#QMPlan, Summary Tweet

Summary QnA #MyPlan2016

Sekarang kita QnA tentang #MyPlan2016 ya! Silakan scroll dulu untuk baca tips-tipsnya, kalau ada pertanyaan dari situ monggo kita bahas!

Senin pertama 2016! Kita mulai dengan QnA #MyPlan2016

Q1. @indahfourty tahun ini saya pengin investasi, kalau punya keinginan jangka pendek dan jangka panjang, sebaiknya gimana ya Teh… #MyPlan2016

A1. Definisi jangka waktu disamain dulu ya. Jangka pendek < 5 tahun biasanya nabung aja. Investasi untuk jangka > 5 tahun. @indahfourty#MyPlan2016

Q2. @ichenanlohy kalo nyicil mobil itu masuk nabung ga ya? kalo uang ditabung smpe seharga mobil takut resiko kepake haha #MyPlan2016

A2. Utang = kita minjem jadi harus dibalikin. Nyicil = bayar utang = bukan nabung :)) @ichenanlohy#MyPlan2016

Q3. @dssydesot kalau tagihan kartu kredit perbulannya senilai 10% dari gaji masih normal ga mba? :D #MyPlan2016

A3. No problem. Ini tagihan doang kan? Yang penting LUNAS! Bukan dicicil. @dssydesot#MyPlan2016

Q4. @waruboy Teh, tahun ini rencana go full freelance. Kira-kira apa aja yang harus disiapkan terkait peralihan ini? #MyPlan2016

A4. Tagihan itu (karyawan atau freelance) tetap harus dibayar. Siapin Dana Darurat ya! Kalau gak punya project bisa makan! @waruboy#MyPlan2016

Q5. @idoeidrus udah 2 tahun jalan 2 RD installment dan kalau diperhatikan setahun terakhir slalu menurun harganya, apa perlu diganti? #myplan2016

A5. Tergantung TUJUAN. Kalau tujuan jangka pendek nabung aja gak apa. Tapi kalau jangka panjang, NAB per unit turun itu perlu beli terus. @idoeidrus#MyPlan2016

A5.a contoh gini. Target Rp400jutaan dalam 17 tahun, bisa tercapai dengan nabung 2jutaan, investasi 200ribuan. @idoeidrus#MyPlan2016

A5.b Kalau investasi distop, gantinya bukan nabung Rp200ribuan tapi NABUNG Rp2JUTAAN! @idoeidrus#MyPlan2016

A5.c NAB peer unit turun mau berhenti investasi boleh aja, asal siap nabung 10x lipat dari yang biasa diinvetasikan:) -END @idoeidrus#MyPlan2016

Q6. @untunk_hp Sudah atur pengeluaran harian, sudah atur % tabungan dan cicilan tiap bulan, tapi masih ga “keliatan” hasilnya. #MyPlan2016

A6. Kemungkinan: gak punya Tujuan, gak nabung di depan dan otomatis alias nunggu sisa. @untunk_hp#MyPlan2016

Q7. @radixhidayat gesek debit ada tipsnya gak? :)) #MyPlan2016

A7. It’s all about budgeting. Untuk DEBIT pisahkan berdasar rekening. A. grocery shopping B. weekly daily exp etc. @radixhidayat#MyPlan2016

Q8. @FitriDarlina Angsuran KPR Rp1,3juta, asuransi Rp500ribu, tapenas Rp300ribu, kos Rp700ribu, kira-kira apa yang bisa dimaksimalkan biar bisa liburan rutin? #MyPlan2016

A8. Itu asuransi dan tabungannya untuk Tujuan apa? Kalau Tujuan Liburan, menyisihkan untuk Liburan harus ada. Good Luck! @FitriDarlina#MyPlan2016

Q9. @dewi46#MyPlan2016 dapat bonus (senilai 1/2 biaya haji plus), 1/2 bonus itu baru akan dipakai tahun depan. Lebih baik disimpan dalam bentuk?

A9. Kalau untuk Umroh 2017, jangka pendek tidak perlu ambil risiko. Masuk Tabungan atau Deposito. Cek mata uang yang dibutuhkan ya. Parkir! @dewi46#MyPlan2016

Q10. @chintiatanjung kalo mau bikin reksadana saham di bank-bank yang bisa minimal Rp100ribu per bulan. Cukup dateng ke bank nya aja gitu? #MyPlan2016

A10 a) Kalau mau beli reksadana, ini ibarat angkotnya. Kamu harus tahu dulu : berangkat dari mana, dan #tujuanloapa ? @chintiatanjung#MyPlan2016

A10 b) Reksadana ini produk dengan informasi yang cukup lengkap + akses mudah untuk publik. Tapi gak lepas dari risiko. @chintiatanjung#MyPlan2016

A10 c) Jadi pastikan kamu ngerti dulu cara kerjanya, paham risikonya, gak bingung kalau minus-minus dan punya TUJUAN! @chintiatanjung#MyPlan2016

A10 d) Kalau ke bank yang dibutuhkan: KTP + NPWP, duit buat minum rekening + setoran investasi. @chintiatanjung#MyPlan2016

A10 e) Tiap bank punya kebijakan sendiri. Ada yang jumlah besar, ada yang jumlah kecil. Good luck! -END. @chintiatanjung#MyPlan2016

And that’s a wrap! Tungguin lagi #MyPlan2016 sepanjang Januari 2016 ini ya! Silakan follow @QM_Financial atau email: info@qmfinancial.com

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch