Liputan

6 Langkah Melunasi Hutang

pic from fotosearch

pic from fotosearch

Hidup manusia memang penuh cobaan, hal ini yang terkadang menjadikan kita putus asa, termasuk urusan rejeki. Bisnis yang dulu jaya tiba-tiba merugi, hutang menumpuk dimana-mana dan sebagainya. Padahal kita merasa sudah berupaya semaksimal mungkin mengatasinya, namun tetap saja belum membuahkan hasil.

Hutang adalah kewajiban yang harus dibayarkan, dan merupakan konsekuensi dari yang berhutang. Mau tidak mau, punya tidak punya,  Anda tetap harus membayar hutang tersebut. Sekarang ini banyak orang bisa berhutang dengan mudah, mulai dari meminjam tetangga, teman sampai dengan menggunakan kartu kredit.

Masalah akan muncul ketika Anda tidak bisa melunasi, sehingga hutang tersebut akan semakin bertumpuk dan memakan uang yang seharusnya digunakan untuk keperluan sehari-hari. Bertumpuknya hutang  yang harus dibayarkan membuat hidup Anda tidak tenang, tidur tidak nyenyak, emosi mulai tidak stabil, mudah marah, dan stres tentunya.

Hutang  yang mulanya menyenangkan mulai menjadi neraka. Untuk itu perlu cara agar hutang Anda bisa terlunasi sehingga hidup kembali tenang dan lebih bahagia.

Tidak ada masalah dalam hidup yang tidak dapat diselesaikan, semua ada solusinya, tinggal bagaimana caranya saja.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melunasi hutang, yaitu :

  1. Niat membayar hutang. Adanya niat melunasi hutang berarti Anda mau bertanggung jawab atas pilihan yang dibuat.
  2. Mencatat semua hutang-hutang yang pernah dilakukan.
  3. Mintalah keringanan metode pembayaran. Misalnya mencicil hutang dengan jumlah tetap tanpa diperhitungkan bunga untuk jangka waktu yang telah disepakati.
  4. Maksimal 30% dari pendapatan Anda yang dapat digunakan untuk membayar cicilan hutang.
  5. Jadwal pembayaran. Buat kesepakatan dengan para kreditur mengenai jadwal pembayaran dan taatilah perjanjian tersebut dengan itikad baik.
  6. Penghasilan lainnya atau aset. Bila sewaktu-waktu Anda mendapatkan pendapatan tambahan di luar pendapatan rutin, maka harus diprioritaskan untuk melunasi utang agar dapat segera lunas. Hal ini mutlak dilakukan agar kondisi keuangan Anda bisa lebih cepat pulih dan sehat. Bila perlu jual aset yang Anda miliki untuk melunasi hutang.

Jika langkah-langkah di atas telah dilakukan dan Anda berhasil melunasi hutang, sebaiknya jangan berhutang lagi. Mulailah untuk menabung dan berinvestasi, untuk membangun kembali fondasi keuangan Anda dengan membuat dana darurat dan proteksi yang dibutuhkan.

Nita| Customer Relations Officer| @nithnoththa

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


3 tanggapan untuk “6 Langkah Melunasi Hutang”

  1. […] Coba baca: Jangan Ngutang buat Liburan 6 Langkah Melunasi Hutang […]

  2. anto berkata:

    terimakasih atas tipsnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch