Articles

Kelola Keuangan di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu oleh seluruh umat Islam. Selain identik dengan ibadah, dalam kehidupan sehari-hari, di bulan puasa ini biasanya kita menghadapi.. INFLASI!

Selain tampak nyata dalam keseharian, bulan Ramadhan juga mendorong terjadinya lebih banyak konsumsi, mulai dari kebiasaan berbelanja berlebihan (konon katanya, berbelanja dalam keadaan lapar memang menjadikan kita lebih emosional dalam membelanjakan uang!), tawaran berbuka puasa di berbagai tempat dari teman-teman dan kerabat, biaya yang diperlukan untuk persiapan hari raya, mulai dari yang jumlahnya kecil, seperti persediaan kue kering, baju dan perlengkapan ibadah baru, THR ke asisten rumah tangga dan para keponakan, hingga biaya mudik ke kampung halaman.

Padahal, teorinya bulan Ramadhan adalah bulan di mana kita mengendalikan diri, kan? Coba deh, berapa banyak dari kita yang juga berpikir, bahwa ini juga adalah waktu yang tepat untuk mengendalikan keuangan?

credit-squeeze-522549_1920

Simak tips-tips berikut ini, yuk!

Belanja secukupnya di bulan Ramadhan

Berbelanja secukupnya sesungguhnya bisa menghemat pengeluaran Anda. Jika sebelumnya Anda terbiasa untuk berbelanja sekali dalam seminggu, cobalah lakukan sekaligus. Penghematan yang Anda dapatkan bisa jadi adalah akumulasi dari beberapa hal. Pertama, dengan belanja secukupnya  dan sekaligus, Anda tidak harus membayar ulang uang parkir maupun mengeluarkan biaya transportasi. Kedua, toko biasanya memberikan harga lebih murah pada barang yang dibeli dalam jumlah besar.

Buat makanan sendiri

Lapar menjadi tantangan tersendiri, terutama ketika sedang berbelanja. Terutama, lapar mata untuk makanan berbuka. Coba sekali-kali tantang diri Anda, coba cari tahu cara membuat penganan tersebut, lalu buatlah sendiri. Sedikit repot, tetapi sensasinya tentu berbeda! Tentu saja, lebih hemat!

Kurangi buka puasa di luar

Di bulan Ramadhan, undangan buka puasa bersama rasanya menjadi suatu kewajiban. Mulai dari reuni teman SD, SMP, SMA, kuliah, hingga beberapa tempat kerja sekaligus. Kalau Anda tidak bisa menahan godaan tersebut dan mengiyakan semua tawaran, maka jangan heran jika di akhir bulan, Anda terkaget-kaget karena pengeluaran yang membengkak. Cobalah lebih selektif, sesuaikan dengan budget, tanpa mengorbankan silaturahmi.

Sesuaikan kebutuhan dengan kemampuan

Setelah satu bulan berpuasa, Idul Fitri menjadi simbol perayaan kemenangan. Sayangnya, momen ini pun dimanfaatkan secara berlebihan oleh berbagai pusat perbelanjaan untuk menarik konsumen. Tidak ada yang salah dengan baju baru, kue-kue kering, dan sebagainya, namun pastikan sesuai dengan kemampuan Anda.

Syarif Hidayat / Client Relations Officer

 

 

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch