Articles

Saya, Perempuan Berkarya dan Berdaya!

Di Indonesia, bulan April identik dengan perempuan. Sebagian besar klien QM Financial adalah perempuan. Memang, sumber nafkah kebanyakan masih ada pada laki-laki, tetapi peran perempuan dalam mengelola keuangannya sendiri maupun rumah tangga tidak bisa dianggap sepele.

Oleh karena itu, menurut saya penting menjadi perempuan berkarya dan berdaya.

executive-510491_1920

Saya mengajak Anda untuk berani berubah dan mengatakan pada diri sendiri bahwa:

1. Saya Mandiri

Mandiri artinya bisa berdiri diatas kaki sendiri. Status bisa apa saja: lajang, ibu rumah tangga, freelancer, bekerja; yang penting Anda mandiri. Mampu membayar sendiri biaya hidup, mampu menabung, punya dana darurat yang cukup dan tahu bagaimana mengaksesnya. Mandiri juga artinya bertanggung jawab penuh atas hutang pribadi dan punya rencana untuk melunasinya. Bisa berlibur, punya barang bermerk tanpa menjebol kartu kredit, bisa menyekolahkan anak dan punya langkah-langkah solid untuk mencapai pensiun dengan nyaman, menurut saya juga bentuk kemandirian. Jangan pesimis jika Anda merasa belum mandiri sepenuhnya. Dengan perencanaan keuangan yang baik, Anda pasti mampu mencapainya.

2. Saya Punya Wawasan Finansial Tinggi

Wawasan finansial artinya luas. Namun menurut saya, wawasan finansial tinggi artinya mengerti ilmunya dan tahu cara mengaplikasikannya, setidaknya kepada diri sendiri dan keluarga. Anda memahami asuransi dan tahu bagaimana memilihnya dengan tepat. Anda tidak panik dan mengerti apa yang harus Anda lakukan ketika berita ramai membicarakan fluktuasi IHSG. Anda tidak hanya bengong ketika mendengar istilah reksadana, ORI, sukuk, rasio keuangan dan lain-lain. Anda dapat mengendus investasi bodong dari jauh, dan menghindarinya. Anda paham risiko dan bisa menyeleksinya dengan efektif. Jadi, pelajari terus ilmunya dan jangan berhenti mengaplikasikannya dalam hidup Anda.

3. Saya Berinvestasi

Punya penghasilan, bisa membayar cicilan dan mampu menabung adalah titik awalnya. Selanjutnya adalah berinvestasi. Saya mengerti bahwa kata-kata ini terdengar rumit dan menakutkan karena mungkin orangtua Anda hanya mengajarkan menabung dan membeli emas. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun saya mengajak Anda lebih berdaya dengan melangkah lebih jauh. Mari berinvestasi. Evolusi dunia keuangan menghasilkan beragam pilihan produk investasi untuk Anda gunakan. Investasi yang tepat bukan hanya membantu Anda mencapai kondisi finansial yang baik, namun juga dapat membuat Anda berdaya membantu orang-orang di sekitar Anda. Jadi, ambil langkah segera dan mulailah berinvestasi.

Selamat Hari Kartini buat Anda, perempuan Indonesia yang berkarya dan berdaya!

Yasmeen Danu Irawan, CFP®

 

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch