#QMTraining, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, CEO BLOG, Event Review, Notes from My Events, Training

Karyawan dan Komunitas Pulau Bunyu Ikutan Training Finansial

Sungguh sebuah kejutan untuk saya, dipanggil kembali ke Pulau Bunyu. Lima tahun yang lalu saya pernah menjejakkan kaki ke pulau di Kalimantan Utara ini. Ceritanya dalam rangka mengadakan training untuk karyawan Pertamina EP, kali ini saya kembali berkunjung ke Pulau Bunyu. Tapi apa yang berbeda ya?

Pertama, saya bertemu tidak saja dengan karyawan Pertamina EP – Aset 5. Saya juga bertemu dengan komunitas ibu-ibu, warga Pulau Bunyu. Kebanyakan para ibu ini bersuamikan nelayan yang pekerjaannya tentu saja tidak gajian bulanan. Sebuah tantangan besar untuk bisa berbagi pengetahuan pengelolaan keuangan dengan para ibu ini.

Salah satu cara mengajarkan keuangan dengan menyenangkan adalah dengan beraktifitas. Biasanya kami menyisipkan kegiatan permainan kartu pengeluaran – namun kalli ini tidak teknik menempelkan kartu. Kami memutuskan untuk mengajak para peserta yang mayoritas ibu-ibu ini untuk bergerak memilih temannya sekelompok berdasarkan kategori pengeluaran bulanan. Siapa sangka mendefinisikan pengeluaran bulanan bisa seheboh ini?

Ibu-ibu komunitas Pulau Bunyu asyik bersama dalam permainan kartu pengeluaran

Kedua, saya bertemu juga dengan karyawan Pertamina EP yang ternyata sudah pernah mengikuti training yang kami laksanakan 5 tahun lampau. Yang spesial adalah bagaimana Adi – karyawan ini, ternyata sudah berinvestasi lho! Saya senang sekali ternyata apa yang saya sampaikan 5 tahun lalu sudah Adi praktikkan dalam keuangan keluarganya. Adi bahkan menyempatkan diri mampir ke guest house tempat saya menginap sehingga kami melanjutkan diskusi tentang rencana keuangan yang ia buat sendiri. 

Materi yang saya bawakan pun disesuaikan dengan kebutuhan para peserta. Sesi pagi bersama para ibu komunitas Pulau Bunyu lebih berkonsentrasi pada cara mengatur cashflow bulanan rumah tangga. Sementara sesi siang bersama karyawan Pertamina EP, saya lebih banyak membahas berbagai informasi menarik untuk investasi termasuk menjelaskan kelebihan kelemahan properti dan bitcoin. Dengan begitu saya harapkan baik para ibu komunitas Pulau Bunyu maupun bapak ibu karyawan Pertamina EP bisa mengambil keputusan keuangan dengan pikiran yang jernih dan pengetahuan yang memadai. Sangat penting agar kita semua bisa mengatur cashflow agar ada bagian dari penghasilan kita yang bisa ditabungkan atau diinvestasikan. Sementara itu saat memilih produk terutama untuk investasi, kita perlu sadar betul atas segala risiko yang terkandung dalam produk pilihan kita. 

Ayo belajar terus melalui pelatihan keuangan bersama QM Financial. Training seperti ini bisa disesuaikan dengan peserta ibu-ibu komunitas maupun untuk karyawan perusahaan yang sudah mahir berinvestasi. Selalu ada cara menyenangkan untuk menghadirkan training finansial yang serba praktis dan bermanfaat. 

Ligwina Hananto / @mrshananto / Founder / CEO / Financial Trainer 

Yuk hubungi tim QM Financial melalui WA 08111500688.

Booking jadwal training finansial di kantormu. SEGERA!

SHARE THIS ARTICLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch