#finclic, CEO BLOG

Summary tweet #FinClic 17 Juni 2013

Berikut merupakan summary tweet #FinClic Senin, 17 Juni 2013 tentang Kemandirian Finansial

Hari Senin! Udah beberapa minggu ini susah banget mau #FinClic :) urusan kerjaan lah, anak lah atau koneksi internetnya heu3. Mudah-mudahan lancar

Mau bahas tentang menjadi independen. Ini kondisi yang penting untuk kita siapkan. Terutama untuk perempuan ya #FinClic

Independen bukan berarti gak butuh orang lain. Independen itu memastikan kita jadi orang yang kuat gak menggantungkan diri sama orang lain #FinClic

Gw pernah dikasih kaos sama Mas @Saptuari : Tangan di atas, lebih baik daripada tangan di bawah, di samping atau di belakang #FinClic

Banyak perempuan, karena budaya dan agama, mengkondisikan dirinya “ah ada orang lain yang akan bantu hidup gue”. Lalu meremehkan potensi diri #FinClic

Gw sendiri merasakan itu kok. Gw dibesarkan di keluarga yang laki-lakinya sangat bertanggung jawab. Bokap, adik, suami semua sangat “jagain” #FinClic

Sehingga waktu mulai bikin bisnis, gw nyantei banget. Untung sih. Tapi ya kitu weee… gak berkembang banyak. Kan ada suami :p #FinClic

Dari konsultan bisnis bernama Mbak Mutia, gue belajar BE+ DO=HAVE. Konsentrasi kita sering di HAVE, lalu cari DO. Tapi BE-nya lupa #FinClic

Selama BE-nya masih “gue kan istrinya Dondi”, maka bisnis gue gak berkembang banyak. Harus BE yang berpikir “gue CEO bisnis ini!” #FinClic

Setelah BE itu berubah, tanggung jawab gue pada perkembangan usaha jadi 100%. Urusan suami gue menghidupi gw, urusan usaha lain lagi #FinClic

Setelah itu, peran gue pun berubah. Gue bisa mewujudkan lebih banyak mimpi org lain. Bukan hanya mimpi gue sendiri. Itu baru awal #FinClic

Mari, terutama yang perempuan ya, apakah kita sudah bisa bilang kalo kita independen. Dengan posisi ‘tangan di atas’. Gak bergantung lagi #FinClic

Sejak itu, bisnis gue bukan excul lagi. Ini bisnis beneran. Ada karyawan yang harus maju hidupnya, bukan cuma macul doang #FinClic

Tentang independen ini penting banget. Kasus ekstrim yang gue liat adalah soal Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Perempuan yang digebukin, itu uangnya diisolasi #FinClic

Perempuan yang digebukin, uangnya diisolasi. Mereka sering gak berdaya tinggalin suami, karena ketakutan gak punya uang untuk makan anak-anaknya #FinClic

Jadi independen gak lepas dari peran laki-laki yang berjasa buat gue. Bokap yang udah sekolahin, adik yang selalu jagain, suami yang kasih ruang #FinClic

Lo bergantung sama siapa? Bokap? Suami? Sodara? Gak apa kok. Tapi mau sampai kapan? Bisa turun gak ketergantungannya? Berapa %? #FinClic

Kalau pun masih ada ketergantungan sama orang lain, gak 100% independen, ya gak apa. Tapi bagian mana yang lo ‘bebas’? Beli pulsa aja minta? #FinClic

Gue punya teman yang pasangannya kaya raya. Beneran kaya. Mau minta apa juga bisa deh. Tapi teman gue ini tetap punya ‘pundi’ nya sendiri #FinClic

Menurut dia, itu penting supaya dia gak terlena. Kaget deh. Mau beli tas Hermes tiap bulan juga bisa. Tapi dia bikin bisnis kecil sendiri #FinClic

Dengan punya bisnis kecil sendiri, dia bisa apresiasi uang. Karena tau menghasilkan sekian juta itu harus ada usaha. Padahal mau minta juga bisa :) #FinClic

Kalau lo ibu rumah tangga dan memang gak berminat bisnis kecil sendiri, lo tetap bisa menuju independen. Cek Dana Darurat yah! Itu harus dipegang sendiri #FinClic

Untuk perempuan, terutama ibu rumah tangga yang gak bekerja sama sekali, harus punya akses Dana Darurat-nya sendiri. Supaya bisa independen #FinClic

Kalau kita gak independen, begitu ada apa-apa sama orang tempat kita bergantung, hidup kita 180derajat berubah. Apa pegangan selanjutnya? #FinClic

Yuk periksa, pengeluaran kita setiap bulan apa aja. Mana yang masih bergantung sama orang lain. Kalau hilang, hidup kita gimana? #FinClic

Kalau tadi bahas kitanya independen apa gak…. gimana dengan orang lain yang bergantung sama kita? Mau sampe kapan ‘menjajah’ begitu? :p #FinClic

Suami memberikan nafkah pada istri. Emang udah kewajiban. Tapi pernah bahas gak, gimana bikin istri independen? Apa takut? :) #FinClic

Kalau kita jadi orang tua, pernah mikirin gak gimana supaya anak kita gak selama-lamanya bergantung sama kita? Belajar tentang uang #FinClic

Lo punya bisnis? Apakah sudah membuat karyawan ‘independen’? Apa mau mereka ‘terkurung’ terus? ;) Pensiun mereka gimana? #FinClic

Pemilik bisnis juga banyak lho yang gak independen. Karena dia bergantung 100% pada bisnisnya. Bisnis mati, hidupnya selesai. Kasian #FinClic

Yuk siapin diri dulu supaya gak harus bergantung terlalu banyak sama pihak lain. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan #FinClic

1) Periksa cashflow. Berapa pengeluaran basic yang kita butuhkan untuk hidup ? Dari mana penghasilan untuk pengeluaran ini ? #FinClic

2) Punya “sumber lain”. Kalau bergantung pada gaji suami / gaji sebagai karyawan / dari bisnis saja, harus siapkan ASET AKTIF #FinClic

2) a. Jadi kalau ada apa-apa dengan suami/ kantor / bisnis, kita punya ASET AKTIF yang bisa bantu. Gak 100% bergantung pada 1 sumber penghasilan. #FinClic

3) Dana Darurat. Coba mulai dibuat supaya masing-masing punya akses sendiri ya. Suami punya akses, istri juga. Supaya kalau emergency gak bergantung #FinClic

Take your time :) It’s important to be independent. But you don’t have to cut ties to be independent :) Just ask yourself about it #FinClic

Banyak yang tanya ASET AKTIF itu apa? Ada 3 : Bisnis, Properti, Surat Berharga. Tugas ketiganya : nyetak duit. Jadi kita dapat penghasilan #FinClic

Cobain ini ya : 1) Ngerti berapa dan siapa/apa yang biayai hidup kita 2) Punya ASET AKTIF 3) Punya Dana Darurat. Kalau mau independen #FinClic

3 poin tadi bisa dikerjakan siapa aja. Ibu rumah tangga, anak yang baru lulus, karyawan dan pemilik bisnis. Pelan-pelan tapi mantep :) #FinClic

Melintir timeline gue :) thanks for the mighty supports with your lots of RTs :) Magrib dulu yah! Enjoy #FinClic, silakan scroll!

Summary #FinClic ada di qmfinancial(dot)com, silakan mampir dan baca-baca di sana ya. Kalau butuh jasa perencanaan keuangan, yuk ngobrol dengan @QM_Sales

Btw lagi ada #FinClicSeries : Seminar berseri Juni-November. Cekicek dg @QM_Financial ! Yg pertama Kamis ini kelas sudah penuh! Cakep :*

Masih bisa daftar untuk #FinClicSeries Juli-Agustus-September-Oktober-November. Daftarnya ke : event(@)qmfinancial(.)com. Rp250ribu/orang/kelas

Banjir peminat terutama untuk kelas khusus #FinClicSeries Reksadana di bulan September. Lagi diupayakan ada 2 kelas ya. Silakan daftar dulu

Okey sekian dulu… harus kembali ke dunia nyata :)) Terima kasih banyak sudah menyimak #FinClic :)

*artikel terkait bisa dibaca di sini

 

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch