Articles

#QMInterview: 13 Tahun QM Financial!

Tahun ini, QM Financial menginjak usia ke 13. Yuk, simak interview dengan Ligwina Hananto, CEO dan founder QM Financial.

qm-financial-13th-anniversary-2

 

Q: Tahun ini, bertepatan dengan ulangtahun ke 13, QM memberikan apresiasi terhadap 13 orang Financial Literacy Champion. Ini penghargaan apa, sih? Gimana cara milihnya?

A: Financial Literacy Champion adalah bentuk penghargaan kami kepada individu dan institusi yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran finansial, edukasi keuangan, pemberdayaan ekonomi (economic empowerment) dan capacity building. Kami menyadari bahwa program financial literacy tidak dapat dilaksanakan sendirian, namun memerlukan partisipasi aktif dari individu yang berpengaruh, brand, media, komunitas dan institusi pemerintah. Kami memilih dan menilai berdasarkan program kerja yang telah dilaksanakan untuk publik.

Semoga dengan adanya penghargaan ini, akan membuka akses yang lebih luas pada program financial literacy, sehingga semakin banyak orang yang memiliki wawasan keuangan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Q: Di usia yang baru ini, apa yang baru dari QM Financial?

A: Sejak tahun lalu, kami telah mengubah positioning dari konsultan keuangan menjadi financial literacy provider. Semua jasa yang tersedia sejalan dengan misi untuk meningkatkan wawasan keuangan publik, dengan 3 segmen utama, yaitu: Korporasi, Bisnis/UKM dan Individu/Personal.

Untuk korporasi dan bisnis/UKM, kami menyediakan program training dan content keuangan. Sementara untuk individu, kami menyediakan program konsultasi, seminar dan training. Seluruhnya bersifat custom, yaitu dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap segmen.

Q: Apa pelajaran terpenting selama 13 tahun ini?

Kami belajar bahwa bisnis harus fokus pada misi. Bagi kami, ini berkaitan dengan peningkatan wawasan finansial publik. Artinya, tim yang ada haruslah sejalan. Kami belajar bahwa hanya dengan orang-orang yang memiliki value yang sama, yang dapat turut mendukung bisnis tersebut untuk bergerak maju.

Kemudian secara tahap, bisnis memiliki fase survival, sustainability dan scalability. Untuk melalui ketiganya, butuh proses, waktu dan komitmen yang tinggi.

Q: Apa plan QM 5 tahun ke depan? 

A: Untuk melalui 3 fase tadi (survival, sustainability dan scalability), harus ada business plan yang solid dan memastikan bahwa QM menyediakan solusi untuk masalah yang berkaitan dengan wawasan keuangan. Untuk memastikan misi ini tercapai, QM juga menyiapkan platform digital plan.id untuk membuka akses lebih luas untuk financial literacy. Selain itu, kami juga menyiapkan Quamma Project, program sosial yang membuka akses financial literacy untuk perempuan, guru, buruh migran, ART dan anak-anak.


Hubungi QM Financial untuk program financial literacy di segmen korporasi, bisnis/UKM, maupun untuk keuangan pribadi. WA: 08111500688 / email: info@qmfinancial.com

 

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch