#QMPlan, Practical Tips

Kapan Sih Perlu Financial Check Up? Cek 3 Hal Berikut, Yuk!

Apakah kamu rajin memeriksa kondisi kesehatan setiap tahun? Bagaimana dengan kondisi keuanganmu? Banyak orang masih meremehkan check up yang satu ini. Padahal, ini nggak kalah penting, lho! Keuangan yang berantakan berpotensi meningkatkan kadar stresmu dan bisa jadi akhirnya mempengaruhi kondisi fisik juga, kan?

Financial check up menggunakan beberapa kriteria finansial berupa rasio keuangan tertentu. Jika kamu sudah menikah, lakukan bersama dengan pasangan untuk mengetahui kondisi keuangan bersama. Selain itu, penting bagi kamu dan pasangan untuk menyelaraskan visi dan target keuangan, skala prioritas pencapaian tujuan keuangan, termasuk langkah-langkah yang harus diambil apabila ternyata kondisi keuangan keluarga tidak sehat.

Idealnya, seperti check up kesehatan fisik, financial check up setidaknya dilakukan setahun sekali untuk memeriksa beberapa rasio keuangan dasar seperti perbandingan harta dan utang, rasio aset lancar dan rasio menabung. Selain itu, ada beberapa situasi spesifik yang menyebabkan perlu dilakukan check up di luar rutinitas. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

kapan perlu financial check up

1. Setelah Pengeluaran Besar

Apakah kamu baru saja pulang liburan atau mudi bersama keluarga? Menikahkan anak? Membeli mobil baru secara tunai? Bagaimana Anda membiayai pengeluaran tersebut? Mencairkan investasi, tabungan atau berutang?

Pada umumnya, pengeluaran semacam ini memberikan pengaruh signifikan terhadap kondisi keuanganmu, walaupun sudah dipersiapkan dengan baik.  Nah, ada baiknya kamu segera melakukan financial check up untuk melihat seberapa besar dampak  yang terjadi, dan dapat segera mengambil langkah-langkah perbaikan, jika diperlukan.

2. Sebelum Berutang

Kita semua tahu bahwa utang adalah hal yang cukup sering mengacaukan situasi keuangan. Semakin besar cicilan yang harus dibayar, semakin berkurang kemampuan investasi.

Nah, sebelum memutuskan untuk berutang, lakukan financial check up untuk mengetahui dampaknya pada kondisi keuanganmu. Jangan salah, utang tidak hanya mempengaruhi kondisi saat ini, lho! Bisa jadi juga ada efeknya di masa yang akan datang. Pastikan bahwa tujuan penting seperti dana darurat atau dana pendidikan tetap aman, lho ya!

3. Ketika Ada Tambahan Penghasilan

Baru pindah kerja, promosi jabatan atau bergabung dengan bisnis yang menguntungkan? Berapa persen kenaikan penghasilanmu? Jika diatas 20% ada baiknya Anda melakukan financial check up. Pada umumnya, kenaikan penghasilan diikuti pula dengan kenaikan pengeluaran. Jika kenaikan penghasilan ini mengakibatkan kenaikan investasi, tentunya tidak masalah. Namun, kalau ternyata pengeluaran lifestyle yang meningkat, artinya rasio menabung turun.

Fungsi check up adalah untuk memastikan bahwa kondisi keuanganmu tetap ideal, agar aktivitas menabung dan investasi tetap berjalan dengan baik.

Jadi sudahkah kamu melakukan financial check-up rutin tahun ini?

Yasmeen Danu, CFP® / QM Planner

 

 

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch