#QMBisnis, #QMPlan, #QMTraining, Advertorial, Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Bijak Dalam Berbelanja: Beli Sekarang, Bayar Nanti?

Pernah dengar kan istilah ‘beli sekarang, bayar nanti’? Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mencoba metode pembayaran ini, dan sebagian lagi belum mengerti bagaimana cara kerjanya. Apa perbedaannya dengan cara belanja yang lain? Kenapa harus bayar nanti dengan cicilan kalau bisa bayar lunas?

Meski demikian, ternyata praktek beli sekarang bayar nanti ini tetap dipraktekkan juga oleh banyak orang. Kenapa begitu ya? Yuk kita simak beberapa alasan kenapa orang masih juga doyan beli barang sekarang dan bayarnya belakangan.

  • Menjaga Cashflow

Alasan utama seseorang mencicil sesungguhnya adalah urusan cashflow. Sebuah pembelian dalam jumlah nominal besar akan menyebabkan saldo dana kas surut dalam sekejap. Sistem pembiayaan maupun kredit dapat membantu meringankan beban sehingga dana kas dapat dipertahankan. Ini tentu saja menjadi sangat penting terutama untuk usaha kecil menengah yang sering berhadapan dengan masalah cashflow. Contohnya sebuah bisnis yang membeli furniture akan sangat terbantu jika dapat memecah pembayaran furniture ini dalam beberapa waktu – sehingga tetap tersedia dana untuk membayarkan gaji karyawan bulan depan.

  • Diskon Pembelian Jumlah Besar

Untuk beberapa kasus, seringkali kebutuhan pembelian barang adalah dalam jumlah besar. Misalnya jika kamu membuka sebuah usaha dan perlu membeli perangkat laptop dalam jumlah banyak. Pembelian dalam jumlah banyak biasanya memberikan fasilitas diskon lebih baik – akan tetapi pembayaran secara penuh di muka akan menghabiskan dana kas yang kamu miliki. Dalam kasus seperti ini pembayaran bertahap akan sangat membantu usaha kamu. Tentu saja kamu perlu cermat juga memerhatikan selisih besaran diskon dengan bunga pinjaman yang akan terjadi.

  • Uangnya Diinvestasikan

Alasan terakhir yang tak kalah penting, uang yang tidak dipakai saat ini – bisa diinvestasikan terlebih dahulu. Uang saat ini lebih bernilai dibandingkan uang masa depan. Ini karena prinsip value for money yang berpegang pada logika, uang yang saat ini tidak dibelanjakan bisa diinvestasikan kembali dan memberikan imbal hasil. Artinya, kalau pun berminat untuk mencicil, pastikan uang yang kamu simpan memang memberikan imbal hasil yang lebih baik.

OK setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu termasuk gerombolan orang yang tergoda untuk mempraktikkan ‘beli sekarang, bayar nanti’? Apakah kamu punya alasan khusus untuk melakukan praktek bayar yang sedang marak belakangan ini? Barang apa saja yang akan kamu beli perlakukan dengan cara bayar belakangan?

Apapun alasanmu, jika tergoda untuk beli dulu bayar belakangan – tolong pastikan barang yang kamu beli memang membawa manfaat untuk kehidupanmu dan kamu memang mampu membayar cicilannya. Lebih keren lagi kalau barang yang kamu beli itu ternyata malah bisa membantu kamu menambah penghasilan dan mengembangkan karirmu.

Silakan bijak saat mulai berhutang! Pastikan keuanganmu selalu sehat karena sebagai generasi muda dengan berbagai rencana jangka panjang, kamu sangat memerlukan keuangan yang kuat! Mungkin kamu memang tergoda sekali untuk beli barang sekarang, bayar belakangan.

Tahu gak apa yang lebih keren lagi? Saat kamu mandiri secara finansial dan bisa melunasi semua cicilanmu! Ganbatte! Selamat berjuang!

____________________________________________________________________________

Artikel ini merupakan kerjasama dengan https://www.kredivo.com/

 

Kredivo merupakan fasilitas kredit online yang dapat digunakan di lebih dari 150 partner merchant. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://www.kredivo.com/

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch