#QMPlan, Practical Tips

Kartu Kredit = Tanggung Jawab!

Punya kartu kredit memang asyik. Cuma perlu gesek, kita bisa mendapatkan barang dan jasa yang kita perlukan. Tapi tunggu dulu, kalian tahu nggak, apa plus dan minusnya pengunaan kartu kredit?

Plusnya, jelas. Simpel. Nggak perlu repot bawa uang tunai dalam jumlah banyak. Kartu kredit pun bisa berguna di saat terdesak. Sekarang ini, begitu banyak promo dari berbagai kartu kredit. Mulai dari diskon besar-besaran, buy one get one, juga cicilan dengan bunga 0%.

Tapi sebaliknya, kalau tidak paham benar mengenai kartu kredit dan tidak bisa mengendalikan diri, kartu kredit bisa berbahaya. Nah, simak tips tentang kartu kredit berikut ini, ya!

american-express-89024

1. Perhatikan tanggal cetak tagihan kartu kredit

Apabila kartu kredit digunakan setelah tanggal cetak tagihan, maka sesungguhnya kita mendapatkan penangguhan yang cukup lama untuk pembayaran.

Contoh: di bulan Maret, cetak tanggal 5 Maret jatuh tempo tanggal 25 Maret, maka ketika kamu memakai kartu kredit setelah tanggal 6 Maret, tagihan akan tercetak di tanggal 5 April. Artinya kita masih memperoleh kesempatan untuk membayar hingga tanggal 25 April.

2. Catat atau kumpulkan struk pemakaian kartu kredit

Ada baiknya kamu memonitor penggunaan kartu kredit setelah bertransaksi dengan mencatat atau mengumpulkan struk. Tujuan tidak lain adalah mengantisipasi jumlah tagihan di bulan berikutnya. Hal ini juga bisa membantu memastikan tidak ada penagihan yang keliru. Memonitor penggunaan kartu kredit seharusnya juga membuatmu menyadari ketika kamu sudah melebihi anggaran untuk pos pengeluaran tertentu.

3. Pakai kartu kredit sesuai kebutuhan dan ada dana untuk membayar

Berani gesek, berani bayar. Jangan anggap kartu kredit sebagai dana ekstra untuk dihabiskan. Ingat, ketika tagihan jatuh tempo, kamu wajib membayar, lho!

4. Pastikan tagihan kartu kreditmu LUNAS setiap bulannya

Enough said. Ini harus, harus dan harus!

5. Hindari tarik tunai dengan kartu kredit di ATM

Hindari tarik tunai menggunakan kartu kredit di ATM, karena bunganya sangatlah tinggi. Nggak percaya? Coba baca dengan teliti lembar tagihanmu. Yes, bisa jadi keterangan ini ditulis dengan ukuran sangat kecil hingga kamu terlewat membacanya!

6. Kalau kamu sampai terjerat utang kartu kredit, BERHENTI gunakan kartu kreditmu!

Kalau perlu gunting kartu kreditmu! Pokoknya, apapun supaya kamu berhenti berutang kartu kredit. Fokuslah membayar tagihan agar lunas secepatnya!

Intinya, kartu kredit bisa bermanfaat apabila kamu paham cara kerjanya dan mampu mengendalikan diri dalam menggunakan kartu kredit. Pastikan bahwa kamu bertanggung jawab terhadap penggunaan kartu kreditmu, ya! Semoga bermanfaat!

Mia Damayanti / Client Relations Officer

 

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch