#finclic, CEO BLOG

Summary tweet #FinClic 4 Februari 2013

Berikut ini merupakan summary tweet #FinClic 4 Februari 2013

Macet sekali perjalanan gw… Ihiks 2 jam di jalan gak cukup ternyata. Mending #FinClic aja deh yuk!

Sesi 1 #FinClic mau bahas sedikit tentang “Spekulasi”. Saat investasi ini sering dilakukan. Apa sih sebetulnya?

To speculate about future prices ~ berandai-andai. Semua investasi tentu harapkan kenaikan di masa depan. Bedanya apa dengan Spekulasi? #FinClic

Setiap transaksi dengan “Spekulasi” akan ada risiko lebih tinggi. Ada yang mau kasih contoh? #FinClic

Contoh spekulasi. Skema transaksi gadai Emas. Asumsi yang dipakai emas naik 30%. Kalau naik hanya 15% program merugi #FinClic

Contoh spekulasi. Beli saham gorengan karena katanya bisa naik 3x hari ini :) #FinClic RT @tioooooo: Saham gorengan bu :p

Contoh spekulasi. Dulu ada teman tawarkan uang kertas Iraq :) katanya setelah perang selesai akan naik. Ke mana ya dia sekarang? #FinClic

Spekulasi gak selalu berarti jelek. Semua investasi berharap nilai lebih. Tapi yang bahaya, “spekulasi” lalu gak perhitungkan risiko  #FinClic

Gak ada tujuannya? Jadi spekulasi dong. Deposito aja #FinClic RT@putrimeryf: 50juta mending taro diinstrumen apa ya? RDPT kah?

Nah itu :) bahaya banget, udah gak jelas, spekulasi harga akan naik RT@chafirossi: wkwk teman saya rugi jutaan beli dinar irak :p

1 lagi yang masuk spekulasi : index trading. Ada yang ikut begini tapi dengan cara tebak angka. Hasilnya: dihabisi tak bersisa #FinClic

Reksadana bisa dipake Spekulasi juga. Gw dulu becandaannya “Judi Reksadana”. Ini yang keluar masuk tiap 2 hari kalau NAB/unit berubah :) #FinClic

Menghindari diri dari spekulasi dan risiko yang berlebihan, Investasi itu perlu tau Risiko, Tujuan dan Hasil. Biar gak kepeleset :p #FinClic

Semua yang kepeleset spekulasi karena “ingin cepat kaya” atau “ingin return segera”. Kalau memang siap dengan risikonya ayo aja. Tapi banyak yang kaget #FinClic

Segitu dulu sesi pertamanya #FinClic yah! Jangan ambil risiko berlebih kalau kita memang baru investor pemula. Konsentrasi ke Tujuannya!

Lunch break! Kita lanjut #FinClic sesi 2 yuk! Gw mau ceritakan hasil ngobrol dengan para buruh pabrik hari ini!

Ketemu dengan buruh, penghasilan tetapnya rendah di bawah 2jutaan. Pengeluarannya? Semua bilang gak cukup #FinClic

Tahun lalu gw pernah juga bikin sesi untuk buruh. Yang menyenangkan, semua bersemangat : ingin beli rumah lho #FinClic

Problem di kaum buruh yang gw temui: cicilan utang dan gaya hidup. Biasa ya? Lebih tertarik cicilan daripada nabung. Semua pegang handphone #FinClic

Temuan baru. Di kelompok buruh ini, ada satu problem khusus : jajan anak. “Kenapa anaknya jajan?” / “Nanti nangis” / “Lho?”  #FinClic

Anak buruh pabrik jajannya berapa? Rp10.000/hari, 5hari/minggu. Pas gw bilang anak gw gak segitu, mereka gak percaya atau anggap gw galak #FinClic

#FinClic RT  @baiqunicov: @mrshananto ada buruh pabrik, tp berani kredit motor tiger. mnrt gw lbh baik duitnya ditabung buat beli emas, beli motor yg biasa aja

Tapi punya motor itu simbol hidup lebih baik buat para buruh. Gak bisa langsung di-convert beli emas :) @baiqunicov #FinClic

#FinClic RT @davit_pake_t: mbak coba survey ke kawasan industri di bekasi/karawang disana lebih gila lagi, angsuran motor bisa 1juta/bulan

Jadi sama aja. Gaji 2juta, gaji 10juta, gaji 20juta dan seterusnya, selalu merasa gak cukup. Nuntut lebih boleh, gak boleh lupa tanggung jawab #FinClic

Tahun lalu ketemu bahas tentang THR dan teori arus kas, pas sebelum Lebaran, kebablasan ya :) tahun ini kasih tip lebih praktis dengan roleplay #FinClic

Di Roleplay ini mereka kami ajak menabung, urus pengeluaran rumah tangga, cicilan barang konsumtif dan beramal. Seru lihat diskusinya #FinClic

#FinClic RT @dianrofiq: @mrshananto karena rata-rata buruh tinggal di daerah padat pnduduk.tiap jam ada saja tukang jualan yang lewat. Dan sudah dibiasakan jajan dari bayi

Parenting! RT @sittakarina: Ga hanya buruh pabrik, tapi asisten rumah tangga yang anaknya baru 4 tahun. Alasannya sama kalau ga dikasih, nangis

#FinClic RT @Retnosaroso: @mrshananto sama mba,si bibi yang suka bantuin di rumah,bisa ngeluarin 10 ribu sehari buat jajan cucu-cucunya. Padahal sehari dia cuma dapat sekitar 20ribuan

Dor! :) RT @YUSRIP@baiqunicov @mrshananto kita hidup dalam budaya pamer kali

Stop dulu #FinClic nya. Gw mau buka Sesi2 Seminar untuk buruh ini. Ajak mereka tertarik nabung bukan cuma cicilan doang

Di pabrik yang ini semua gaji ditransfer ke rekening bank :) RT@feb_ryan24: berapa banyak dari mereka yang mengenal perbankan?

Seru! Tadi ada buruh yang di roleplay bilang : “gak mau ngutang. Di hidup asli juga saya gak ngutang sana sini kok!” Teman-temannya sorak sorai #FinClic

Khusus untuk buruh berpenghasilan 2jutaan/bulan (belum termasuk lembur), mereka bisa nabung atau cicil gadai emas. Daripada gak jadi apa-apa :) #FinClic

 

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch