#finclic

#FinClic Kiat Mengatur Biaya Hidup di Bulan Puasa

Happy Anniversary Jakarta-ku! Coba sebutin tempat buka puasa yang asyik di Jakarta ya gaes! Dengan ongkosnya karena ini J #FinClic

Mmmm jadi pingin J Rp25.000 lho #FinClic RT @pinguinprop: @mrshananto warung indomie Tovass!! Di setiabudi.. Abis Rp25ribu buat 2 mangkok internet+es jeruk 2 buah #FinClic

TIS Tebet? #FinClic RT @interMALEM: @mrshananto Buka puasa di TIS. Sepi dan banyak pilihan. Rp50-100ribu sekali buka puasa

Nungguin pulang… #FinClic yuk! Jawab dong. Apa kebiasaan yang berubah di bulan puasa sehingga berubah juga pengeluaran?

Kalau gw = gak makan di luar. Bisa hemat jajan sampe Rp80ribu per hari. Tapi makan di rumah nambah buanyak banget :))) #FinClic

Nah bener nih. Jadi hemat ya karena gak merokok :)) #FinClic RT @Enday_ASMRS: @mrshananto #FinClic kalo gw, rokok, mbak… Jadi Lumayan hemat :d

#FinClic RT @sundaysunday: @mrshananto Jadi hemat ongkos pulang kerja. Soalnya suami pulang cepet jadi bisa pulang bareng. Biasanya pulang sendiri-sendiri. Lumayan. Hehehe..

RT @fransisca_emi: Jadi lebih sensitif sama promo. Weekend lalu barusan borong kue kalengan buy1get1free. THR mana THR :) #FinClic | @mrshananto

Hahaha Hijrah di Inggris???   RT @hijrahasp: @mrshananto sekarang puasanya 19 jam teh… Heheheh…

#FinClic RT @masyadi2013: @mrshananto , transport.. yang biasanya rela nunggu angkot. Karena pengen cepet sampe rumah jadi milih ojek atau taksi

#FinClic RT @Dipanaya: @mrshananto bonus pelanggan plus THR karyawan,sudah disiapkan tapi selalu membengkak tiap tahunnya *balada pedagang abal-abal*

“Badai bukber” :)) #FinClic RT @okyoktavianasha: .@mrshananto kebiasaan makan! Klasik seperti tahun-tahun sebelumnya, kirain bisa saving, ternyata badai bukber, teh….

Acara-acara bukber kalau gw belum kayak badai sih. Banyaknya undangan bukan reuni. Jadi gak ngaruh di ongkos. #FinClic

Sering kok untuk UKM. Tapi #FinClic kali ini untuk bulan puasa dulu ya RT @Imanafarit: @mrshananto bikin #FinClic untuktk UKM dong mbak.Utamanya bisnis laundry dan kuliner kayak saya.Please

Seriously. Bulan puasa itu kan tiap tahun ya. Masa pertanyaan kita sama tiap tahun? “Bagaimana kiat mengatur biaya hidup bulan puasa?” Aduh! #FinClic

Tapi walau bosan jawab yang sama ya gw tetap bahas juga sih :)) jadi musti ngapain tiap bulan puasa? #FinClic

1) Cek perubahan kebiasaan ==> yang bikin perubahan pengeluaran! Hitung angkanya. #FinClic

Misalnya. Ongkos yang gw keluarin untuk gw harian berkurang. Tapi uang belanja Mbak ART naik sampe 50%! #FinClic

2) Bikin daftar pos pengeluaran yang turun dan pos pengeluaran yang naik. Pindahin uang dari pos 1 ke pos lain. Simpel kok. #FinClic

3) Periksa pos pengeluaran mana yang harus ditambal. Gak cukup dari gaji bulanan? Tambal dengan tabungan, THR atau dagangan! #FinClic

Prinsip matching. Penghasilan Bulanan = Pengeluaran Bulanan. Penghasilan Tahunan = Pengeluaran Tahunan. Kalau karyawan jelas. #FinClic

Tapi untuk yang struktur rejekinya gak rutin dan teratur akan perlu trik tambahan. Bikin pos-pos khusus, rekening-rekening khusus, untuk nambal-nambal bocor. #FinClic

Kalau dari 3 TIPS tadi… artinya lebih gampang kalau dari awal memang sudah punya pola pengeluaran teratur. Udah tau ke mana aja duitnya. #FinClic

Silakan periksa pengeluaran-pengeluarannya supaya selama bulan puasa gak jebol! J #FinClic

Ligwina Hananto | @mrshananto | CEO

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch