Liputan

Anggaran pada bulan Ramadhan

anggaran

 

Bulan Ramadhan adalah bulan seribu berkah, juga merupakan momen yang setahun sekali dinanti oleh semua umat muslim di dunia. Semua orang yang berpuasa akan menyempatkan berbuka puasa di rumah bersama dengan keluarga, makanan juga berbeda dari biasanya seperti kolak, es buah, dan kurma.

Pada bulan ini ada sedikit perbedaan tentang kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dimana kita berpuasa di siang hari selama 1 bulan penuh dan bangun saat subuh untuk sahur. Tentu juga ada perbedaan untuk hal pengeluaran terutama anggaran makan selama Ramadhan.

Apabila pada bulan lainnya kita makan tiga kali sehari maka di bulan Ramadhan ini cukup makan dua kali  dalam sehari yaitu pada saat berbuka dan pada saat sahur. Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengatur pola makan yang tadinya berlebihan menjadi lebih teratur.

Dengan mengatur pola makan saat sahur dan berbuka puasa maka kita juga bisa mengatur pengeluaran keuangan keluarga serta mendapatkan gizi yang dibutuhkan.

Seharusnya hal ini dapat sedikit menghemat pengeluaran sehari-hari namun pada kenyataannya banyak orang yang bilang justru pada bulan puasa anggaran bertambah dua kali lipat karena harus membeli beberapa makanan kecil untuk berbuka.

Berikut tips untuk Anggaran pada bulan Ramadhan:

  • Buat daftar menu sahur dan berbuka selama satu bulan penuh. Ada baiknya memasak makanan yang dapat dimakan dua kali. Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan menu. Lebih baik lagi ketika berbuka puasa diawali dengan memakan makanan yang dibuat sendiri tanpa harus membeli. Berbuka puasa dengan buah-buahan malah lebih baik lagi karena menjaga kondisi tubuh tetap sehat selama berpuasa.
  • Need VS Want. Hindari pengeluaran yang kurang penting. Late nite sale memang menggoda namun salah satu makna berpuasa juga menahan diri dari sifat konsumtif. Pintar-pintar membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, karena kalau keinginan diikuti terus, kebutuhan yang diperlukan malah tidak terpenuhi.
  • Alokasi pos pengeluaran pribadi bulanan untuk berbuka puasa di luar rumah. Pada bulan Ramadhan, pastinya Anda juga mendapatkan undangan berbuka puasa bersama dari berbagai pihak maka anggaran yang dapat dipakai adalah¬† pos pengeluaran pribadi bulanan.

Semoga tipsnya bermanfaat dan kita bisa menyeimbangi antara kualitas ibadah dengan pengeluaran selama bulan Ramadhan :-)

Dian Sagita| CRO| @dianSanggraeni

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch