kapan dananya akan digunakan karena ngaruh juga sama apa yang kita idam-idamkan soal acara pernikahannya
  3. Harus punya tabungan untuk nyimpen biaya nikah. Gw dulu punya tabungan, tapi khan sekarang banyak produk investasi yang menjanjikan return cukup lumayan. Dulu, gw cukup masukin pos-pos simpanan yang beda aja untuk siapin dana nikah, tapi khan sekarang udah bisa pilih produk investasi yang sesuai dengan jangka waktu kebutuhan kita, apakah jangka pendek, menengah, atau panjang. Jadi ya, milih produk yang mana, tergantung kapan acara pernikahan akan diadakan.
  4. Rinci pengeluaran dan keperluan apa aja yang diperluin pada saat menghitung budget nikah
  5. Siapin juga saldo tabungan untuk minimal 6X pengeluaran bulanan untuk hidup berdua dengan pasangan setelah menikah. Ini buat dana darurat.
  6. Trus, jangan mengharapkan jumlah angpau ya. Belum tentu angpau yang diterima bisa mengembalikan dana pernikahan.

OK, plan your expenses well before thinking of getting married, and make your marriage life beautiful afterward!

Erieca | Secretary & Admin