PLANNERS BLOG, Sugianto A. Boediman

Kesenangan Memasak

picture from @mrshananto

picture from @mrshananto

Kecintaan pada memasak, lebih tepatnya senang untuk memasak bagi saya terjadi saat masa kecil. Pernah ingat saat Sekolah Dasar dulu ada praktikum Tata Boga? Disitulah saya mulai menyenangi kegiatan memasak.

Beberapa tahun belakangan ini, mulai banyak acara TV yang menayangkan program memasak, salah satunya Junior Masterchef. Hal ini mengakibatkan keingintahuan kita mengenai teknik dan cara memasak yang benar. Walaupun saya sendiri belum berkeinginan untuk mengambil kursus memasak sampai saat ini.

Menurut saya, memasak dengan menumis merupakan yang paling mudah. Bahan utamanya: bawang putih, bawang merah, minyak sayur, garam, lada. Jika ingin sedikit harum bisa ditambahkan irisan jahe. Selanjutnya untuk bahan-bahan yang mau dimasak cukup mudah didapatkan seperti sayur hijau, daging ayam, daging sapi dan lain sebagainya. Secara value of money pun cukup terjangkau. Perlu diperhatikan jika ingin minyak yang sehat bisa diganti ke minyak zaitun berjenis light olive oil.

Cara memasak dengan teknik yang lebih rumit biasanya membutuhkan beberapa peralatan, misalnya: oven baik gas maupun listrik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan seberapa seringĀ  menggunakan alat tersebut sebelum membelinya. Secara perawatan, oven dengan menggunakan gas cukup mudah perawatannya sedangkan listrik diperlukan perhatian ekstra, mengingat bahan yang digunakan sedikit berbeda.

Ada klien QM yang kebetulan saya tangani untuk perencanaan keuangannya, mengikuti kursus memasak dengan biaya sebesar Rp2juta per bulannya. Perlu diperhatikan bahwa pengeluaran ini termasuk kategori Biaya Pengeluaran Pribadi yang sama dengan pengeluaran seperti: perawatan diri, pulsa ponsel, makan di luar (fine dining), TV berlangganan, keanggotaan pusat kebugaran dan lain sebagainya.

Jadi apabila ingin menjadi terampil dalam hal memasak dan memerlukan kursus ini, perlu diperhatikan besaran pendapatan Anda. Karena selain kecintaan atau hobi terpenuhi, perlu juga menabung atau investasi sebesar minimum 10% dari pendapatan Anda setiap bulannya, supaya apabila ada kesempatan untuk memulai bisnis dari hobi memasak iniĀ  suatu saat dapat terwujud.

Selamat mendalami kesenangan memasak!

Sugianto Ali Boediman, CFP|Planner|@sugiantoab

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch