#QMTraining, CEO BLOG, Practical Tips

Sebelum Pindah Kerja, Perhatikan 5 Non Cash Benefit PENTING ini!

Kerja sebagai karyawan sering dianggap remeh. Kerap muncul berbagai komentar miring seperti ‘bukan kantor sendiri’, ‘masih jadi buruh’, ‘corporate slaves’ dan sebagainya. Padahal sebuah perusahaan tidak mampu beroperasi tanpa karyawan yang handal di bidangnya. Karena itu perusahaan-perusahaan besar sering menyediakan non cash benefit yang sangat bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda seorang karyawan perusahaan besar mungkin Anda sedang melamar bekerja di perusahan lain. Sebelum pindah kerja, perhatikan dahulu 5 non cash benefit penting berikut ini:

 

Fasilitas Kesehatan

Inilah fasilitas yang paling sering dianggap remeh oleh para karyawan! Padahal jika sakit dan harus diopnam atau perlu operasi di Rumah Sakit, siapa yang sanggup bayar sendiri?

Saat ini sudah tersedia BPJS Kesehatan yang sifatnya wajib dimiliki oleh karyawan dan perusahaan wajib membayarkan iurannya. Tetapi beberapa teman HRD perusahaan-perusahaan besar mengakui masih mempertahankan fasilitas kesehatan lain seperti Asuransi Kesehatan dan Metoda Cash Reimbursement.

 

Pinjaman Bersubsidi

Boleh pinjam uang dengan bunga bersubsidi? Siapa yang gak mau?

Benefit non cashFasilitas ini sangat digemari oleh karyawan. Beberapa perusahaan migas memberikan fasilitas pinjaman bersubsidi dengan bunga 0% dan tengat waktu sangat fleksibel. Sementara itu dunia perbankan memberikan fasilitas pinjaman bersubsidi dengan bunga jauh lebih rendah dibandingkan dengan bunga di pasaran.

Biasanya ada syarat khusus jika Anda ingin dapat merasakan fasilitas pinjaman bersubsidi ini. Jumlah tahun periode kerja, tingkat penghasilan serta kebutuhan Anda akan turut mempengaruhi approval fasilitas pinjaman bersubsidi ini.

Fasilitas pinjaman bersubsidi ini  sering digunakan untuk memudahkan karyawan memiliki rumahnya yang pertama. Namun dalam beberapa kasus ada juga yang menggunakan fasilitas ini untuk renovasi rumah atau sebagai modal bisnis. Pastikan Anda tidak melanggar aturan perusahaan tentang fasilitas pinjaman ini.

 

Program Pemilikan Kendaraan

Karyawan adalah representatif sebuah perusahaan. Maka untuk level tertentu, Anda diharuskan ‘tampil’ meyakinkan relasi bisnis. Untuk itu beberapa perusahaan menyediakan program pemilikan kendaraan bermotor.

Alternatif yang sering dilakukan perusahaan di antaranya adalah:

  • membayarkan cicilan kendaraaan bermotor
  • meminjamkan kendaraan bermotor milik perusahaan

Fasilitas ini populer dan sering terlupakan. Biasanya karyawan baru sadar kehilangan fasilitas keren ini saat pindah kerja dan harus ‘mengembalikan mobil perusahaan’. Ups!

 

Fasilitas Dana Pensiun

“Enak jadi PNS dapat pensiun.” Begitu komentar orang jaman dulu. Eh jangan salah, perusahaan-perusahaan swasta juga punya program pensiun lho. Ada program wajib seperti BPJS Ketenagakerjaan (dahulu Jamsostek) dan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).

Banyak program pensiun perusahaan berupa kontribusi antara perusahaan dan karyawan itu sendiri. Sehingga penting sekali karyawan turut serta dalam program seperti ini. Ini artinya “uang gratis” diinvestasikan untuk pensiun kita lho!

Artinya kita perlu lebih sering dengar juga “Enak jadi karyawan dapat pensiun.”!

 

Makan Siang

Anda boleh tertawa tapi ini adalah format non cash benefit yang sangat popular! Mulai dari pabrik manufaktur hingga perusahaan oil & gas multinasional beramai-ramai menerapkan fasilitas ini.

Ternyata fasilitas makan siang cukup disukai oleh karyawan. Karyawan cukup pergi ke kantin perusahaan dan langsung mengambil parasmanan yang sudah tersedia. Ada perusahaan yang menggunakan sistem kartu (makan siang berjatah), ada dengan sistem subsidi, ada juga yang gratis 100% 52 minggu per tahun!

Bayangkan berapa yang Anda bisa hemat jika makan siang tersedia dengan cuma-cuma? Selain berhemat uang, Anda juga cenderung berhemat waktu karena tidak perlu ke luar kantor jauh-jauh untuk makan siang kan?

 

Jika suatu saat Anda berhenti bekerja karena alasan apa pun, maka semua non cash benefit di atas harus Anda tanggung sendiri! Artinya, non cash benefit di atas saat ini sangat membantu meringankan cash flow keuangan keluarga Anda.

5 non cash benefit di atas hanyalah sebagian saja dari seabreg fasilitas lain yang biasanya disediakan perusahaan. Masih ada fasilitas lain seperti: beasiswa pendidikan anak, member fitness dan club, outing alias liburan bersama hingga fasilitas libur di luar peraturan pemerintah. Semuanya dengan niatan agar karyawan betah dan bisa fokus pada pekerjaannya. Fasilitas apa yang Anda nikmati dari perusahaan tempat Anda bekerja? Mungkin suatu hari simulasi Rencana Keuangan juga bisa menjadi fasilitas perusahaan. Financial Plan as HR Initiative! Keren kan!

Hayo! Jangan pindah kerja karena tergiur tawaran gaji tinggi. Perhatikan juga non cash benefit yang selama ini Anda nikmati. Mari manfaatkan penghasilan dan benefit yang sudah Anda terima selama ini dengan sebaik-baiknya.

***

#QMTraining adalah program pelatihan interaktif untuk karyawan di perusahaan. Anda dapat menyusun program bersama konsultan dan pembicara dari QM Financial agar sesuai dengan kebutuhan literasi finansial Anda.

Hubungi kami melalui email: info@qmfinancial.com atau isi formulir pada laman KONTAK.

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch