Announcements

PENJELASAN RESMI PERIHAL PEMBERITAAN MEDIA PADA SENIN 14 APRIL 2014

PENJELASAN RESMI PERIHAL PEMBERITAAN MEDIA PADA SENIN 14 APRIL 2014. 

Jakarta, (15 April 2014) – Berikut ini adalah penjelasan dari PT. Quantum Magna (“QM Financial”) terkait dengan adanya beberapa pemberitaan di beberapa media massa.

Pada dasarnya, berita-berita yang saat ini beredar di beberapa media massa khususnya pada hari Senin 14 April 2014 tentang perusahaan kami adalah tidak benar, menyesatkan dan cenderung insinuatif. Kami memiliki keterbatasan untuk menjelaskan permasalahan karena kami menjunjung tinggi dan menjaga confidentiality data klien kami. Namun demikian kami merasa perlu untuk menjelaskan beberapa hal pokok agar dapat menjadi pemahaman dan pengetahuan agar dapat dimengerti secara benar dan proporsional.

Untuk membantu menjelaskan, berikut ini adalah Proses  Planning yang terjadi di QM Financial. Proses ini sudah sesuai dengan standar yang berlaku pada badan sertifikasi maupun asosiasi keuangan terkait.

Tugas utama Perencana Keuangan Independen (Planner) dari QM Financial adalah memberikan edukasi keuangan dan jasa rencana keuangan bagi para klien. Planner bekerja berdasarkan kontrak kerja yang sudah disepakati klien. Setiap Planner yang in-charge dalam memberikan edukasi dimaksud adalah Planner yang tercatat dan memiliki sertifikasi Certified Financial Planner (CFP) yang  dikeluarkan oleh Financial Planning Standards Board (FPSB).

Pada saat memberikan edukasi keuangan dan jasa rencana keuangan akan terjadi proses Planning sebagai berikut:

– Pengumpulan Data Keuangan

– Identifikasi Tujuan Finansial

– Analisa Data Keuangan dan Rekomendasi

– Pencarian informasi dan diskusi alternatif produk

– Rencana Keuangan: kesimpulan hasil diskusi yang disepakati klien

– Implementasi Rencana Keuangan

Monitoring / Review

“Analisa”. Yang dimaksud dengan Analisa adalah pemeriksaan data keuangan beserta rasio-rasio keuangan. Pembentukan Rencana Keuangan akan dilakukan hanya dengan menggunakan data yang diberikan dan telah dianalisa sesuai dengan kaidah keuangan dan juga diketahui oleh klien.

“Rekomendasi”. Yang dimaksud dengan Rekomendasi adalah perhitungan pencapaian tujuan-tujuan finansial.

“Tujuan Finansial”. Yang dimaksud dengan Tujuan Finansial adalah tujuan dasar seperti Dana Darurat, Dana Pendidikan, Dana Pensiun, Proteksi. Selain itu Tujuan dapat berupa pencapaian Aset Aktif yang dapat memberikan penghasilan rutin. Terakhir adalah Dana Tanpa Tujuan – di mana klien memberikan kebebasan pencapaian terhadap dana yang akan diinvestasikan.

Sebagai Perencana Keuangan Independen (“Planner”) QM Financial tidak melakukan penjualan produk. Proses pencarian informasi dan diskusi alternatif produk dilakukan secara terbuka bersama klien. Pencarian informasi bisa dilakukan atas inisiatif klien atau inisiatif Planner. Dalam hal ini, Planner juga dapat memperkenalkan klien kepada pihak ketiga, bukan sebagai agen penjual melainkan dengan tujuan agar klien mendapatkan informasi lengkap tentang produk dari tangan pertama. Pihak ketiga ini dapat berupa Bank, Asuransi, Manajer Investasi, Sekuritas, Koperasi, Bisnis, Properti dan lain sebagainya.

Dalam berbagai kesempatan pihak QM Financial juga mendapat instruksi dari klien untuk mencarikan informasi alternatif produk lebih banyak. Dalam hal ini peran Planner adalah menunjukkan informasi yang berhasil didapatkan dalam kapasitasnya sebagai Planner yang bertugas membuat perhitungan.

Peran Perencana Keuangan Independen (Planner) QM Financial juga untuk meningkatkan edukasi keuangan. Investor perlu mengerti semua informasi yang ada sebelum mengambil keputusan. Maka informasi produk yang disampaikan selalu bersifat netral dan menjelaskan kelebihan dan kelemahan setiap produk beserta perbandingan imbal hasil dan risiko yang dapat terjadi. Termasuk juga di dalamnya penjelasan mengenai underlying asset yang menjadi dasar produk tersebut serta skenario terburuk yang dapat terjadi.

Diskusi antara Klien-Planner bersifat privat dan konfidential. Klien dan Planner bersama-sama membahas pilihan-pilihan yang akan dimasukkan ke dalam Rencana Keuangan. Keputusan penggunaan produk sepenuhnya ada pada pihak klien dan tidak pernah ada paksaan dalam bentuk apa pun.

Proses implementasi dapat dilakukan sendiri oleh klien. Peran QM Financial adalah sebagai penghubung secara administratif dengan pihak ketiga dan bukan sebagai agen penjual. Semua implementasi rencana keuangan klien yang berhubungan dengan produk yang diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dilaksanakan melalui perwakilan perusahaan yang memiliki ijin resmi. QM Financial tidak memiliki akses langsung pada data klien di pihak ketiga – harus melalui ijin klien.

Monitoring atau Review dapat dilakukan 1 tahun sekali, 2 kali setahun atau 4 kali setahun. Dalam beberapa kesempatan, Planner dapat juga melakukan pendampingan jika klien membutuhkan opini obyektif saat sedang berdiskusi dengan pihak lain. Dalam tahap ini, Planner hanya memberikan opini obyektif sesuai kapasitasnya sebagai perencana keuangan independen.

Tentang QM Financial

PT. Quantum Magna adalah suatu badan hukum berbentuk perseroan terbatas dan telah memperoleh status sebagai badan hukum yang sah sejak tahun 2007 yang antara lain bergerak dibidang perencana keuangan independen. QM Financial memiliki kantor di Jakarta, Surabaya dan Bandung. QM Financial memiliki misi untuk menjadikan golongan menengah Indonesia yang kuat secara keuangan.

***

Hormat kami,

PT Quantum Magna

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch