Articles, Notes from My Events, Practical Tips

Hindari Tua Sebelum Kaya, Ayo Siapkan Dana Pensiun Sejak Mahasiswa

Pensiun merupakan periode yang terkesan masih lama, apalagi untuk anak muda yang baru berumur belasan tahun. Hal ini menyebabkan anak kuliahan tidak memikirkan menabung untuk pensiun. Namun tidak demikian halnya dengan calon-calon sarjana yang berkuliah di President University, Cikarang. Mandiri Manajemen Investasi (moinvest) menyelenggarakan Program Mandiri Edukasi 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober 2017 bersama dengan QM Financial memberikan edukasi untuk meningkatkan literasi keuangan.

MoInvest X QM Financial

Talkshow yang dihadiri 100 orang mahasiswa President University ini dimulai setelah kelas selesai namun mereka terlihat sangat antusias mengikuti acara tersebut sampai selesai.

Berinvestasi bisa dimulai sebesar setengah harga sepatumu

Survei yang dilakukan Alvara menyatakan bahwa generasi milenial sebagai generasi emas Indonesia di masa depan ternyata hanya mengetahui beberapa produk keuangan yang standar seperti tabungan dan deposito. Akan tetapi sebagian besar generasi milenial sudah mulai melakukan perencanaan keuangan, meskipun tidak dijelaskan secara rinci bagaimana bentuk perencanaan keuangan yang dilakukan.

Related articleIndonesia Kuat Dengan Literasi Finansial

Oleh sebab itu CEO QM Financial, Ligwina Hananto menjelaskan ada 3 hal yang dapat dilakukan mahasiswa yang berhubungan dengan keuangannya:

  1. Memiliki penghasilan

Selain mendapatkan uang saku dari orang tua, mahasiswa juga sebaiknya mempunyai penghasilan sendiri. Dari penghasilan tersebut, mahasiswa dapat menutupi kekurangan uang sakunya, berbelanja barang yang berkaitan dengan hobi atau berinvestasi.

Related articlePentingnya Belajar Menghasilkan Uang

  1. Mengatur Cashflow

Dengan adanya uang saku dan uang dari penghasilan, mahasiswa harus bijak mengatur cashflow. Besar atau kecil jumah penghasilan harus diatur dengan baik agar semua kebutuhan terpenuhi. Mengatur cashflow erat kaitannya dengan budget dan cara kita berbelanja. Generasi milenial juga dapat memanfaatkan aplikasi untuk mengatur keuangan yang tersedia di smartphone masing-masing.

Related article: Cashflow Going Digital

  1. Rutin berinvestasi

Seringkali banyak pertanyaan mengenai kapan sebaiknya memulai memiliki rencana keuangan dan berinvestasi? Semakin muda kita mulai menabung atau berinvestasi, semakin ringan jumlah yang disisihkankan setiap bulannya. Tau gak sih, kalau berinvestasi untuk Dana Pensiun itu besarnya tidak lebih dari setengah harga sepatumu!

Related article: Buat Dana Pensiun Gak Butuh Rp75Milyar

Masa Depan Cemerlang Dimulai Sekarang!

Jadi, tunggu apalagi…… Yuk Mulai Membuat Dana Pensiunmu Sendiri!

Mia Damayanti / Sales

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch