Liputan, Media Channel

Mempersiapkan Dana Menikah

pic from gettyimages

pic from gettyimages

Bagi yang memiliki penghasilan besar atau orangtua yang bersedia menanggung biaya pernikahan tentu saja Anda tergolong sangat beruntung. Sedangkan bagi yang memiliki penghasilan biasa saja bahkan cenderung minim maka akan membuat Anda berpikir bagaimana mendapatkan dananya. Mempersiapkan dana pernikahan masih dianggap sebagai pengeluaran dadakan bagi masyarakat Indonesia sehingga ketika momen pernikahan semakin dekat, kepanikan yang terjadi semakin besar.

Apabila kita tidak mau kepanikan tersebut menganggu  maka sebaiknya persiapkanlah dana pernikahan sedini mungkin. Apapun harus dilakukan termasuk mengurangi gaya hidup dalam bersenang-senang.

Mengenai siapa penyandang dana acara pernikahan memang berbeda-beda aturannya di setiap keluarga tergantung pada tradisi keluarga tersebut. Bisa saja mengikuti tradisi di keluarga Anda secara sederhana atau mewah. Makin mewah acara pernikahan tentu makin besar dana yang harus dikeluarkan dan semakin besar pula kebutuhan untuk menanggung biaya secara bersama.

Khusus bagi Anda yang tidak mau bergantung kepada orangtua sebaiknya mulai mengalokasikannya minimal tiga tahun menjelang rencana pernikahan atau pada saat pertama kali menerima gaji. Persiapan keuangan untuk menikah dalam jangka waktu cukup lama diharapkan dapat menghindari Anda terlibat hutang kepada keluarga ataupun bank. Jangan sampai kehidupan rumah tangga yang baru Anda nikmati menjadi menderita hanya karena utang untuk acara satu dua hari pernikahan. Masalah finansial memang sangat sensitif untuk dibicarakan. Biasanya menuju pernikahan ada beberapa kendala yang harus dihadapi yang bisa membuat stres. Namun betapa pun sensitifnya bersikap terbukalah kepada masing-masing pasangan agar tidak ada kesalahpahaman baik sebelum maupun sesudah pernikahan.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu sesuaikan konsep pernikahan Anda dengan anggaran yang dimiliki. Jangan melangsungkan acara yang melebihi dari kemampuan finansial Anda dan pasangan. Kalau calon pengantin mampu menanggung seluruh biaya acara tentu sangat baik. Namun apabila pihak keluarga ingin turut menanggung biaya pernikahan sepakatilah pembagian tugasnya terlebih dulu agar tidak terjadi keributan di belakang hari.

Cara lain adalah menanggung biaya bersama-sama berdasarkan prosentase. Sepakatilah berapa persen yang masing-masing harus ditanggung oleh Anda berdua, orangtua atau calon mertua.

Cara mana pun yang Anda pilih jangan memaksakan diri. Selenggarakanlah acara pernikahan sesuai kemampuan. Yang penting dari sebuah acara pernikahan adalah sahnya Anda sebagai suami istri.

Widi|Client Relations Officer|@weedy1390

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


Satu tanggapan untuk “Mempersiapkan Dana Menikah”

  1. dani bustan berkata:

    budget for wedding ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch