Practical Tips

Tes Diri Sendiri: Konsumtif atau Tidak

Entah kenapa hari ini otak gue rasanya penuh banget.

Mungkin terlalu lama bekerja depan komputer dengan break yang sedikit dan mengerjakan beberapa Plan sekaligus. Jadi akhirnya kepala gue sempet hang di pagi hari.

Atas saran Banny – teman baru gue di Facebook (kesebut nama lo Ban! Hehehehe), gue pun berusaha untuk menulis lagi. Kalau otak penuh, sebaiknya ditumpahkan dulu sedikit supaya ada ruang lagi untuk berpikir. :)

Inspirasi hari ini datang dari pekerjaan gue sebagai narasumber di Cinta – Cerita Wanita, salah satu acara yang perempuan banget di O Channel. Pujaan hatiku, Becky Tumewu adalah pembawa acara Cinta. Gue merasa beruntung sekali kenal dengan seorang Becky. Bukan karena Becky ini terkenal bener – jaman gue SMP kali Becky udah siaran ya? Tapi sesungguhnya seorang teman – itulah Becky Tumewu. Jadi obrolan kami bisa bermacam-macam. Mulai dari anak, uang, karir, sahabat, belanja, liburan dan bisnis sekalian. Semua teman Becky pasti setuju kalau perempuan satu ini selalu penuh dengan energy positif. One of her best features!

Minggu lalu, Cinta membahas tentang perilaku konsumtif yang terus merajalela di antara para perempuan. Tips gue minggu lalu adalah : ayo lakukan tes berikut.

TES DIRI SENDIRI : Konsumtif Atau Tidak?

  • Cari SALE paling heboh di Department Store kotamu, dan coba jalan di tengah-tengah SALE itu.
  • Bisa gak, melewati SALE ini tanpa belanja?

Jawaban gue terhadap Tes itu adalah : gue bisa melenggang dengan tenang tanpa belanja di tengah-tengah SALE. Dengan penuh semangat, Becky juga menjawab kalau ini perkara kecil, Becky sanggup melenggang melewati SALE tanpa belanja.

Hari ini, topik Cinta membahas tentang Impulsive Buying. Tiba-tiba saja, Becky membuat pengakuan dosa, on air!.


“Win, saya harus cerita. Minggu lalu saya bilang kalau saya bisa melewati SALE tanpa tergoda untuk belanja. Ternyata saya salah. Saya baru saja terlena oleh SALE dan akhirnya belanja untuk anak-anak dan keponakan.”

Ternyata, kalau untuk dirinya sendiri, Becky bisa menahan diri. Tapi kalau untuk anak-anak perempuannya yang manis-manis (dan tinggi-tinggi banget ya Beck!), nah urusannya lain lagi. Becky pun tidak belanja satu buah baju, tetapi enam! Wah kena betul nih si Becky.

Setelah siaran selesai, Mbak Ade Mulyani – Senior Producer Cinta pun ikut membuat pengakuan dosa.


“Win, aku juga nyobain lho test yang kamu suruh itu. Dan aku bisa… sampai akhirnya, aku ketemu sama jejeran handuk! Aduh aku kan gila handuk. Jadi aku beli lah handuk itu!”

Di ruang make up, kami semua pun tertawa-tawa. Karena ternyata masing-masing punya kelemahannya sendiri.

Jangan ikut tertawa dulu. Jangan-jangan lo juga punya titik lemah dalam berbelanja. Mumpung lagi banyak SALE nih… silahkan dicoba ya Tes Diri Sendiri seperti di atas.

Masalahnya, kita semua memiliki dorongan untuk bertindak impulsive untuk barang-barang tertentu.

Becky tidak bisa menahan belanja barang-barang untuk anak-anaknya tercinta. Mbak Ade bertekuk lutut kalau berhadapan dengan handuk.

Gue?

Ehem… Gue suka sekali seprai dan sepatu. Pulang siaran di O Channel, gue harus melewati Senayan City lho. Dan gue buktikan lagi kalau gue punya kontrol yang sangat kuat untuk urusan belanja. Debenhams memajang SALE besar-besar untuk barang-barang kesukaan gue. Mulai dari seprai yang lucu-lucu, sepatu keren hingga baju merek kesukaan, semua sedang SALE. Gue berhasil tuh gak belanja. Jagoan kan?

Tapi kalau boleh jujur, ada satu lagi kelemahan gue… dan gagal gue lawan hari ini… kelemahan gue adalah… makanan :)) huehehehhehe…

Dengan tenang Becky berbisik sebelum kami berpisah di depan pintu Senayan City.


“Win, besok tamu gue adalah Personal Trainer gue! Kayaknya gue perlu ya memperkenalkan lo sama dia!”

Huaaaaaa ntar dulu Beck, gue takut ketemu Personal Trainer… seperti banyak orang takut ketemu Financial Planner… Sementara ini, biarkan gue memandangi dulu photo waktu berat badan gue 42 kg ya… mungkin ada rasa ingin berangkat ke gym kalau lihat betapa ‘sehat’nya gue jaman kuliah dulu… (kayaknya sudah waktunya kita aktifkan kembali kampanye : Debt Diet Challenge ya :)) heheheh)


Finance Should be Practical!
Ligwina Hananto

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch