CEO BLOG, Financial Planning For Kids

Summary tweet #KidsNMoney tentang Memperkenalkan Uang Kepada Balita

Berikut merupakan summary twit #KidsNMoney 10 Oktober 2013 Memperkenalkan Uang Kepada Balita

Mau bahas #KidsNMoney yang tadi pagi diobrolin di Your Money Metro TV ya!

Gimana caranya memperkenalkan uang pada balita? Bayi di bawah lima tahun! Sekecil itu emang mau diajarin apa cobaaaa? :)) #KidsNMoney

Waktu Azra Dena kecil, mereka sudah banyak berkomentar : “Mah, beli-beli yuk.” / “Mamah kan bisa beli uang di ATM.” / “Orang itu banyak duit ya?” #KidsNMoney

Demi yang tadi pagi ikut ke YourMoneyMetroTV, baru 23 bulan. Dia suatu pagi bikin gw kaget karena ngomong gini “Bu… minta duit Bu!” #KidsNMoney

Anak memang merekam semua yang kita lakukan depan mereka. Anak sekecil Demi pun, melihat kalau ART minta uang untuk belanja ke tukang sayur :) #KidsNMoney

RT @AzumiWinehouse: @mrshananto anakku 14 bulan udah ngerti kalau liat uang koin minta langsung masukin ke celengan untuk ditabung hihihi lucu deh. Padahal cuma diajarin satu kali

Jadi apa ya yang bisa kita ajarkan pada balita tentang uang? Kalau terlalu kecil sudah tahu uang jadi konsumtif gak? #KidsNMoney

RT @UlieAulia: @mrshananto lebaran kemarin Carel 24 bulan, disuruh pilih uang THR sama Budenya (dijejerin di meja) dia pilih uang paling besar (50ribu) #KidsNMoney

RT @putri_nathasya: @mrshananto anakku 2 tahun setiap selesai belanja di minimarket selalu mnta uang untuk dimasukkin ke kotak amal yang disediakan di minimarket

RT @mamarayi: @mrshananto ajarin beli barang yang diinginkan dari tabungannya.. anak jadi jaga barang karena harus bayar sendiri dari tabungannya #KidsNMoney

Yes :) RT @cutsalmadhanu: anak aku 23 bulan tiap tukang jajanan lewat “ma..uang ma” apa anak umur segini juga udah perlu diajarkan uang? #KidsNMoney

RT @nisaroni: @mrshananto kalau saya biasa ajarin anak tidak pegang uang langsung,mreka tahu orangtua pegang uang,tahu uang berguna untuk beli-beli dan hanya boleh beli yang sudah di plan

Untuk anak yang masih kecil, tentu tidak pegang uangnya sendiri. Tapi diajak melihat dan terlibat di mana uang itu berguna buat kita #KidsNMoney

Misalnya. Makan di restoran. Kalau dengan anak kecil banget gw nyari yang nyaman. Ada ongkos tambahan. Jadi anak ini biasa ‘hidup enak’ lho #KidsNMoney

Kalau cuma tahu ‘hidup enak’, anak ini bisa-bisa gak ngerti kalau uang itu gak dipetik di pohon / gak turun kayak hujan dari langit kan? #KidsNMoney

Jadi kalau makan ke restoran, jangan cuma makannya aja. Ngobrol aja kalau makan di restoran itu… BAYAR :) Balita belum ngerti sih :) #KidsNMoney

Sampe di rumah, kegiatan ‘makan di restoran’ ini jadi bahan main bareng yang seru. Anak pura-pura masak, Ayah pilih masakan dan bayar :p #KidsNMoney

RT @hsuciati: @mrshananto waktu si Mas balita kalau mau beli mainan kita sepakat dari rumah: ga boleh yang mahal-mahal,di mall semua mainan dipegang dan teriak “ini mahal ga ma” :D

RT @dianandariskia: @mrshananto Kian 22 bulan udah mulai ngerti duit, tiap naik angkot dia bagian bayar ke pak sopir sambil bilang “asiiii”

Untuk Demi… gak ada uang saku. Kalau mau apa-apa ya orangtuanyalah yang beliin. Tapi dia gak jerit-jerit minta mainan lho kalau lagi ke mall #KidsNMoney

Kalau di rumah sudah dijadikan kebiasaan, uang itu jadi bukan barang aneh lagi. Gak lebay liat uang. Biasa aja. Ngerti fungsinya #KidsNMoney

Untuk balita, tentu belum pake latihan uang seperti anak SD. Tapi dia juga berhak tau kalau dia punya uang, misalnya waktu terima angpao #KidsNMoney

Lebaran lalu, Mas Azra dan Kakak Dena sibuk ngitung angpao, gw kasih 10 lembar untuk Demi ikut-ikut ngitung. Dia senaaaang sekali :) #KidsNMoney

Selesai ‘upacara ngitung’ Demi nyamperin kakak-kakaknya : Ini punya Demi lhoooooo :)) semua ketawa aja. Karena memang dia belum ngerti juga kok #KidsNMoney

Walaupun belum ngerti, Demi tetap dilibatkan. Supaya gak merasa ‘left out’. Lucunya setelah ngitung itu dia sibuk kembalkan ke Mamah #KidsNMoney

Dengan Angpao nya Mas dan Kakak boleh belanja barang yang mereka mau. Kalau Demi gak. Uangnya Demi disimpan semua. Gw setor ke bank :) #KidsNMoney

Gimana caranya supaya anak gak minta mainan melulu setiap kali beli-beli? Dengan ngajarin cara ‘menunggu’. Jadi anak gak harus dapat semua instan! #KidsNMoney

Contoh. Waktu lihat Kakak main gadget, Demi mau rebut! Kalau disuruh sharing, kasian Kakak dong lagi enak-enak. Jadi disuruh ‘tunggu’ :) #KidsNMoney

Gw bilang sama Demi “Nanti ya jam1”. Dia juga gak ngerti jam. Tapi dia ngerti maksudnya harus tunggu, kalau sudah waktunya, Kakak akan kasih #KidsNMoney

Dari sehari-hari lalu dipraktekkan juga ke uang. Anak tahu ada 4 kesempatan punya mainan : Lebaran, ultah, naik kelas, liburan #KidsNMoney

Memang sih… kalau si Mamah suka pergi-pergi… ada juga godaan bawain oleh-oleh yaaa :)) Jadi ngeles deh… oleh-olehnya buku aja jangan mainan hahahaha #KidsNMoney

Sampai saat ini sih Demi belum tuh ada keliatan ‘pengen banget punya sesuatu’. Kalau Dena pernah kejadian pas umur 5 :)) #KidsNMoney

Umur 5 tahun Dena ingin sekali beli 1 boneka besar. Gw bilang pas Lebaran. Ternyata 1/2 angpao yang untuk beli mainan KURANG! Nangis kejer #KidsNMoney

Akhirnya negosiasi di toko mainan :p Uangnya ditambahin Ayah, karena bulan depan ulangtahun. Tapi gak ada kado lagi ya. Dena setuju #KidsNMoney

Sampe rumah, Dena cepat-cepat telpon Eyang… “Eyang… bulan depan aku ultah jangan lupa kadoin ya! Karena dari Ayah Mamah gak ada kado!” LOL #KidsNMoney

RT @aniesanorma: @mrshananto #KidsNMoney kalo minta mainan, ibukku malah ngasi kardus odol atau celengan mbak, suruh nabung dulu, walaupun ntar dibeliin juga :)

Kita ini golongan menengah: Penghasilan meningkat hidup membaik. Gw kuatir. Kita sibuk, kasih hidup enak. Lalu anak gak ngerti :( #KidsNMoney

Distraction banyak sekali untuk anak-anak. Gak cuma mainan! Handphone, game console, motor, mobil??? Semua diberikan lalu dia gak ngerti #KidsNMoney

Yuk ajarin anaknya tentang uang. Bukan supaya anak konsumtif. Tapi supaya anak belajar apresiasi tentang uang. Harus bisa juga ‘menunggu’. #KidsNMoney

Gerakannya harus dari kita sebagai orangtua! Anak kan ngikut ortunya. Kita kan yang putuskan belikan mainan, game, motor, mobil atau apapun! #KidsNMoney

RT @bambangpb: @mrshananto baiknya diajari untuk menghargai uang, bagaimana susahnya mencari uang, dan sangat mudah untuk membuangnya alias konsumtif

Ngajarin dari balita? Iya! Karena kalau baru diajarin nanti kalau anak udah remaja atau dewasa muda, lebih repot! Udah jadi kebiasaan menahun #KidsNMoney

RT @widaayu_p: @mrshananto ibu bapak ga pernah ngimingin barang-barang supaya kita belajar,tapi lebih nekenin kalau belajar itu ya buat kita sndiri, tiap dapat nilai baik ditraktir makan, cukup.

‏RT @aqiemDR: @mrshananto masih inget banget dulu pengin sepatu bola,disuruh bantu ibu di toko buat dapat duit.setelah uang terkumpul.e malah gw dibeliin sepatunya.duit gw utuh

Materi #KidsNMoney ini gampang susah. Karena tentang family values. Gw gak berhak menghakimi yang beliin anaknya segala macam. Kan beda keluarga

Tapi apa iya diem aja lihat segitu banyak anak kecil ter-expose materi? Ntar anak kita main sama anak itu gimana dong melindunginya? #KidsNMoney

Segitu dulu #KidsNMoney tentang ngajari uang ke balita! Memang belum banyak yang bisa diajarin kan belum ngerti :) Tapi dilibatkan yah. Balita merekam lho :)

Ligwina Hananto| CEO of QM Financial & Independent Financial Planning| @mrshananto

 

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch