Planner Blog

Saham bagi Pemula (bagian 3)

Memilih perusahaan atau emiten sebenarnya bisa kita lihat dari bagaimana prospeknya ke depan dengan industri perusahaan tersebut serta kondisi makro ekonomi negara kita.

Saat ini Indonesia adalah negara berkembang yang menjadi tempat “larinya” uang para investor asing dari Eropa dan Amerika Serikat. Indonesia bahkan diprediksikan menjadi negara dengan output ekonomi terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Dengan data ini, kita bisa melihat bahwa Indonesia memiliki prospek yang cerah ke depannya.

Capital flow in tidak hanya di pasar modal atau pasar keuangan saja. Investasi riil juga mengalami kenaikan pesat pada Penerimaan Modal Asing (PMA). Dana investasi digunakan untuk program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I) yang sudah banyak groundbreaking. Dan masih banyak proyek yang akan dilaksanakan kedepannya. Karena MP3I cakupan wilayahnya adalah seluruh Indonesia, maka akan ada banyak pembangunan infrastruktur meliputi jalan raya, jalan tol, pelabuhan, bandara, rel kereta api, jembatan, pembangkit listrik, dan lainnya.

Dengan hadirnya  investor asing berinvestasi di pasar modal Indonesia, hal ini  membuat harga saham pun berpeluang naik untuk ke depannya. Dan kita sebagai warga negara Indonesia seharusnya ikut andil dan turut serta meraup keuntungan di kondisi seperti ini.

Dibawah ini adalah grafik pergerakan Indeks MSCI (Indonesia, Dunia dan Emerging Market) dan Emas untuk jangka waktu 20 tahun dengan investasi awal $100.

Sumber : Twit dari @hotradero

 

Dari grafik tersebut, bisa dilihat kalau pergerakan indeks MSCI Indonesia meninggalkan jauh Indeks MSCI dunia, Emerging Market dan Emas. Ini adalah fakta bahwa betapa impresif-nya pasar modal kita. Maka  tidak heran kalau investor asing berinvestasi di Indonesia.

Beberapa industri emiten yang ikut bekontribusi dalam proyek MP3I.

  • Semen. Industri ini akan meningkat seiringnya banyak proyek yang di bangun. Karena hampir semua infrastruktur membutuhkan semen untuk pembangunannya.
  • Alat Berat. Ini adalah industri yang pasti dibutuhkan dalam pembangunan.
  • Kabel. Untuk memperkuat infrastruktur dalam listrik, kabel adalah komponen penting.
  • Kontraktor. Tanpa adanya kontraktor maka proyek tidak akan jalan. Untuk MP3I kontraktor yang digunakan adalah kontraktor BUMN.

Pengecekan terhadap laporan keuangan emiten yang termasuk dalam industri di atas bisa di lihat  di Bursa Efek Indonesia, Bloomberg dan Yahoo Finance. Saat ini sangat mudah untuk mendapatkan data dan berita perihal perkembangan emiten, perkembangan industri ataupun ekonomi. Saat ini banyak sekali forum yang mendiskusikan mengenai saham dan Anda pun dapat mengikutinya untuk belajar dan berdiskusi.

Saya sarankan untuk menyiapkan dana tersendiri  belajar investasi di saham ini.  Jangan menyabotase investasi rutin seperti Dana Pensiun, Dana Pendidikan Anak, dan lainnya.

Goodluck!

Gugi |Sales| @gugiabdel

TOPICS


Satu tanggapan untuk “Saham bagi Pemula (bagian 3)”

  1. India diperkirakan akan menggeser posisi cina dalam hal pertumbuhan ekonomi di Asia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch