100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Practical Tips

Waspada Bocor Halus Akibat Bolak Balik Ambil Uang di ATM!

Hayo ngaku!

Berapa kali dalam seminggu kamu bolak-balik ambil uang di ATM?

Mungkin ada yang ambil uang kayak minum obat, 3 kali sehari ke ATM? Setiap hari ke ATM? Seminggu sekali ke ATM?

Ternyata, kebiasaan bolak-balik ambil uang di ATM ini, bisa menimbulkan yang namanya BOCOR HALUS! Ini adalah kondisi di mana kamu nggak merasa boros, tapi kamu merasa kehabisan uang melulu.

Salah satu penyebab bocor halus adalah ketidakmampuan kamu mengelola uang kas. Uang di dalam dompet yang jumlahnya nggak seberapa, selalu habis dengan cepat. Kalau uang sedikit aja nggak bisa kamu urus, gimana mau pegang uang banyak? Nah lho!

Yuk, kita rapikan dulu keuanganmu sehari-hari. Ternyata, cara hidup kita langsung terlihat dari pengeluaran sehari-hari. Coba urutkan dulu, ke mana saja kamu pergi dalam satu hari. Ada pengeluaran apa saja? Contohnya seperti ini.

Cerita Ira

Ira adalah seorang perempuan bekerja berusia 28 tahun. Ira masih tinggal dengan orang tuanya di daerah Cipete, hanya 15-30 menit dari area kerjanya di Jl. Sudirman, Jakarta. Pengeluaran Ira dalam satu hari kurang lebih seperti ini.

NO. PENGELUARAN KATEGORI JUMLAH (Rp) CARA PEMBAYARAN
1. Ojek online Transportasi Rp10.000 Kas
2. Sarapan Makan Rp10.000 Kas
3. Meeting di cafe Lifestyle Rp50.000 Kas
4. Makan siang di mall Lifestyle Rp150.000 Kas
5. Jajan sore-sore Makan Rp20.000 Kas
6. Ngasih tip OB Charity Rp10.000 Kas
7. Ke gym (member tahunan) Lifestyle Kartu Kredit
8. Ke salon Lifestyle Rp250.000 Kas
9. Makan malam di mall Lifestyle Rp200.000 Kartu Kredit
10. Pulang nebeng Kakak Transportasi
11. Beli pulsa dan paket data Komunikasi Rp100.000 Kas

Total pengeluaran kas Ira di atas adalah Rp700.000. Tetapi, ada tiga pengeluaran yang sifatnya bukan harian, yaitu salon, makan malam di mall, beli pulsa dan paket data. Artinya, perkiraan pengeluaran harian Ira adalah Rp250.000.

Karena itu, dari hari Senin sampai Jumat, anggaran mingguan Ira adalah Rp1.250.000. Sedangkan untuk akhir pekan Ira membuat tambahan anggaran Rp500.000, untuk ke salon dan hang out dengan teman-teman.

Jadi, jumlah yang seharusnya Ira siapkan dalam seminggu dan perlu diambil lewat ATM seminggu sekali adalah Rp1.750.000. Tidak lebih tidak kurang.

Selintas seperti soal cerita rumit di jaman kita sekolah dulu, ya? Tapi nggak ribet, kok.

TIPS-nya adalah: siapkan anggaran mingguan yang dapat memenuhi semua pengeluaran standar dan lifestyle kamu. Setelah itu, kamu tinggal mengatur sendiri, kapan kamu bisa makan enak di mall, dan sebaliknya, hari apa kamu harus sedikit hemat untuk makan di warung atau membawa bekal dari rumah. Yang penting, kamu patuh dengan anggaran yang sudah kamu tetapkan sendiri. Uang kas yang kamu ambil lewat ATM selalu sama, dan cukup seminggu sekali saja!

Untuk pengeluaran lain, harus diatur terpisah. Ada pengeluaran bulanan, ada juga pengeluaran mingguan. Baca TIPS No. 2 di sini.

Silakan mencoba TIPS ini! Serba praktis dan yang penting, kamu akan terbantu untuk memiliki kebiasaan keuangan yang sehat. Anti deh namanya bocor halus! Kamu kok, yang pegang kendali keuanganmu sendiri.

Colek saya di twitter dan instagram @mrshananto untuk beri tanggapan tentang TIPS ini ya. Jangan lupa share dengan teman-temanmu!

Ligwina Hananto / @mrshananto / Founder / CEO

Penulis buku “Untuk Indonesia yang Kuat, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin”.

TIPS No. 3 – Ke ATM Seminggu Sekali Saja

Artikel ini adalah salah satu bagian dari kumpulan TIPS 100 Langkah –daftar action yang tertera dalam buku Untuk Indonesia Yang Kuat, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin.

Jangan lewatkan artikel-artikel TIPS 100 Langkah lainnya di sini.

Hubungi QM Financial di 08111500688.

SHARE THIS ARTICLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch