Practical Tips

Kantong TIDAK Jebol di Bulan Puasa!

“Gimana jadwal bukbernya? Udah mulai bikin kantong jebol? Gak harus gitu lho!”

Hari ini saya mencolek di Twitter @mrshananto dengan pertanyaan itu. Ada berbagai jawaban beragam. Di antaranya sebagai berikut:

Hot Brain (@Sesa_Opas)
@mrshananto sudah dijadwalin paksa kalo bukber ya wiken aja. Biar gak ngos2an abis Lebaran

A Kurniawan ‏(@abi_21)
Kalo org lain bisa nge-hemat dgn cara gak ngerokok, saya bisa nge-hemat jauh dgn gak beli kopi dikedai fancy. HEMAT BEUDH TEH

Пањи Аном Асвианто ‏(@hanya_paa)
@mrshananto hemat krn ga keluar uang buat makan siang di hari kerja, tapi gantinya keluar banyak buat bukber di akhir pekan :(

Jadi ya setiap tahun juga ada bulan puasa, kenapa selalu ada aja yang masih bermasalah dengan pengeluaran di bulan puasa?

bukber

Ikutin yuk! 3 HAL YANG PERLU DICEK DALAM PENGELUARAN DI BULAN PUASA

  1. Cek Perubahan Kebiasaan
    Kalo puasa, pasti ada yang dihemat lho. Gak sarapan bubur depan kantor, gak belok ke gerai kopi centil sebelum meeting mulai, gak nyelonong masuk mall waktu makan siang!

    • Coba deh! Pasti ada kan pengeluaran yang berkurang selama bulan puasa – terutama pengeluaran lifestyle.
    • Contoh.
      Pos Pengeluaran Lifestyle yang HILANG selama bulan puasa:
      Sarapan di kantor Rp10.000 x 5 hari x 4 minggu Rp200.000
      Ngopi dengan klien Rp40.000 x 3 kali x 4 minggu Rp48.000
      Ke salon Rp150.000 x 1 kali x 2 minggu Rp300.000
  2. Cek Pos Pengeluaran yang Turun VS Pos Pengeluaran yang Naik
    Biasanya kita (terutama ibu-ibu) ingin menyediakan yang serba terbaik untuk keluarga berbuka. Yang biasanya gak makan di rumah, jadi makan di rumah. Yang biasanya makan di rumah ala kadar, jadi serba lengkap dari nasi, lauk pauk, sayur, sop, buah sampai dessert.

    • Jadi berapa pengeluaran rumah tangga untuk belanja makanan selama ini?
    • Berapa besar perubahan pengeluaran belanja ini di bulan puasa?
    • Pengeluaran yang TURUN VS Pengeluaran yang NAIK = Bocor gak?
  3. Cek Pos Pengeluaran yang Harus DITAMBAL!
    Bagaimana kalau ternyata memang TERBUKTI: BOCOR!
    Bocor ya harus ditambal! Caranya?

    • Yuk periksa THR kita. Adakah bagian yang bisa disiapkan untuk menambal pos pengeluaran yang membesar.
    • Tabungan Shopping dan Liburan. Potong sedikit supaya pengeluaran buka puasa bersama yang daftarnya makin panjang itu bisa tetap terlaksana.
    • Dagang! Ini waktu yang pas untuk dagang lho. Mulai dari cookies sampai kerudung memang paling pas didagangin di bulan puasa. Memang dagang musiman, tapi lumayan juga untuk nambal pengeluaran yang bocor. Mending dagang daripada ngutang yang gak perlu lho!

Sudah puas?
Jangan cuma dibaca dong!
Dipraktekkan juga ya! PLEASE :D

Colek saya di twitter @mrshananto atau email ke wina@qmfinancial.com untuk curhat keuangan :)

Selamat menikmati ibadah puasa!

~ *** ~

Ligwina Hananto / @mrshananto / CEO / QM Planner

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch