Quick Check-Up ini akan menunjukkan sesehat apakah kondisi arus kas Anda setiap bulan. Kolom Beginner menunjukkan ratio yang sering terjadi pada investor pemula. Kolom Advanced menunjukkan ratio yang sering terjadi pada investor yang lebih berpengalaman.

Dari ratio-ratio tersebut di atas, Anda perlu memperhatikan 2 rasio saja yaitu :

SAVING RATE

Tabungan/Investasi + sisa penghasilan yang dapat diinvestasikanSaving Rate ini berkisar antara 10%-30%. Pada investor dengan ratio keuangann yang sehat, fokus investor ini akan lebih terarah kepada kebiasaan menyisihkan secara rutin dalam jumlah yang cukup besar.

DEBT SERVICE RATIO

Cicilan Utang per bulanRatio ini sangat krusial untuk menunjukkan apakah Anda setiap bulan hanya menerima gaji untuk membayar utang. Pastikan agar ratio ini selalu berada di bawah 30% agar Anda juga tetap dapat menyiapkan investasi, pengeluaran rutin dan menikmati pengeluaran pribadi tanpa pusing dengan utang.

QM Planners dapat membantu Anda membuat Full Comprehensive Financial Plan. Anda dapat memperoleh perhitungan lebih rinci dan berapa investasi yang diperlukan untuk mencapai berbagai TUJUAN FINANSIAL Anda, dengan hubungi Client Relations Officer kami di :

E-mail: info@qmfinancial.com
Telephone: (021) 7395 181
Fax: (021) 7395 158
Information: SMS: 0898 8144 037

TIPS

  • Gunakan ratio-ratio di atas hanya sebagai patokan saja.
  • Konsentarasikan penghasilan Anda setiap bulan untuk menyisihkan secara regular 10%-30% setiap bulannya.
  • Dengan kebiasaan keuangan yang baik, Anda akan dapat menyiapkan masa depan dengan lebih cerah.