#QMTraining, Event Review

Kapan Memulai Rencana Keuangan? Segera, Saat Umur Di Bawah 30 Tahun!

Kapan sih sebaiknya mulai merencanakan keuangan? 

Kayaknya nanti-nanti aja, deh.

Kalau sudah punya anak.

Mumpung masih muda, foya-foya dulu nggak apa, dong ya...

Komentar-komentar semacam ini sering terdengar, terutama di antara teman-teman yang baru mulai bekerja beberapa tahun, berusia relatif muda, dan belum menikah. Hmm, apa iya?

Pada 15 Januari 2016, QM Financial berkesempatan untuk mengunjungi kantor OLX di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, dalam program Bitesized Learning. Sebagai perusahaan berbasis teknologi dan digital, nggak heran kalau sebagian besar dari peserta yang hadir di acara ini berusia masih relatif muda, di bawah 35 tahun.

By the way, tahu kan, OLX.co.id? Situs iklan baris online terbesar di Indonesia ini, menyediakan platform bagi para penjual untuk mengiklankan produk dan jasa yang mereka sediakan, dan sebaliknya, para pembeli bisa mencari kebutuhan mereka. Hmm, kira-kira, kalau kerja di OLX, rajin belanja online juga nggak ya?

Ternyata menurut Ligwina Hananto –Founder dan CEO QM Financial, konsep-konsep dasar perencanaan keuangan penting untuk dipahami sedini mungkin. Misalnya tentang pengaturan cashflow, menabung dan investasi. Ketika seseorang mulai memiliki penghasilan sendiri, maka penting untuk mulai merencanakan keuangan.

20160115_143129

Nah, karena range usia peserta yang relatif muda, nggak heran, banyak yang bertanya soal persiapan dana menikah. Wah, calon suami dan istri yang bertanggung jawab, nih. Nggak cuma mengandalkan orang tua untuk menyiapkan dana :)

Sementara itu, sebagian peserta mengakui bahwa mereka belum bisa menabung secara konsisten. Abis gajian, bayar kartu kredit dan tagihan, lalu nggak sabar nunggu gajian berikutnya, hehehe.. Atau ada juga yang bisa menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung, tapi lalu terpakai lagi untuk memenuhi berbagai godaan yang berseliweran di depan mata, mulai dari midnight sale, tiket pesawat murah, dan seterusnya.

Ligwina juga sempat membahas mengenai instrumen investasi reksadana, yang ternyata belum banyak diketahui oleh para peserta. Reksadana bisa menjadi alternatif investasi, karena tidak memerlukan jumlah yang besar dan akses pembeliannyanya relatif mudah melalui bank bahkan via online.

“Apa sebetulnya yang dimaksud dengan PLAN? Punya tujuan, kapan mau dicapai dan gimana caranya, menabung saja atau perlu investasi! Siapa bilang kalau punya PLAN, berarti nggak bisa belanja-belanja, nongkrong di cafe atau liburan ke tempat-tempat hits? Justru, kalau punya PLAN, bisa belanja, ngopi-ngopi cantik dan liburan dengan tenang. Budgetnya sudah dialokasikan. Dan tetap bisa menabung dan berinvestasi sesuai kebutuhan!

Tahukah kamu bahwa dana pensiun milyaran justru dapat tercapai jika investasi rutin sudah dimulai sejak umur di bawah 30 tahun. Jadi, jangan terlalu lama menunggu. Segera mulai punya PLAN, ya!

Tanpa terasa, waktu berjalan begitu cepat diiringi antusiasme peserta dan serunya acara. Setelah mengikuti acara dan memahami materi, 80% peserta bahkan menyatakan ingin mengikuti training tentang perencanaan keuangan pribadi dan 20% peserta ingin menggunakan jasa konsultasi dan membuat PLAN!

20160115_170241

Terima kasih OLX sudah mendukung edukasi finansial untuk timnya. Kantor OLX ini juga keren banget deh. Sampai jumpa di acara selanjutnya!

Nita Kurniawati / Client Relations

***

Ternyata, kalau mulai sejak muda mencapai tujuan finansial akan lebih ringan dan mudah lho! Pernah dengar kan, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit” :)

Plan your Finance early!


#QMTraining adalah program edukasi keuangan untuk karyawan perusahaan. Program ini didesain sedemikian rupa agar interaktif dan sesuai kaidah experiential learning. Hubungi tim QM Financial melalui email: info@qmfinancial.com atau laman Kontak.


 

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch