Practical Tips

Kartu Kredit… SIAPA TAKUUUT?

MMMMMM…. If you’re a hard rocker, and a fanatic listener to Financial Clinic, you should know by now that… GUE PALING SEBEL SAMA HUTANG KARTU KREDIT!!!

Sama Kartu Kreditnya sih gue gak sebel, jangan keburu bt ya yang kerja di perusahaan penerbit kartu kredit.. hehehehe… gue termasuk neng boros untuk urusan kartu kredit. Semua aja gue bayar pake kartu, karena pengalaman gue, malah ketahuan belanja & makan di mana aja. Kalau pake cash… lenyap aja ke mana gak tau karena gue sibuk banget dan gak pernah ada waktu untuk duduk tenang menghitung berapa uang di dalam dompet.

Tapi… please deh… do you know that you could be paying 30-40% interest per year? Freaky kan?

SO, LET’S GET FEW THINGS STRAIGHT – some basic rules :

  1. JANGAN BERHUTANG PADA KARTU KREDIT! Kalau mau dipakai, silahkan sampai puas, tapi pada saat DUE, harus LUNAS!
  2. KALAU SUDAH BERHUTANG PADA KARTU KREDIT = LUNASIN!!! Gue lebih bete lagi kalo ketemu orang yang punya hutang kartu kredit, dan berani-berani bilang sama gue kalo dia gak mau bayar hutang kartunya… eerrrgggghh… irresponsible!

SEGERA MELUNASI HUTANG KARTU KREDIT

  1. LUNASIN SEKARANG! Emang paling pahit, tapi kalo sampe harus jual aset, jual deh! Daripada berlarut-larut.
  2. Hindari gali lubang tutup lubang ya! Kalau sampai harus mengambil kredit tambahan untuk melunasi hutang kartu, sebetulnya hidup akan lebih ribet lagi lho. Kredit tambahan ini tidak bisa ditutup sekaligus kalau suatu saat kita punya uang untuk menutupnya, alias semua bunga-bunganya harus dibayarkan.
  3. Stop dulu pemakaiannya. Kalau kartunya dipakai terus, dan hanya dibayar minimum payment setiap bulan, dijamin saldo utang ini gak akan pernah ketemu angka 0.
  4. Cicil dengan pembayaran tetap. Ini cara terakhir. Misalnya saldo utang Rp 10 juta, artinya minimum payment bulan ini adalah = Rp 1 juta. Bayarkan utang kartu kredit ini dengan Rp 1 juta. Bulan depat saldo utang akan menjadi = Rp 10 juta – Rp 1 juta + bunga. Minimum payment yang tertera di tagihan akan turun, bayarkan utang kartu kredit ini tetap dengan Rp 1 juta. Begitu seterusnya sehingga saldo nya akan lebih cepat turun, dan segera mencapai angka : 0!
  5. Setelah saldo kartu jadi 0, boleh kok dipakai lagi. Tapi ingat, jangan tergelincir lagi dengan utang kartu kredit.

Cobain ya?

Finance Should Be Practical!

Ligwina Hananto

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch