Guest Post, Review

Selamat Datang Netflix Di Indonesia! Apakah Kita Perlu Berlangganan?

IMG_5425

Heboh betul berita Netflix berseliweran di media sosial!

Apa itu Netflix? Mungkin begitu komentar sebagian orang. Sebagian lagi mungkin sudah tahu. Bahkan sudah pernah mencobanya!

Netflix adalah layanan streaming film dengan sistem berlangganan. Layanan ini menjadi menarik sebagai solusi untuk membeli atau menyewa film asli, menonton film dan serial terjadwal di stasiun televisi lokal maupun internasional. Perbandingan yang lebih baik daripada membeli bajakan atau mengunduh film secara illegal! Demi suatu layanan yang legal dan lebih fleksibel ini (semuanya on demand), pelanggan cukup membayar biaya terjangkau mulai dari Rp109.000 per bulan.

Berbicara masalah biaya, coba yuk kita telaah apa dampak berlangganan Netflix, terhadap kantong kita!

Pertama-tama, mendengar biaya Netflix. Mulai dari Rp109.000 per bulan, memang murah. Harga DVD bajakan sekarang mulai dari Rp7.000, namun biasanya tidak cukup beli 1, bukan? Apakah Anda memiliki Serial TV favorit? Anda mungkin kira-kira mengeluarkan Rp50.000 hingga Rp100.000 per bulan untuk membeli Serial DVD bajakan. Bahkan mungkin lebih dari itu. Jadi, Netflix tampaknya bisa menjadi solusi penghematan yang legal!

Kedua, Netflix itu streaming, artinya membutuhkan internet. Menurut situs resmi Netflix kecepatan minimal yang dibutuhkan adalah 0.5 Mbps, sepertinya cukup terjangkau. Saran saya untuk menikmati Netflix sepenuhnya tanpa gangguan Anda membutuhkan minimal 2Mbps untuk paket yang Standard Definition Rp109.000 per bulan.

Berikut ini contoh dari beberapa provider sebagai pembanding.

Provider Kecepatan Harga per Bulan/          Mulai dari Keterangan lain
FirstMedia Up to 6 Mbps Rp279.000 Dengan Saluran TV
MNC PlayMedia Up to 7 Mbps Rp249.000 Dengan Saluran TV
MyRepublic Up to 50 Mbps Rp259.000 Dengan Saluran TV
IndiHome Up to 2 Mbps Rp125.000 Tanpa TV, hanya Internet
BizNet Up to 10 Mbps Rp300.000 Dengan Saluran TV

Paket-paket di atas tidak bisa asal dinikmati karena tergantung lokasi. Yang namanya fiber optic menggunakan kabel juga, ketersediaan dalam hal jangkauan, masih terbatas. Beruntung bila Anda ada di lokasi yang memang terjangkau jaringan. Tentunya ini hanya terdapat di kota besar dan belum merata ke seluruh Indonesia.

Anda bisa menentukan sendiri saluran TV yang ingin Anda dapatkan atau yang tidak Anda butuhkan. Anda juga bisa menentukan sendiri penggunaan internet cepat ini bukan saja untuk Netflix melainkan juga untuk streaming musik, bekerja, atau bermain game. 2 Mbps itu lebih dari cukup untuk browsing dan chatting saja.

Anda juga bisa menentukan sendiri apakah harga berlangganan Netflix dan internet provider yang ditotalkan menjadi sekitar Rp230.000 hingga Rp400.000 itu tinggi atau tidak. Silakan masukkan juga faktor kenyamanan movie on demand, tanpa harus beranjak ke lapak DVD, termasuk juga nilai etika dan legalitas di mana kita tidak membeli produk bajakan lagi.

Silakan pilih sendiri. Saya hanya menyediakan datanya ;)

Selamat datang Netflix!

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch