Planner Blog, PLANNERS BLOG

Cermat Belanja tanpa Menyesal

6228-000619

*picture from gettyimages

Selamat Datang 2013 ….

Yang ada di pikiran saya adalah model apa lagi ya yang keluar di 2013 ini, dari pakaian, sepatu, aksesoris, tas, dan lainnya.  Hmmm …. gelap mata!

Wanita mana sih yang gak suka belanja ??

Dan wanita mana yang gak kalap belanja, begitu sampe rumah akhirnya barang yang udah dibeli jadi sampah dan gak bermanfaat. Aduuhh …. pasti yang ada jadi buang-buang duit, yang seharusnya bisa diinvestasikan untuk kebutuhan darurat dan kebutuhan lainnya.

Mungkin sering kali saya melakukan hal buruk tersebut, biasanya selalu tergiur dengan yang namanya online shopping. Biasanya kelihatan bagus di dalam foto kemudian tertarik membeli. Saat tiba di rumah ternyata tidak sesuai dengan keinginan. Dimulai dari bahan yang tidak cocok dan ukuran yang tidak pas. Menyesal? Iya namun bukannya jadi pelajaran, malahan saya mengulang kejadian tersebut.

Nah di 2013 ini saya tidak mau kejadian buruk itu terjadi lagi! Saya akan mengubah kebiasaan buruk berbelanja yang tidak bermanfaat, serta pintar memilih belanjaan mana yang sesuai kebutuhan dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama pastinya.  Apalagi di 2013 ini saya punya tujuan hidup yang wajib direalisasikan. Jadi mulai saat ini saya akan mengurangi belanja yang tidak penting dan investasi harus tetap berjalan dengan baik.

Tips untuk belanja hemat dan pintar agar tak tertipu sehingga investasi tetap berjalan  lancar :

–          Buat list barang belanjaan rutin untuk setiap bulannya sesuai kebutuhan dengan budget yang sudah disiapkan untuk menghindari membeli barang yang tidak diperlukan.

–          Berbelanjalah di pusat perbelanjaan atau pusat grosir karena harga jauh lebih murah dibandingkan membeli di mal besar. Cocok sekali bagi konsumen yang membeli barang untuk dijual kembali.

–          Agar tidak kecewa membeli secara online, pastikan toko yang dikunjungi memiliki riwayat yang baik untuk kualitas barang serta terpercaya.

–          Mintalah informasi lengkap tentang bahan, ukuran, serta garansi bila ada cacat produk.

–          Jika pembayaran menggunakan kartu kredit pastikan dilunasi penuh tepat waktu.

–          Membeli barang dengan jumlah besar akan menguntungkan karena lebih murah. Hal ini tentunya dapat dilakukan jika cash flow memungkinkan.

–          Apabila tergoda dengan barang belanjaan ingatlah “spend less= save more”, semakin banyak yang ditabung, semakin cepat tujuan keuangan tercapai.

–          Lakukan pencarian via internet atau majalah untuk tempat belanja yang memberikan harga yang paling murah dan sering promosi. Dengan demikian, Anda mendapatkan barang yang ingin dibeli dengan harga murah dan terjangkau.

Selamat berbelanja tanpa sedikit pun menganggu investasi Anda :)

Widi | CRO | @weedy1390

 

*related article “Godaan Gadget Impian

TOPICS


Satu tanggapan untuk “Cermat Belanja tanpa Menyesal”

  1. […] *artikel terkait bisa dibaca di sini […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch