Practical Tips

Ramadhan Sebentar Lagi..

Ramadhan sebentar lagi, berpuasa dengan gembira..

Bagi umat muslim, bulan Ramadhan dianalogikan sebagai tamu istimewa. Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Selain persiapan diri lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan tuntunan agama, tentunya juga diperlukan persiapan materi. Bukan untuk memborong aneka macam makanan dan minuman yang nampak begitu lezat di pasar untuk persiapan makan sahur dan balas dendam ketika berbuka puasa, yaa!

Intip yuk, persiapan keuangan apa yang bisa kita lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan, agar kantong nggak jebol :)

  1. Konsisten dengan Pengaturan Anggaran Belanja

Kalau kamu sudah terbiasa membuat anggaran belanja bulanan, maka di bulan Ramadhan ini, lanjutkan secara konsisten. Biasanya, di bulan ini pengeluaran untuk belanja rumah tangga akan bertambah, karenanya rencanakan secara cermat, apakah perlu menekan pengeluaran pos lainnya, atau mempersiapkan dana khusus untuk keperluan Ramadhan.

  1. Belanja Bahan Makanan Dalam Jumlah Besar (misalnya untuk 1 bulan)

Memasuki bulan puasa, biasanya harga bahan makanan cenderung naik. Kenaikan harga ini tentunya berdampak pada pengeluaran bulananmu. Tips menyiasatinya adalah mulai mencicil untuk membeli bumbu dan bahan makanan sebelum puasa. Apabila memungkinkan, beli dalam jumlah banyak (grosir) dan carilah penawaran promosi yang biasanya banyak ditawarkan menjelang Ramadhan.

  1. Siapkan Kebutuhan Dana Khusus Ramadhan

Mulai siapkan dana untuk kebutuhan khusus Ramadhan, yaitu zakat, THR pekerja lingkunganmu (misalnya asisten rumah tangga, supir, office boy kantor, satpam kompleks, dan sebagainya), hingga kebutuhan dana untuk pulang kampung (mudik).

  1. Upayakan Berhemat

Sudah menjadi tradisi, setiap bulan Ramadhan akan banyak undangan buka puasa bersama. Mulai dari keluarga, teman sekolah dan kuliah, teman kantor, dan sebagainya. Bersilaturahmi memang baik, tapi upayakan juga untuk bisa menjaga kondisi keuanganmu. Bisa jadi, tidak perlu semua undangan tersebut dipenuhi, atau cari cara untuk bisa lebih hemat.

Ingatlah kebiasaan baik yang sudah kamu lakukan selama ini agar keuanganmu selalu terjaga sebelum, semasa dan setelah bulan Ramadhan. Jadikanlah puasamu penuh hikmah dan bermakna.

Selamat berpuasa!

Nita Kurniawati / Sales

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch