#QMPlan, Event Review, Practical Tips

Sudah Siap Pensiun? Ini 3 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Memasuki Masa Pensiun

Banyak orang tidak siap menghadapi masa pensiun. Mulai dari khawaitr bosan atau stres karena tidak ada kesibukan, hingga kekhawatiran mengenai jaminan kesejahteraan hari tua. Tanpa disadari, hal-hal ini bisa mempengaruhi Anda, lho!

Tak perlu takut, banyak orang bisa menjalani masa pensiun dengan bahagia. Mereka menikmati hidup menyenangkan sebagai akhir yang indah dan cemerlang. Tentunya, perlu perencanaan matang untuk mengantisipasi berbagai hal yang tak diinginkan di masa pensiun, terutama dalam aspek keuangan.

Sudah siap pensiun? Ini 3 pertanyaan yang sering ditanyakan ketika memasuki masa pensiun!

directory-1334441_1920

Pertama, Apa Yang Akan Dilakukan Setelah Pensiun?

Nah! Setelah pensiun, tentunya akan ada hal-hal rutin yang hilang dari keseharian seseorang. Mulai dari hilangnya kesibukan dan juga wewenang ketika aktif bekerja, hilangnya penghasilan, seiring juga dengan kondisi kesehatan yang menurun dengan pertambahan usia.

Persiapkan kondisi fisik dan mental Anda. Cobalah untuk selalu berpikiran positif atas apa yang telah Anda capai selama ini. Apabila memungkinkan, diskusikan secara terbuka dengan pasangan, anak atau sahabat dekat Anda. Biasanya, berbagi akan membuat Anda lebih tenang dibandingkan memendam masalah sendirian.

Kedua, Bagaimana Mempersiapkan Masa Pensiun?

Tentukan terlebih dulu kebutuhan Anda saat pensiun. Apakah Anda ingin mempertahankan gaya hidup saat ini setelah masa pensiun nanti? Atau mungkin ada hal-hal yang bisa disesuaikan?

Pastikan Anda memiliki rencana keuangan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda, terutama dana pensiun. Semakin awal Anda mulai menyiapkan hal ini, semakin baik, karena ini artinya uang yang Anda investasikan akan memiliki kesempatan untuk tumbuh lebih banyak.

Persis sebelum memasuki masa pensiun, ada baiknya Anda melakukan evaluasi atas rencana keuangan Anda, untuk mengetahui situasi keuangan. Pertimbangkan mengenai dana pensiun atau uang pesangon yang akan cair dari perusahaan, alternatif pemasukan pengganti di luar gaji Anda (misalnya hasil sewa properti, bisnis atau imbal hasil surat berharga), dan bandingkan dengan kebutuhan Anda di saat pensiun nanti. Termasuk keputusan apakah ada instrumen investasi yang perlu dialihkan untuk kebutuhan pensiun Anda.

Ketiga, Usaha Apa Yang Cocok Untuk Pensiunan?

Untuk Anda yang ingin memulai usaha sendiri atau berbisnis, pertimbangkan beberapa hal. Jika memungkinkan, sesuaikan bidang usaha dengan minat Anda, misalnya mengembangkan hobi yang dulu sempat tertunda karena rutinitas kerja dan sekaligus menghasilkan. Menjalankan usaha semacam ini akan berkontribusi positif pada kondisi fisik dan mental Anda, lho!

Apabila bisnis tersebut memerlukan modal awal, pastikan bahwa jumlahnya tidak terlalu besar. Jangan sampai masa pensiun Anda yang harusnya menyenangkan menjadi terganggu, jika ternyata bisnis Anda tidak berjalan lancar.

Yang juga penting, berbisnis adalah sebuah pilihan, bukan keharusan. Yang pasti, pensiun bukanlah akhir segalanya. Rencanakan masa pensiun Anda, jalani dengan gaya hidup sehat dan kondisi mental yang positif. Temukan kesenangan dan aktivitas baru untuk mengisi waktu Anda. Jangan khawatir, pensiun Anda pun akan menyenangkan!

Nita Kurniawati / Client Relations Officer

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch