#finclic, Event Review, Practical Tips

#FinClic Online Shop Sista!

Beberapa hari yang lalu, ada keramaian yang nggak biasa di kantor QM Financial. Sore itu, kantor kami dikunjungi oleh teman-teman para pemilik usaha online, atau yang sehari-hari akrab disapa sebagai Online Shop Sista!

20160329_212757

Ligwina Hananto, founder sekaligus CEO QM Financial memberikan tips keuangan untuk para sista. Bertumbuhnya online shop menandakan bahwa hampir semua bisnis dimulai dari jualan. Nah, agar jualan bertumbuh menjadi bisnis, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Disiplin memisahkan pencatatan keuangan bisnis vs keuangan pribadi.

Dalam kegiatan usaha, pencatatan keuangan dimulai dari omset, variable cost, fixed cost dan berakhir pada Laba Rugi.

2. Membuat laporan keuangan tepat waktu.

Laporan keuangan digunakan sebagai sarana komunikasi informasi keuangan usaha dan dasar untuk mengendalikan, mengevaluasi dan merencanakan strategi bisnis.

3. Tujuan Lo Apa?

Penting untuk memiliki visi atas usaha yang kamu miliki.

Selain tentang keuangan bisnis, hadir pula Anantya dari ThinkWeb sebagai narasumber ‘Strategi Berjualan Online’, dengan poin-poin penting sebagai berikut:

1. Know Your Market

Untuk memulai berjualan online, sangat penting untuk mengetahui target pasar seperti usia, gender, penghasilan, seberapa besar kemampuan berbelanja serta lokasi.

2. Choose Your Medium

Setelah kita tahu target pasar, maka dapat ditentukan medium apa yang akan digunakan untuk berjualan. Karena sifatnya online maka perlu ada website, e-commerce market place, digital SPG sebagai two ways communication, dan digital marketing dengan media sosial yang relevan.

3. Market It

Memasarkan bisnis online kini jauh lebih mudah karena sudah tersedia beragam media sosial, contohnya Instagram. Tentukan konten seperti apa yang akan diunggah ke Instagram, gunakan hashtag sebagai SEO, deskripsikan produk yang dijual dan lakukan engagement.

4. After Sales Treatment

Ukur besarnya pengaruh media sosial terhadap bisnis online. Kamu bisa menggunakan google analytics, google form yang tersedia secara cuma-cuma dan terakhir, kirim e-mail bisa berupa newsletter kepada pelanggan agar mereka merasa terus diingat.

Sampai bertemu di #FinClic Series berikutnya pada Sabtu, 30 April 2016 dengan tema ‘Dana Pendidikan’. Daftar segera melalui e-mail ke: event@qmfinancial.com atau telepon ke: 021-29329408.

Honey Joseph / Digital and Social Media

 

 

 

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch