Practical Tips

Weekend Again!

Hellow!
It’s monday morning!
U hate monday? I don’t :)

Karena biasanya di hari senin gw cuti hihihihi *curang* gw punya beberapa kerjaan yg harus dilakukan di hari sabtu. Jd sebagai gantinya, gw boleh bolos senin.

Senin biasanya gw habiskan anter jemput anak-anak sekolah. Lalu grocery shopping. Masak dengan para mbak di rumah. Terakhir mengerjakan beberapa artikel dan Plan/Review di rumah.

Hari ini, Marco Anjasmoro, produser Breakfast Club 90.4 CosmopolitanFM meminta gw agar mau diwawancara. Topiknya : Cash for the Weekend.

Tentu saja doooong… Gw sudah siap dengan jawaban klasik teoritis yg bisa dipraktekkan untuk para Cosmoners.

Penghasilan Bulanan untuk Pengeluaran Bulanan. Jadi…

Marco langsung potong, nanya : Weekend kemaren belanja apa aja?

Sh*t! :)
Ehem… Are u ready for this?

Gw beli cutex, judul warna nya : Blushed Pink. Dena lg kesengsem berat sama cutex. Jd lah kami mulai mengoleksi berbagai warna cutex dan dipakai sebulan sekali.

Gw juga beli eye shadow. Warna nya shades of blue. Ada banyaaak banget kawinan, kebaya gw warna abu-abu. Jadi gw perlu shade kebiru abu-abuan kan? (Mencoba membuktikan belanjaan ini penting)

Terus… Suami gw beli parfum. 1 ditaro di rumah, 1 dibawa-bawa di tas fitness nya. Eits beli 2 dapet gratis 1. Jd belilah dua. Yg satu buat gw :)

Total : 1,8 juta. Itu baru hari Sabtu!

Hari Minggunya, kami pergi nonton dengan anak-anak. 3D movie, jd lebih mahal dari biasanya. Makan siang sebelum nonton, juga disusul makan pancake sore-sore selesai nonton. Tambah lagi beli majalah yang ada muka Barack Obama. Dan terakhir biskuit kesukaan Azra dan Dena.

Total di hari Minggu : 800ribu.

Total jenderal pengeluaran weekend ini : 2,6juta!
Pingsan? Gak sih. Tapi cukup membuat para penyiar Amy Zein dan Bayu Oktara teriak girang :) mereka puas banget deh ngetawain gw karena gw ternyata tidak hemat.

Gw sibuk membela diri :)
Gw bayar blanja blanji itu dengan kartu kredit. Tapi semua gw jamin lunas ya!

Gini cara membaginya…

  1. Set a weekend budget. Sebut deh angka yang lo mampu berapa! 500ribu/weekend? 1juta/weekend?
  2. Set a monthly “shopping” budget. Sebut lagi angkanya mau berapa. 2juta/bln? 5juta/bln?
  3. Pastikan punya uangnya! :p ini yang ribet kan hehehe…

Kalau diperhatikan,  pengeluaran gw di atas gak semuanya masuk kategori “weekend budget”. Belanja besar di hari Sabtu 1,8juta itu masuk dalam “shopping budget”. Jadi sebetulnya weekend budget Rp 1juta cuma habis 800ribu lho. Lalu belanja yg agak besar itu bagaimana? Gw punya shopping account dong! (Liat di sini tentang “shopping account”)

Shopping account ini sudah disiapkan dari awal tahun dan kadang-kadang ditambahkan sebulan sekali. Jadi kalau mau belanja belanji, tinggal mengeruk isi rekening ini sepuasnya tanpa menganggu dana darurat, dana pensiun atau dana pendidikan. Bahkan si Weekend budget pun gak
terganggu lho!

Kuncinya ada di jawaban jujur dari pertanyaan ini :

CAN YOU AFFORD IT?

Nah kalau udah gitu, gak stress lagi ketemu weekend kan? Because we u cannot afford it, you’r at peace with yourself! You don’t spend money you don’t have!

Finance Should be Practical!
Ligwina Hananto

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch