Personal Views

Menyambut 2009 Dengan Semangat Baru

Selamat Tahun Baru 2009!

Hahahha telat yaaaaa… Udh pertengahan bulan, baru “dong” kalo tahun baru sudah lewat :)  judul blog kali ini jg basi ya? Huahahhahaha….

Tentu saja alasan gw lama gak menulis blog adalah… Gw gak punya pembantu lagi :)  jd ribet sendiri mengurus cucian, piring kotor, sapu pel n makanan anak-anak. I don’t mind really. I actually enjoy living breathing with my children. Kerjaan kantor pun sebagian bisa dikerjakan dari I just cannot be in 2 places at the same time. Bummer :((

Anyway

Tahun 2008 banyak sekali membawa perubahan untuk QM Financial.

Kami sudah pindah kantor. Dari kantor mungil di S Widjojo Jl Jend Sudirman, dengan 2 meeting room. Sekarang 2,5x lebih besar di Menara Prima Mega Kuningan.

Semua pekerjaan planning n review yang kami kerjakan manual, mulai tahun 2009 ini akan lebih ringkas karena proses otomasi menggunakan software. Selama 2008, Teja n gw menghabiskan waktu berjam-jam bersama konsultan IT untuk menyusun “QM FiTs” – QM Financial Information System – program software perencana keuangan yang di-design khusus dengan konsep QM 5 Stages.

Jumlah klien pun meningkat sangat tajam, seiring dengan membaiknya sistem kerja Divisi planning n client relations.

Tapi “gong” yang paling nyaring tahun 2008 adalah ambruknya nilai investasi kita. Hancur lebur? Eits gak dong… Karena kalau kita memiliki Rencana Keuangan yang komprehensif, pasti sudah ada Plan, Review dan Portfolio yang dibuat untuk memastikan kita dapat menyerap risiko pasar. Minus2 dikit gak apa. Jujur sih, gw menghindari Review di bulan Oktober karena gw sebel lihat angkanya merah hehehehe…. (Eits klien ada yang melotot? Ketauan deh kenapa gw gak angkat telpon ya hihihihi)

Baru tadi malam, gw dan suami duduk lagi dengan Teja – QM Planning Director, orang yang bertanggung jawab menyusun Plan keluarga Dondi Hananto.

Tujuan Finansial kami gak berubah banyak dibandingkan tahun lalu. Tapi berubah banyak dibandingkan 2 tahun yang lalu. Plan kali ini lebih realistis. Plan kali ini gak banyak mimpi. Plan kali ini bahkan bisa mencapai semua Tujuan Finansial. Belum tentu tercapai – karena masih membutuhkan pertumbuhan investasi – tapi terkejar semua lho. Rasanya lega bukan main.

Dana Darurat masih belum juga terkejar 12x pengeluarn bulanan :) Biarkan gw mengaku dosa hahahaha :) dengan pengeluaran bulanan keluarga yang membesar terus, Dana Darurat ini gak nyampe2 :) iya beneran! Bukan cuma lo aja yg punya kesulitan mencapai Dana Darurat – gw juga sammaaaa… Tapi paling gak, Dana Darurat gw sudah mencapai 6x pengeluaran bulanan. Harusnya dalam 2tahun ke depan nilainya lebih baik lagi.

Dana Pendidikan. Jangka pendek aman. Jangka menengah masih perlu pertumbuhan investasi dikit lg. Jangka panjang, angkanya bikin “ngok” :) tapi ada nih alokasinya u/ investasi setiap bulan selama 12bulan ke depan.

Dana Pensiun n Dana Kesehatan Pensiun – possible.

Dana Menikahkan Anak-Anak – menggunakan sisa bonus tahunan.

Dana Rumah Baru – masih possible, walaupun jauh aja lhoooo jangka waktunya. Cibubur it is, for now :)

Dana Hajji – revisi supaya lebih cepat tersedia – sebagai akibatnya… Ada yg harus “digugurkan” :)

Dana Liburan – nah jreng nya di sini. Penyakit gw n The Don adalah senang menghamburkan uang untuk jalan-jalan – yang agak jauh pula :$

Jadilah demi memastikan semua tercapai pada waktunya… Dana Liburan harus turun :)  huaaaaa… Iya beneran! We finally agree to it! Setelah bertahun2 Teja nantangin :) akhirnya kami bersedia u/ membatalkan liburan2 jauh untuk 2009. Ya klo ASEAN aja gak jauh yaaaaa?

Jadi, dengan memiliki Rencana Keuanga Komprehensif ini, kami menyambut Tahun Baru 2009 dengan semangat baru. Ada bbrp perhitungan baru u/ Plan keluarga kami. Udah gak sabar untuk memastikan sekian persen dari penghasilan akan ditransfer ke rekening penampungan + diinvestasikan secara regular. Mulai gajian akhir bulan ini :)

Oh by the way, yang di bawah ini tagline gw sejak 2006 di Financial Clinic, 87.6 Hard Rock FM. Jd kalo ada financial planner lain yg pake2 silahkan bantu ketawain rame-rame ya hehehhe… Kayak gak ada kata2 lain aja yaaa :))


Finance should be practical!

Ligwina Hananto

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch