Planner Blog

Pesta Ulang Tahun Anak

Pesta ulang tahun merupakan momen yang paling dinanti oleh anak. Karena mereka bisa berkumpul bersama teman, mendapatkan hadiah, banyak makanan enak  dan melakukan berbagai permainan seru. Karena itu, mereka pasti akan kecewa kalau hari bahagia itu terlewatkan begitu saja.

Pesta ulang tahun yang berkesan, merupakan hadiah indah yang dapat orangtua berikan pada anak. Walau hanya beberapa jam, kenangan pesta yang menyenangkan akan membekas dalam memori anak.

Namun sebelumnya, kita harus melihat kemampuan keuangan kita . Berilah pengertian kepada si kecil bahwa kita tidak bisa memberikan pesta yang terlalu meriah pada saat ulangtahunnya. Jelaskan kepadanya bahwa kita harus menyimpan sebagian uang pesta ini sebagai tabungan untuk biaya saat ia bersekolah nantinya.

Sangat disayangkan jika menghabiskan banyak uang dalam pesta meriah satu hari demi kesenangan dibandingkan menyimpan uang tersebut sebagai biaya tambahan sekolahnya di kemudian hari. Ingatkan  juga kepada anak bahwa terkadang ada saatnya orangtua tidak mampu sama sekali menyelenggarakan pesta yang mengundang banyak pihak. Tentunya perayaan di keluarga inti masih bisa dilakukan.

Untuk mewujudkan pesta ulang tahun yang meriah dan keren, kita harus mempersiapkan dan menciptakan berbagai aktivitas menarik untuk mengisi  acara pesta tersebut.

Ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan sebelum memutuskan akan membuat pesta seperti apa, yaitu :

  • Menyiapkan Anggaran Pesta.Anggaran untuk membuat pesta ulang tahun anak diantaranya: anggaran untuk menyewa lokasi jika diadakan diluar rumah, anggaran untuk dekorasi, anggaran untuk makanan, anggaran untuk kue Ulang Tahun, dan Accidental Budget.
  • Menentukan Lokasi. Tentukan dulu apakah akan mengadakan pesta ulang tahun anak di rumah atau di luar rumah. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Jika memilih di rumah, maka anggaran untuk menyewa lokasi dapat dialokasikan ke bagian lain, tapi dengan konsekuensi  harus membereskan rumah saat acara ulang tahun anak usai. Sedangkan jika menyelenggarakan di luar rumah, harus memesan tempat  satu sampai dua bulan dimuka sebelum acara dilaksanakan. Praktis, namun harus menyiapkan anggaran yang lebih besar.
  • Undangan. Tentukan siapa saja yang akan diundang, biasanya sih hanya teman-teman dekat orangtua, saudara dan teman-teman. Siapkan kartu undangan dengan mendesain, mencetak lalu mengedarkannya sendiri. Ada juga pilihan untuk membeli kartu undangan yang sudah tersedia. Namun  jika kita ingin lebih praktis dan murah meriah kita bisa menyebarkannya via SMS atau BBM. Kirimlah undangan satu atau dua minggu sebelum acara ulang tahun anak berlangsung, agar para tamu undangan bisa mengagendakan acara kita.
  • Persiapan. Lakukan persiapan ulang tahun anak semaksimal mungkin beberapa hari sebelum acara berlangsung seperti memesan kue ulang tahun, membeli makanan ataukue untuk dimakan selama acara berlangsung, membeli pernak-pernik dekorasi (pita, balon, foto si kecil), membeli goodie bag. Tentukan pula permainan apa yang akan kita berikan kepada para tamu undangan beserta dengan hadiahnya. Yang tidak kalah penting, menjaga kesehatan agar saat hari H anak dalam keadaan sehat.
  • Abadikan Momen si Kecil. Ini yang paling penting dan  jangan sampai lupa, kita harus mengabadikan momen bersejarah ini dengan kamera atau handycam. Kita harus mempunyai  foto hari bahagia ini  bersama si kecil dan bersama para tamu undangan, agar acara tersebut terasa lebih berkesan.

Dengan persiapan seperti ini, semoga acara ulangtahun si kecil dapat terlaksana dengan matang, meriah dan berkesan baginya.

Selamat merencanakan ulang tahun anak ya :)

Nita | CRO

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch