Planner Blog

4 Langkah Merencanakan Dana Liburan Lokal

dana liburan

 

Libur telah tiba, libur telah tiba, hore hore hore  ….

Untuk kesekian kali pada tahun ini saya merencanakan liburan namun sampai saat ini belum ada satu pun tiket di tangan karena  bagi saya pergi liburan itu harus direncanakan jauh-jauh hari.

Liburan tidak bisa dadakan, karena tuntutan profesi saya. Namun dengan seperti itu saya dapat lebih bijaksana menentukan biaya yang akan keluar selama liburan sehingga mulai menyisihkan secara bulanan.

Liburan kali ini cocok sekali dengan waktu liburan anak-anak, buat keluarga yang sudah memiliki putra putri bisa dipertimbangkan untuk mengsi waktu liburan bersama keluarga.

Pilih destinasi tempat liburan yang cocok untuk semua keluarga, dari mulai tipe liburan sampai lokasi. Bisa liburan luar atau dalam negeri, namun menurut saya mengisi liburan bersama anak lebih baik mengeksplorasi negeri  sendiri, sebab Indonesia luas membentang dari Sabang sampai Merauke sehingga jangan sampai hanya tahu Jakarta atau Bali saja hehehe…

Yang perlu diperhatikan saat merencanakan Dana Liburan Lokal :

1)      Saat keberangkatan tiba, sisihkan sebagian uang tunai yang ada di tangan – agar secara psikologis “eh gue gak ngabisin semua duit yang ada lho!” è kebiasaan ini membuat kita selalu bawa uang pulang yang bisa dipakai lagi untuk liburan berikut.

2)      Survei! Ini penting agar dapat membandingkan. Dengan survei, kita jadi tahu lebih banyak tentang destinasi Liburan Lokal è tempat rekreaksi harga saat week day dan week end berbeda,  tiket pesawat harga pada high season dan low season berbeda padahal beda tanggal berangkatnya hanya tiga hari.

3)      Ada siapa di destinasi Liburan Lokal? Teman ,sodara, kolega? Agar dapat menghemat biaya akomodasi dan biasanya orang lokal lebih tahu harga, ini supaya tidak tertipu.

4)      Substitusi. Kalau memang bukan tipe backpacker sehingga harus menginap di hotel yang bagus, ya korbankan saja  misalnya mencari tiket promo dari penerbangan yang cukup murah atau cari hotel baru buka yang bagus dan bersih, sedang promo, sehingga harga lebih terjangkau.

Untuk yang belum siap dana liburan lokalnya, jangan sedih jika tidak ikut serta liburan kali ini. Gak asik kan “ Habis Liburan , Terbitlah Hutang “ hanya karena ingin pergi liburan!

Liburan Lokal ini destinasinya banyak sekali. Jadi siapkan rencana keuangannya agar dapat membiayai mengunjungi tempat-tempat keren di Indonesia! Kalau perlu setahun bisa dua sampai empat kali  liburan lokal.

Cara mengumpulkan Dana Liburan Lokalnya:

  •   Nabung reguler per bulan
  •   Bikin rekening terpisah Dana Liburan Lokal
  •   Selain sisa gaji per bulan, bisa juga  alokasi dari Bonus/THR/Insentif
  •   Masih belum cukup juga? Cari tambahan!

Happy Vacation !!

Yudit Yunanto, CFP | Independent Financial Planner| @yudityunanto

 

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch