Practical Tips

Tips on THR

Hayo… tanggal 25 neeeh… udah pada terima THR?

Banyak orang bertanya, apa sih kegunaan THR? Boleh dipake bayar utang gak? Boleh dipake mudik gak? Boleh dipake apa lagi?

It’s your money, you decide what you want to do with it!

Biasanya, pada waktu mengisi Data Gathering Questionnaire, klien QM harus ‘berterus terang’ tentang penghasilan dan pengeluarannya. Nah penghasilan kita bisa dibagi menjadi penghasilan bulanan atau penghasilan tahunan.

Penghasilan bulanan = harus cukup untuk pengeluaran bulanan.

Penghasilan tahunan = harus cukup untuk pengeluaran tahunan.

THR ini masuk dalam kategori penghasilan tahunan.

Biasanya QM Planners tidak merekomendasikan apa-apa untuk dana THR karena ada 4 penggunaan THR yang harusnya sih habis juga :

1. Biaya Mudik

Jangan ngaku orang Indonesia kalo gak mudik

The Sastrosadarpo and The Sastromidjojo (heheh ketahuan ya Don orang apa ) all live in Jakarta, so 1st day of Lebaran will be celebrated in areas surrounding Jakarta, Rancamaya & Cinere.

The Poerwos and The Hardjakusumahs live in Bandung, all these years 2nd day of Lebaran will be celebrated in Bandung.

This year however, we pay a little visit to Solo – where Don’s ancestors came from as you guessed from his families’ names J the last time we were there, Azra was 4 months old…

2. Biaya Hari Raya

Apa iya gak beli makanan tambahan? Apa iya gak ikutan nyumbang open house di rumah mertua? Apa iya gak mengirim hadiah lebaran untuk keluarga dekat? Apa iya gak beli baju baru? Anak kecil banget emang, tapi apa iya gak beli baju baru? Syukur kalo emang udah gak perlu… tapi kebanyakan orang teteup perlu alokasi dana untuk Hari Raya.

Oiya, ada yang punya kebiasaan ’angpau’ Lebaran? We do… biar kecil dan gak besar, tapi seru banget waktu liat wajah-wajah kecil berseri-seri terima amplop. Termasuk Philea atau Fari yang udah remaja dan cengengesan masih dikasih amplop sama Oom & Tante nya.

This is usually followed by a blast of laughters. Karena setelah gue & Don sibuk bagi-bagi amplop, sepupu-sepupu yang lain juga bagi amplop untuk anak-anak gue. Jadi tukeran aja gitu, pindah kantong kanan ke kantong kiri. Azra & Dena love their ’angpau’ – ofcourse Azra will be busy deciding what to do with the money… tujuan lo apa nak?

3. Dana THR Pegawai

Si Mbak di rumah ada 2 orang + si Abang yang ngurus kebun & cuci mobil punya hak untuk menerima THR, seperti juga kita. Jadi jangan sampai dana THR mereka kelewatan. Juga satpam kompleks, ibu tukang sapu & tukang sampah yang sudah punya giliran setiap Lebaran. Yang gak boleh lupa juga, dana THR untuk Mbak Yah yang ngurus nenek mertua di Cinere, Mas-mas dan Mbak yang jaga rumah Mama di Bandung, juga si Kakang yang ngurus suamiku waktu dia masih kecil… nah itu semua musti kebagian.

4. Zakat, Sedekah, Fidyah

Zakat fitrah jumlahnya gak besar kan… setara nilai beras aja… gak terlalu berasa… fidyah mungkin malah lebih besar, biasanya biar gak ada yang kelewat gue pake angka 10 hari.

Yang suka terlewatkan adalah : Qurban!

Yes, Qurban belum datang sekarang. Masih 1-2 bulan lagi. Tapi kalau kita gak alokasi dana THR sekarang untuk Qurban… jangan sampai pas waktunya berkurban kita kelabakan gak punya uang. Qurban ini jumlahnya lumayan, 1 kambing Rp 650ribu – Rp1,5 juta. Jadi kalau 1 kambing = Rp 1 juta, sekeluarga berempat… bisa Rp 4 juta kan?

There you go!

Dengan dana THR, tergantung jumlahnya, seharusnya memang dana THR itu habis untuk segala keperluan di atas…

THR nya gak cukup? Ya siapin dong… seperti menjawab TUJUAN LO APA? Masukkan juga dana mudik, dana lebaran, dana Qurban ke dalam daftar tujuan finansial. You find the money, we help you manage it!

Finance Should be Practical!

Ligwina Hananto

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch