Event Review, Training

Program Untuk Guru Sejahtera

“Saya senang luar biasa bertemu dengan guru-guru saat saya SD. Tapi di saat yang sama, saya juga kuatir bagaimana ya kehidupan para guru ini saat pensiun. Jangan sampai, mau apa-apa, tergantung orang lain. Kasihan, kan.

Saya meyakini bahwa kita perlu melakukan perencanaan dalam menjalani hidup, supaya nggak jadi beban orang lain nanti ke depannya.”

~ Ligwina Hananto

Begitu pembukaan dari Ligwina Hananto, CEO QM Financial. Ia menceritakan pengalamannya berkunjung ke Jogjakarta dan bertemu dengan guru masa kecil. Pas sekali dengan materi training hari itu yaitu Program Untuk Guru Sejahtera.

PHOTO1. Ligwina Hananto dalam program untuk guru.

PHOTO1. Ligwina Hananto dalam program untuk guru.

Sebagai bagian dari komitmen pengembangan professional para staf, Sekolah Cikal secara rutin mengadakan Professional Development Day. Kali ini, pada tanggal 14 September 2015, QM Financial berkesempatan memberikan sesi edukasi mengenai Perencanaan Keuangan Pribadi.

Sesi diawali dengan sambutan singkat oleh Ibu Rani Kartabrata selaku Middle School Principal mewakili Sekolah Cikal, dan kemudian dilanjutkan dengan materi dari CEO QM Financial, Ligwina Hananto.

Hampir di setiap seminar, training atau sesi edukasi tentang keuangan pribadi, pertanyaan yang paling sering muncul adalah seputar

“Bagusnya investasi apa, ya?”

Padahal yang jauh lebih penting adalah “Apa Tujuan Finansial yang kita miliki?”. Tentu saja jika mau berinvestasi, uangnya harus ada dulu.

Untuk itulah pada bagian pertama, sesi edukasi keuangan dibuka dengan pentingnya kondisi keuangan yang sehat. Para guru dan staff di Sekolah Cikal mendapat pembekalan materi yang ringkas dan praktis. Acara juga diselingi dengan games yang difasilitasi oleh tim QM. Ada sesi Permainan Kartu Pengeluaran juga ada sesi Permainan Amplop Uang. Suasana training semakin meriah dan penuh gelak tawa.

PHOTO2. QM Trainer Emi, Risma dan Wulan membimbing sesi interaktif dengan para guru.

PHOTO2. QM Trainer Emi, Risma dan Wulan membimbing sesi interaktif dengan para guru.

Sementara di presentasi bagian kedua, barulah diulas lebih jauh mengenai tujuan finansial dan bagaimana berinvestasi untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Kita boleh bermimpi, tetap perlu sadar dengan ‘kaki menjejak bumi’ untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut jadi kenyataan.

Salah satu rumus yang sering disinggung dalam materi-materi QM Financial adalah:

Tujuan Finansial = Judul + Jumlah Rp + Periode Tahun

Dengan demikian, bermimpi itu perlu dibarengi dengan tindakan dan tenggat waktu. Supaya mimpi benar-benar jadi kenyataan dan bukan sekadar khayalan.

Senada dengan meriahnya sesi edukasi selama kurang lebih tiga jam, seluruh peserta memberikan feedback positif, merasa bahwa sesi ini sangatlah informatif, membuka wawasan serta disampaikan secara ringan dan tidak membosankan.

Setelah lebih memahami tentang perencanaan keuangan pribadi, hasil survey menunjukkan:

  • 80% peserta tergerak untuk mulai berinvestasi,
  • > 50% peserta berkomitmen akan mulai melunasi utang
  • 20% peserta ingin untuk berkonsultasi lebih lanjut, agar dapat melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik

Nah kan! Guru juga bisa sejahtera. Perencanaan keuangan ini penting untuk semua orang. Tinggal bagaimana kita meningkatkan pengetahuan dan melaksanakan praktek keuangan yang sehat.

Sampai jumpa di acara-acara selanjutnya!

 

Emiralda Noviarti / QMPlanner

 


Ingin mengadakan acara serupa di sekolah, komunitas atau perusahaan Anda? Silakan langsung email ke:
info@qmfinancial.com

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch