#QMPlan, Practical Tips

Mari Menabung!

Kalau diingat-ingat, sudah sejak sangat dini kita diajari menabung. Sampai ada lagunya, lho!

Ketika kecil, mungkin kita belajar menabung dari hasil menyisihkan uang jajan, hadiah ulang tahun, kenaikan kelas, atau amplop Lebaran. Sekarang, kita tentunya menabung dari hasil jerih payah kita bekerja, ataupun menjalankan usaha atau bisnis.

calculator-385506_1920

Beberapa manfaat yang diperoleh dengan menabung, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Aman

Dulu, ada yang menabung di bawah bantal, di batang bambu atau di celengan. Sekarang, kita bisa menabung di bank yang bekerja sama dengan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sehingga dapat menjamin simpanan kita hingga nominal tertentu, yaitu 1 milyar rupiah. Artinya, apabila bank tempat kita menabung tutup karena satu dan lain hal, maka jaminan dari LPS akan membantu nasabah untuk memperoleh uangnya kembali.

2. Menguntungkan

Menabung memberikan keuntungan ekonomis, yaitu dengan bunga tabungan, atau dengan bagi hasil untuk produk tabungan syariah. Artinya, saldo tabungan bukan hanya terakumulasi dari uang yang kita tabung, tetapi juga ditambah dengan bunga tabungan atau bagi hasil.

3. Memudahkan

Penggunaan ATM (Automated Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri) memberikan berbagai kemudahan untuk penarikan tunai maupun berbagai transaksi, misalnya transfer dan pembayaran. Selain itu, dengan kemajuan teknologi, dikenal pula mobile banking dan internet banking, yaitu transaksi dengan menggunakan telepon genggam maupun internet.

Untuk memperoleh berbagai fasilitas ini pun relatif mudah, kita hanya perlu datang ke Customer Services bank tersebut.

Saat ini, ketika hampir semua perusahaan melakukan proses pembayaran gaji melalui transfer, maka setiap karyawan baru diwajibkan memiliki rekening bank. Proses pembukaan rekening pun relatif mudah, hanya memerlukan fotokopi kartu identitas (KTP) dan uang untuk menabung. Ketentuan saldo awal untuk pembukaan rekening bervariasi tergantung bank dan produknya, biasanya berkisar antara 100 hingga 500 ribu rupiah.

Setelah rekening kita aktif, akan ada biaya administrasi yang muncul. Jangan kaget, bisa jadi saldo tabungan kita berkurang, karena bunga tabungan yang lebih kecil daripada beban biaya administrasi. Karena itu, cermatlah memilih produk, ya! Perhatikan pula saldo minimum untuk memperoleh bunga, biasanya besarnya minimal 1 juta rupiah.

Pada umumnya, produk tabungan adalah rekening yang bersifat operasional sehari-hari. Gaji yang diterima melalui transfer, akan digunakan untuk berbagai kebutuhan hidup selama satu bulan.

Nah, yang lebih penting adalah kebiasaan menabung secara rutin dan konsisten, minimal 10% dari penghasilanmu, sebagai indikator keuangan yang sehat. Coba deh, apakah kamu sudah bisa melakukannya? Atau jangan-jangan.. selama ini lebih besar pasak daripada tiang?

Salah satu tips agar bisa menabung secara rutin dan konsisten adalah: sisihkan sejumlah uang untuk ditabung, langsung setelah menerima gaji. Percayalah, lebih mudah memisahkan 10% dari gaji ke rekening terpisah, lalu berusaha hidup dengan sisa 90% gaji sepanjang bulan. Kalau kamu nggak memisahkan di awal, biasanya nih.. uang tersebut akan habis juga, lho!

Tips berikutnya adalah jangan sering-sering ke ATM! Cukup sekali seminggu untuk tarik tunai. Gunakan perkiraan budget per minggu, tarik tunai sejumlah tersebut, dan usahakan agar uang tersebut cukup untuk seminggu.

Coba tipsnya, dan share ceritanya ke kami, ya! Semoga bermanfaat!

Syaiful Anwar/Finance Officer

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch