#QMBisnis, #QMTraining, Articles, Notes from My Events, Profil, Start A Business!

Semua Bisa Jadi Pengusaha, Simak Kisah Mantan Kuli Bangunan Cetak Milyaran Rupiah!

Pernah mendengar es krim dengan merek Vanessa?

Es krim lezat dengan jenis hard ice cream yang mempunyai berbagai jenis rasa ini berasal dari kota Samarinda. Beberapa cabangnya seperti di Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Berau, Bontang, Makassar, Manado, Batam dan Jakarta Pusat tepatnya di daerah Kemayoran menghasilkan omzet milyaran rupiah per bulan.

Lalu, siapa figur di balik kesuksesan es krim ini?

Namanya Bapak Sanawi, founder sekaligus pemilik es krim Vanessa yang saya temui dalam acara Telkomsel myBusiness Solutions di Samarinda, 8 November 2017.

Mantan Kuli Bangunan Cetak Milyaran Rupiah

related article: Siapa Orang Di Belakang Layar Entrepreneur Yang Sukses?

Awalnya, Pak Sanawi merantau dari Blora ke Jakarta sebagai kuli bangunan. Pekerjaan kuli bangunan tentunya tidak seperti pekerja kantoran yang setiap hari bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan yang tetap. Ada masanya di mana Pak Sanawi tidak bekerja karena sudah selesainya proyek bangunan dan harus menunggu cukup lama untuk bekerja di proyek kembali.

Karena tidak menentunya pendapatan, Pak Sanawi mencoba berjualan es krim keliling untuk mengisi waktu saat menunggu pekerjaan kuli bangunan ada kembali. Saat menjadi pedagang es krim keliling, Pak Sanawi mendapatkan penghasilan yang lebih besar dibandingkan ketika menjadi kuli bangunan. Dari situ, dia mantap untuk banting setir dari pekerjaannya sebagai kuli bangunan menjadi pedagang es krim keliling.

Mengapa memilih berjualan es krim keliling? Alasannya ternyata sederhana, karena es krim disukai semua orang terutama anak-anak dan juga mudah membuatnya.

Setelah menjalankan usaha dagang selama beberapa waktu, Pak Sanawi datang dengan ide pengembangan usahanya dengan cara menjual konsep es krim Vanessa. Konsepnya pun diterima dengan sangat baik terutama di pulau Kalimantan sehingga banyak mitra yang tertarik untuk bekerja sama dan berdirilah beberapa cabang seperti yang disebutkan di atas.

Menurut Pak Sanawi, kunci sukses pengembangan usahanya adalah karena dia memanfaatkan teknologi. Dia menyadari bahwa saat ini teknologi memegang peranan penting apabila seseorang ingin mengembangkan usahanya.  Es krim Vanessa memiliki situs yang dapat diakses siapa saja yang ingin mermitra dengan Pak Sanawi. Dari sana, calon mitra dapat mempelajari cara pemasaran, mendaftar menjadi mitra dan membayarnya hanya melalui internet.

related article: Kamu Punya Bisnis Online? Hati-Hati Dengan 4 Kesalahan Yang Sering Terjadi!

Selain itu, sekalipun ada tantangan dalam mengembangkan usahanya, Pak Sanawi tetap berusaha sambil berdoa dan tetap semangat menghadapinya. Selangkah lebih maju, Pak Sanawi memberikan pelatihan kepada calon mitranya tentang bagaimana cara memasarkan es krim Vanessa. Pak Sanawi juga turun langsung menyeleksi lokasi di mana es krim Vanessa akan dipasarkan. Pembinaan juga diberikan kepada mitranya yang sedang mengalami penurunan omset. Begitulah cara Pak Sanawi merangkul mitranya untuk maju bersama.

Semangat terus Pak Sanawi. Semoga bisnis Bapak bisa terus berkah dan buka lapangan pekerjaan di tanah air!

Mia Damayanti / Sales

Dapatkan potongan 20% untuk konsultasi, buat PLAN, dan review rencana keuangan kamu bersama QM Planner selama periode Desember 2017 – Januari 2018.

Pendaftaran dan info lebih lengkap, silakan hubungi Nita di 08111500688 melalui telepon atau WhatsApp.

SHARE THIS ARTICLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch