Guest Post

Mengenal Uang Elektronik (E-Money)

Siapa yang belum pernah mendengar tentang uang elektronik (e-money)? Akhir-akhir ini, penggunaan uang elektronik sudah semakin meluas, misalnya untuk pembayaran tiket kereta Commuter Line, bis TransJakarta, dan pembayaran tol.

Uang elektronik terbagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuknya, yaitu kartu prabayar (pre-paid card) dan e-wallet. Yuk, simak lebih lanjut pembahasan mengenai uang elektronik berikut ini!

Kartu Prabayar (Pre-Paid Card)

Produk semacam ini diterbitkan oleh bank yang sudah memiliki ijin dari Bank Indonesia. Kartu ini tidak dilindungi dengan PIN, sehingga dapat dipindahtangankan. Nominal yang tersimpan di kartu ini tidak dijamin LPS dan memiliki limit sebesar 1 juta rupiah. Ada beberapa bank yang memiliki produk uang elektronik berbentuk kartu, diantaranya yang adalah Flazz dari bank BCA dan e-money dari bank Mandiri.

1. Flazz dari Bank BCA

Flazz BCA

Kartu ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di hampir semua tempat yang memiliki EDC BCA. Kartu ini dijual secara luas, misalnya di halte Transjakarta dengan harga 20 ribu ataupun di kantor cabang bank BCA dengan harga 25 ribu. Selain itu, kartu Flazz BCA dimanfaatkan juga sebagai kartu keanggotaan oleh Alfamart dan Kompas Gramedia.

Dengan menggunakan kartu Flazz BCA, kita bisa menikmati beragam promo dan diskon, misalnya diskon 10% sepanjang tahun di Gramedia untuk buku terbitan Kompas Gramedia, serta promo spesial di waktu tertentu, mulai dari diskon 30% di Gramedia, Rp 1 untuk pembelian minuman di Starbucks, parkir Rp 1 di hari Sabtu-Minggu untuk satu jam pertama, dan sebagainya. Untuk kartu Flazz yang merupakan kartu keanggotaan Alfamart atau Kompas Gramedia, ada diskon dan promosi tambahan yang diberikan.

Dari sisi desain, kartu Flazz BCA memberikan banyak sekali pilihan desain, apalagi BCA memang sering mengeluarkan kartu Flazz dengan edisi khusus. Sementara, dalam hal kemudahan isi ulang, kartu ini dapat di-top up di EDC BCA, ATM Non Tunai BCA, loket Trans Jakarta dan kasir Gramedia. Pengisian ulang tidak dikenakan biaya.

Flazz BCA mendapatkan penghargaan dari Customer Choice 2015 kategori Pre-paid Card dari Majalah SWA.

2. E-money dari Bank Mandiri

e-Money Mandiri

Sama halnya dengan Flazz, kartu ini dapat digunakan untuk pembayaran di beragam merchant. Yang menjadi keunggulan produk ini adalah pembayaran di Gardu Tol Otomatis (GTO). Sejak September 2015, ada pula beberapa kartu prepaid bank lain yang dapat digunakan untuk pembayaran di GTO.

Kartu e-Money dapat diperoleh di kantor cabang bank Mandiri dan halte Transjakarta dengan harga 20 ribu. Selain itu, kartu ini digunakan oleh Indomaret sebagai kartu keanggotaan. Kartu e-money menawarkan pula promo di saat khusus, misalnya saat HUT Bank Mandiri dan event tertentu. Selain itu jug ada promosi tambahan jika memiliki kartu e-Money Indomaret.

Pada awalnya desain kartu ini hanya tiga jenis. Sejak tahun 2014, bank Mandiri membuat lomba desain kartu e-Money. Hal menarik lainnya, Bank Mandiri memiliki ide kreatif membuat gelang e-Money. Di desain berupa gelang ini ada sepuluh pilihan warna dan kata.

Untuk pengisian ulang e-Money ada berbagai macam pilihan. Diantaranya dapat dilakukan di ATM Tunai dan Non Tunai yang memiliki reader e-Money, EDC Bank Mandiri, secara tunai di gardu tol, secara tunai di Indomaret (dikenakan biaya Rp 1.000), dan di Alfamart (gratis). Selain itu, nasabah yang tidak memiliki rekening bank Mandiri dapat memanfaatkan jaringan ATM Bersama untuk pengisian ulang, dengan dikenakan biaya Rp 6.500.

Saat ini, dapat pula dilakukan pengisian ulang dengan aplikasi bernama e-Money Isi Ulang, dengan perangkat Android yang memiliki fitur NFC. Pengisian minimal 100 ribu dan dikenakan biaya Rp 2.500. Sumber dana dari pengisian via aplikasi e-Money Isi Ulang dari kartu debit dan kartu debit bank yang memberikan fasilitas Verified by Visa (VbV) dan Master Secure Code.

Dompet Elektronik (E-wallet)

Selain dalam bentuk kartu, ada pula uang elektronik berbentuk dompet elektronik (e-wallet). Berbeda dengan kartu, layanan e-wallet tidak hanya disediakan oleh bank, melainkan juga oleh operator telekomunikasi.

1. Rekening Ponsel CIMB Niaga

Rekening Ponsel 2Untuk menikmati layanan ini, kita perlu mendatangi kantor cabang atau Digital Lounge CIMB Niaga. Dengan membawa KTP dan mengisi data-data pribadi, maka pembuatan rekening ponsel akan diproses. Selanjutnya, kita harus mengunduh aplikasi Go Mobile dan login dengan no HP yang didaftarkan. Setelah itu, kita akan menerima SMS One Time Password (OTP) dan membuat User ID dan PIN rekening ponsel, serta harus melakukan penyetoran tunai minimal 50 ribu. Login selanjutnya cukup memasukkan User ID dan kode OTP yang dikirimkan via SMS.

Pengisian saldo dapat dilakukan dengan setoran tunai di bank, ATM Setoran Tunai (CDM) dan transfer dari rekening CIMB ataupun bank lain. Selain itu, dapat juga dilakukan di outlet Indomaret dan Alfamart. Batasan saldo maksimal 5 juta rupiah.

Merchant yang bekerja sama cukup banyak, dengan beragam penawaran promo yang menarik mulai diskon ataupun cashback. Untuk program cashback, biasanya dikembalikan dalam waktu 14-21 hari kerja.

Untuk bertransaksi di merchant, kita harus membuat kupon dengan nominal tertentu terlebih dahulu, bisa melalui aplikasi GoMobile ataupun via SMS.

2. Mandiri e-Cash

Mandiri ecash-3Untuk pendaftaran Mandiri e-cash, kita tidak perlu datang ke kantor cabang bank Mandiri, namun cukup melalui aplikasi Mandiri e-cash dari smartphone. Kita dapat mengisi data pribadi dan memasukkan kode SMS yang dikirimkan untuk verifikasi pendaftaran. Namun, limit saldo awal hanya 1 juta rupiah karena berstatus unregistered, namun kita dapat mengubah status menjadi registered dan mengubah limit menjadi 5 juta rupiah, dengan upgrade status via ATM Bank Mandiri.

Untuk pengisian ulang saldo bisa melalui fasilitas e-banking bank Mandiri, transfer dari bank lain serta setoran tunai di agen e-Cash.

Sama halnya dengan produk lainnya, cukup banyak merchant yang menerima Mandiri e-Cash dan beragam promo.

Untuk melakukan pembayaran dengan Mandiri e-Cash, kita cukup dengan memilih menu “Bayar Toko”, memilih nominal pembayaran dan masukkan PIN, selanjutnya menunggu SMS OTP (One Time Password), untuk diinput ke EDC atau kotak OTP untuk situs e-commerce.

Nah, sudah tahu lebih banyak mengenai beragam uang elektronik, kan? Mana yang jadi pilihanmu untuk kepraktisan bertransaksi?


William Giovanni, lebih dikenal dengan nama Gio. Blogger yang senang menulis artikel tentang layanan perbankan dan teknologi. Berawal dari seringnya bank terlambat mengupdate informasi di website, maka ia pun meng-update informasi telebih dahulu di kokogiovanni.com. Colek Gio di Twitter dan Instagram @kokogiovanni

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch