Liputan

Yuk Hitung Anggaran Pacaran!

DSC03327

 

“Dari mana dek?”

“Dari pacaran dong kaaak…”

“Pacaran melulu tiap minggu, emang ngapain aja?”

“ya nonton, makan terus jalan-jalan di mal deh”

“emang punya duit?”

“ya kan dibayarin pacar!”

Percakapan di atas adalah antara gue dan adik gue, perempuan usia 25 tahun, sudah bekerja yang baru saja pulang dari jalan bersama pacarnya, juga sudah bekerja dan berusia 26 tahun. Bisa dibilang pacarnya adik gue ini mampulah kalau untuk pergi jalan kemudian nonton dan makan menggunakan uang hasil kerjanya tanpa meminta orangtua. Tapi kalau pergi pacarannya seminggu 2x atau seminggu 3x dengan jadwal yang sama yaitu nonton dan makan, kira-kira penghasilannya apa gak habis buat pacaran ya?

Lalu buat teman-teman yang sudah bekerja dan sedang berpacaran dengan calon pasangan hidup kira-kira berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk pergi jalan berdua dalam sebulan?

Kalau pengalaman gue bersama suami dulu saat pacaran *uhuk* (sekarang baru saja jadi pengantin baru) *uhuklagi* biasanya kami menghabiskan waktu berdua sekedar nonton, makan atau jalan-jalan saja 2-3x sebulan ditambah apel ke rumah totalnya bisa 4-5x kami bertemu :D

Pada waktu itu kami sudah merencanakan hubungan yang serius alias pernikahan dalam waktu dekat, maka kami mengatur pengeluaran pacaran dengan bijak. Dalam sebulan kami tetap bisa jalan berdua hanya sekedar nonton atau makan tapi juga bisa menabung untuk dana menikah.

Lalu bagaimana mengatur budget pacaran dan dari mana dananya?

Anggaran pacaran tentu saja diambil dari penghasilan/gaji kami per bulan. Perlu disepakati dahulu siapa yang akan mengeluarkan biaya saat pacaran, ada yang semuanya dikeluarkan oleh sang pria tapi ada juga yang bergantian mengeluarkan biaya .

Hal pertama yang kami lakukan adalah menentukan dalam satu bulan akan pergi kemana saja dan ngapain. Berhubung hobi kami sama yaitu suka banget nonton di XXI jadi dalam sebulan kalau filmnya bagus maka bisa 1-2x nonton di XXI saat akhir pekan di mal yang cukup besar di daerah Selatan, tiketnya saat akhir pekan mencapai Rp50.000 per orang . Tapi kan habis nonton pasti lapar ya? lalu cari makan di lingkungan mal tersebut biasanya menghabiskan Rp150.000 – Rp200.000 untuk berdua. Maka total dalam 1x pacaran menghabiskan Rp250.000 – Rp300.000.

Berikut contoh ilustrasi pengeluaran untuk pacaran :

Waktu

Kegiatan Berdua

Pengeluaran

Minggu ke-1 Nonton di XXI weekday

Makan di pinggir jalan

Rp.   70.000,-

Rp.   60.000,-

Minggu ke-2 Makan di Restoran salah satu mal Rp. 200.000,-
Minggu ke-4 Nonton di XXI weekend

Makan di Cafe

Rp. 100.000,-

Rp. 150.000,-

TOTAL

Rp. 580.000,-

Ilustrasi di atas contoh jadwal pacaran dalam 1 bulan, tapi kan pacaran gak hanya nonton atau makan, bisa saja jalan-jalan ke arena bermain ataupun berwisata sekitar Jakarta atau pinggir kota. Kalau seperti itu perlu dihitung  terlebih dahulu berapa kira-kira pengeluarannya dan siapa yang akan membayar. Intinya dari awal sudah punya rencana mau kemana? dengan siapa? bagaimana? dan biayanya berapa? Sehingga rencana tersebut mendisiplinkan diri untuk tidak mengeluarkan biaya-biaya diluar anggaran.

Hal terpenting adalah jangan pernah memaksakan keinginan jika memang tidak mampu. Banyak kebutuhan lain yang lebih penting harus dikelola dari penghasilan.

Jadi bijaklah dalam mengelola keuanganmu sendiri sebagai pembelajaran dalam mengelola keuangan keluarga nantinya!

Risma Prismayani |Sales & Marketing Officer| @rismeh

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch